Kata-Kata dari Tokoh Indonesia yang Bisa Jadi Inspirasimu

Kata-Kata dari Tokoh Indonesia yang Bisa Jadi Inspirasimu

I.R Soekarno (sumber gambar : ahlulbaitindonesia.or.id)

Masa muda merupakan masa dimana penuh dengan ketidak pastian, banyak tantangan yang dilalui untuk mencapai kesuksesan. Masa-masa quarter life crisis seringkali membuat anak muda meragukan apa yang ia lakukan sekarang dan menyerah begitu saja. Untuk kamu yang merasa demikian, kata-kata berikut bisa jadi membakar semangatmu lagi.

  1. I.R Soekarno

“Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam

Pada tahun 1961, bertepatan pada Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November bapak proklamator Indonesia sekaligus presiden pertama Indonesia ini pernah mengucapkan “Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam”. Jika kita tarik sebuah kesimpulan, beliau hendak menyarankan pemuda Indonesia untuk berani mengambil resiko untuk mencapai mimpi yang besar. terjun di lautan yang dalam, tak semua ingin melakukan namun disana terdapat mutiara yang indah. Untuk itu kita sebagai pemuda haruslah berani mengambil resiko dan berjuang untuk mendapatkan mimpi besar (mutiara) kita

  1. J. Habibie
B.J Habibie (sumber : Warta Kota)

“Dimanapun engkau berada selalulah menjadi yang terbaik dan berikan yang terbaik yang bisa kau berikan”

Sebagai pemuda seringkali kita meragukan kemampuan kita, sering pula kita tidak mengeluarkan kemampuan terbaik kita di beberapa kesempatan dan berujung kekecewaan. Dalam pesan B.J. Habibie tersebut kita bisa simpulkan bahwa setiap kesempatan yang kita miliki, kita harus mengeluarkan kemampuan terbaik ktia terlepas di bidang apapun kita bekerja. Jangan ragu untuk menjadi yang terbaik ketika kesempatan datang. Belum tentu kesempatan datang dua kali. Kita sendiri harus siap disetiap waktu, terkadang ada beberapa kesempatan yang justru mendongkrak karir kita.

Sehubungan dengan kata-kata bapak B.J Habibie, Pandji Pragiwaksono, seorang stand up comedian dalam acaranya pernah bercerita bagaimana ia mendapatkan peran sebagai presenter “Kena deh” melalui karirnya sebagai penyiar radio. Ia bercerita tentang seorang talent coordinator bernama Tasya mencarinya untuk menjadi presenter acara ini. Ternyata Tasya adalah pendengar setianya ketika masih kuliah.. Pandji saat itu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam setiap kesempatan yang ia punya dan tak disangka hal itu lah yang menghantarkan karirnya hingga sekarang ini.

  1. Sri Mulyani
Sri Mulyani (sumber : Detik Finance)
Sri Muyani (sumber : Detik Finance)

“Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi."

Sebagai anak muda, kita pasti pernah mengalami kekecewaan dalam hidup, banyak dari kita ketika mengalami pengalman pahit lalu menyerah begitu saja. Sri Mulyani menegaskan bahwa kekecewaan kita bisa kita salurkan untuk bekerja lebih baik lagi untuk membayar kekecewaan kita. Bukan justru sebaliknya.

Impian tidak digapai hanya dengan sekali mencoba lalu menyerah, justru dengan usaha yang keras impian kita bisa tercapai. Kekecewaan dan kegagalan bukan akhir dari perjuangan, justru hal itu merupakan bagian dari cara kita mencapai kesuksesan.

  1. Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti (sumber : merahputih.com)

"Jangan takut untuk bekerja, jangan bekerja kalau takut."

Takut bekerja mungkin terdengar lucu, namun pada kenyataannya banyak diantara kita takut untuk bekerja, takut jika mengecewakan, takut tidak bisa beradaptasi dan banyak ketakutan lainnya. Susi Pudjiastuti merupakan contoh nyata bagaimana ia memulai karirnya dari bawah hingga kini menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Seorang lulusan SMP yang memulai pekerjaannya dari pengepul ikan dengan modal 750.000 rupiah dari hasil menjual perhiasannya, setelah ia keluar dari SMA ketika kelas II.

Dari pengalaman menteri berprestasi ini, kita harus paham bahwa terkadang ketakutan kita untuk bekerja menghambat kita mencapai kesuksesan. “Jangan bekerja kalau takut”, sebuah kata yang memiliki makna yang kuat dan tegas. Ketika kita bekerja, jangan takut untuk berubah, beradaptasi dan menjadi lebih baik. Namun langkah awal untuk berani bekerja adalah langkah penting dari hidup kita.

Kita pernah mendengar kalimat “a journey of a thousand miles begins with a single step”, kalimat ini mengindikasikan pentingnya langkah pertama kita, niat pertama kita untuk berani bekerja dan berusaha di bidang apapun itu.

  1. Retno Marsudi
Menlu Retno Marsudi (sumber : delikkalbar.com)

"Untuk menggapai mimpi perlu perjuangan. Dan perjuangan perlu dikejar dengan usaha, dengan doa, dengan kebajikan, dan dengan energi yang positif,"

Pada orasi kebangsaan yang dilakukan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pada 14 Agustus 2017 di Universitas Gadjah Mada (UGM) lalu ia menekankan pentingnya perjuangan dan usaha di hadapan mahasiswa baru UGM.

Kita sering berbicara mengenai mimpi-mimpi besar kita di masa depan, namun hal itu tidak akan tercapai tanpa dibarengi dengan usaha dan doa. Sering kali kita menyerah sebelum waktunya, untuk itu perjuangan adalah bagaimana cara kita menghadapi kegagalan dan kekecewaan.

Dream big or go home, sering kali kalimat ini digaungkan anak muda. Bermimpi besar dan berusaha berarti kita harus meninggalkan zona nyaman untuk semakin berkembang. Dunia bergerak secara dinamis, kita pun harus adaptif dalam mencapai tujuan kita.

Kata-kata dari 5 tokoh Indonesia ini bisa menjadi pembakar semangatmu lagi dalam menjalani kehidupan dan pekerjaan terlepas apapun pekerjaanmu. Anak muda memang penuh dengan dinamika, jadi jangan putus semangat yah.

Sumber :

Okezone | Tribun News | Pengagas | IDN Times |

Pilih BanggaBangga34%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi45%
Pilih TerpukauTerpukau7%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kota Surabaya Makin Sejuk, 70 Taman Baru Diresmikan Sebelummnya

Kota Surabaya Makin Sejuk, 70 Taman Baru Diresmikan

Menggugat Cara Kita Merayakan Hari Proklamasi Selanjutnya

Menggugat Cara Kita Merayakan Hari Proklamasi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.