Geliat Kemajuan Digital di Kampoeng Cyber Yogyakarta

Geliat Kemajuan Digital di Kampoeng Cyber Yogyakarta

Ilustrasi penggunaan jaringan internet di laptop © John Schnobrich/Unsplash

Sejak pertama berdiri di tahun 2006 silam, Kampoeng Cyber Yogyakarta menarik perhatian Indonesia dan dunia dengan semangatnya membangun komunitas masyarakat lokal yang melek pada teknologi dan pemanfaatan internet.

Kampung ini memulai proses go online dengan memasang koneksi internet di tiap rumah warga. Akses internet ini kemudian diperluas untuk umum, mengingat lokasi Kampoeng Cyber yang berdekatan dengan obyek wisata Taman Sari.

“Kami sadar bahwa kehidupan bermasyarakat di era digital pun tidak lepas dari pengaruh teknologi. Kami berusaha mengejar ketertinggalan itu dengan beradaptasi dan memanfaatkan internet juga untuk berkomunikasi dengan sesama warga, hingga mempromosikan Kampoeng Cyber ke masyarakat yang lebih luas.” ungkap Antonius Sasongko, Ketua RT 36/RW 09, Kelurahan Patehan, Kampoeng Cyber.

Seiring berjalannya waktu, manfaat internet semakin besar dirasakan oleh setiap warga Kampoeng Cyber Yogyakarta. Warga semakin mudah berinteraksi, Kampoeng Cyber semakin dikenal oleh masyarakat luas.

BACA JUGA: Kisah Hidup Kartini Juga Diabadikan di Komik Digital

Banyak turis singgah untuk sekedar berfoto hingga membeli oleh-oleh khas Yogyakarta yang dijajakan oleh warga. Kebetulan, beberapa warga Kampoeng Cyber merupakan pemilik usaha kecil rumahan yang memiliki bisnis keluarga yang unik dan khas Kota Yogyakarta.

Melihat hal tersebut, tercetus ide dari Ketua RT Kampoeng Cyber, untuk membuat sebuah laman etalase bisnis bersama warga Kampoeng Cyber.

Pada Jumat (10/5), Kampoeng Cyber meluncurkan situsweb Etalase Bisnis Bersama Kampoeng Cyber, www.kampoengcyberdaya.com. Etalase bisnis bersama ini adalah sebuah situs yang memuat tentang katalog produk dan informasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimiliki warga Kampoeng Cyber.\

Hal ini pun disambut baik oleh seluruh warga dan Dinas Koperasi & UMKM DIY yang hadir saat acara peluncuran.

“Kami menyambut baik upaya dari Kampoeng Cyber untuk membuat UMKM go online melalui website ini. Ini merupakan percontohan agar UMKM di sektor lokal pun dapat diberdayakan melalui teknologi.” kata Wahyu Tri Atmojo, Konsultan PLUT SDM Bidang Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UMKM DIY.

Dalam eksekusinya, laman www.kampoengcerdaya.com ini dibuat dan dikembangkan oleh Niagaweb yang merupakan web-agency milik perusahaan penyedia web hosting, Niagahoster.

Penyerahan sertifikat kerja sama dari Niaga Hoster ke Kampoeng Cyber | Foto: Niaga Hoster

BACA JUGA: Mengenal Lebih Jauh Sekolah Digital KIPIN

“Kampoeng Cyber sudah memulai digitalisasi dengan benar, yaitu dengan memasang koneksi internet di setiap rumah warga. Itu (koneksi internet) adalah hal penting dalam proses go online. Selanjutnya, internet itu harus digunakan untuk mendukung kehidupan sehari-hari warga. Semoga etalase bisnis bersama ini dapat membantu perekonomian warga Kampoeng Cyber,” kata Aji Gustiawan, manajer Niagaweb.

Potensi yang besar ini juga telah didukung dengan digitalisasi bisnis yang memberi kesempatan UMKM untuk bersaing dan menjangkau pelanggan lebih luas. Termasuk yang dilakukan oleh Kampoeng Cyber dalam kegiatan promosi wisata daerah dan UMKM milik warganya.

Branding secara offline dan online yang dilakukan Kampoeng Cyber dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain. Secara offline, Kampoeng Cyber terbantu dengan letaknya yang strategis dan berdekatan dengan kawasan wisata. Kreativitas warga untuk menghias kampung dengan mural-mural dan hiasan Instagramable menjadi daya tarik tersendiri bagi turis.

Dari sisi online, Kampoeng Cyber secara bertahap melakukan proses digitalisasi dengan pendekatan kelokalan yang membuat teknologi ramah bagi setiap warganya.

BACA JUGA: Digital Airport Hotel Soetta Memikat Atensi Dunia

“Kami biasakan untuk menggelar rapat warga via WhatsApp, membuat pengumuman dengan Facebook, memanfaatkan internet untuk sarana belajar bagi anak-anak di Kampoeng Cyber.” jelas Sasongko, dalam siaran pers yang diterima GNFI.

Dengan diluncurkannya website www.kampoengcyberdaya.com, Kampoeng Cyber telah selangkah lebih maju untuk membawa warganya mendapatkan akses terhadap pasar dengan lebih mudah. Situsweb pada dasarnya diperlukan sebagai sarana pemasaran yang efektif untuk membuat bisnis lebih kredibel dan dipercaya oleh calon pelanggan.

Kini UMKM di Kampoeng Cyber pun dapat merasakan manfaat ekonomi lebih dari situsweb etalase bisnis tersebut. Kemajuan teknologi membantu UMKM berkembang dan mendapat peluang bersaing yang sama dengan bisnis lainnya.

UMKM yang digambarkan dengan bisnis rumahan berpenghasilan kecil, kini dapat meraih keuntungan yang lebih besar dengan digitalisasi.**

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Program BSBI Ke-17 Resmi Dibuka Sebelummnya

Program BSBI Ke-17 Resmi Dibuka

50 Tahun Pendaratan Manusia Pertama di Bulan, dan Era Space Race Baru Selanjutnya

50 Tahun Pendaratan Manusia Pertama di Bulan, dan Era Space Race Baru

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.