Kisah Hidup Kartini Juga Diabadikan di Komik Digital

Kisah Hidup Kartini Juga Diabadikan di Komik Digital
info gambar utama
  • MGMP bekerja sama dengan pendidikan.id meluncurkan komik digital tentang kisah hidup RA Kartini.
  • Komik ini termasuk rangkaian komik digital sejarah yang diterbitkan pendidikan.id
  • Melibatkan beragam sumber yang kompeten, komik ini dapat merangkum kisah hidup Kartini dengan lengkap.

Bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April lalu, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Sejarah Jawa Timur bekerja sama dengan pendidikan.id menerbitkan komik digital tentang kisah hidup RA Kartini.

Komik ini dikemas menarik dengan gaya bahasa yang ringan, sehingga cocok dibaca oleh anak segala usia. Mulai dari SD hingga SMA dapat menikmatinya, karena tidak terlalu berat bagi anak SD dan tidak terlalu membosankan bagi siswa SMA.

Kaver komik RA Kartini | Foto: Komik Sejarah Kartini
info gambar

Komik berjudul Pejuang Emansipasi Perempuan ini termasuk rangkaian komik digital sejarah yang diterbitkan pendidikan.id. Pembuatan komik ini melibatkan berbagai sumber yang kompeten di bidangnya, salah satunya guru sejarah yang menjadi editor komik.

BACA JUGA: Belajar Sejarah di Komik Pahlawan Nasional[/box]

Menurut Ketua MGMP Sejarah Jawa Timur, Drs Hermawan, salah satu tujuan dibuatnya komik sejarah ini ialah karena melihat rendahnya budaya literasi di Indonesia, bahkan beberapa orang masih belum mengerti makna literasi.

Tampilan komik digital RA Kartini | Foto: Komik Sejarah Kartini
info gambar

“Orang Indonesia memang lebih terbiasa mendengar dan berbicara daripada berliterasi. Coba lihat saja, berapa waktu yang rata-rata orang habiskan untuk menonton televisi per hari? Berapa waktu yang digunakan untuk mengobrol? Bandingkan dengan sedikitnya waktu yang disisihkan untuk membaca,”

“Dengan adanya komik literasi ini diharapkan dapat mengubah karakter generasi muda khususnya untuk selalu membaca hal-hal yang positif serta bermanfaat. Jika kebiasaan membaca ini diulang-ulang , saya yakin dan percaya karakter masyarakat bangsa ini akan menjadi lebih baik. Hal Ini dikarenakan mereka mempunyai tradisi literasi yang kuat, ujarnya.

BACA JUGA: Kini Baca Komik Lokal Lebih Seru dengan CIAYO Comics Plus

Bagi yang tertarik untuk membaca komik ini, bisa dilakukan dengan memblllluka tautan berikut: https://kartini.pendidikan.id**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini