Inilah Beragam Opsi Transportasi Umum di Bandara Kertajati

Inilah Beragam Opsi Transportasi Umum di Bandara Kertajati
info gambar utama

Dengan dialihkannya seluruh rute domestik dengan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara (Bandung) ke Bandara Kertajati (Majalengka) per 1 Juli 2019, bandara dengan nama lain BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) ini pun menambah opsi transportasi umum, agar penumpang lebih mudah menjangkau lokasinya.

Saat ini sudah tersedia 11 perusahaan yang mengoperasikan transportasi publik dari dan ke Kertajati. Berbagai insentif juga disiapkan mulai dari diskon tarif angkutan travel hingga gratis naik Damri. Damri memberikan pelayanan dari dan ke kertajati selama masa transisi dari 1 Juli 2019 hingga akhir Juli 2019.

Berikut adalah daftar transportasi umum dari dan ke Kertajati:

  1. Damri: rute Bandung – Kertajati, Cirebon – Kertajati, Cikarang-Kertajati, Kuningan – Kertajati
  2. CTU Shuttle: Bandung – Kertajati, Tasikmalaya-Kertajati.
  3. Lintas Shuttle: Bandung – Kertajati, Tasikmalaya – Kertajati
  4. ECA Shuttle: Cirebon – Kertajati, Kuningan – Kertajati, Indramayu – Kertajati
  5. P. Trans: Purwakarta – Kertajati
  6. Baraya: Bandung – Kertajati
  7. Mekarsari: Majalengka – Kertajati
  8. Ames: Sumedang – Kertajati, Majalengka – Kertajati
  9. Budiman: Tasikmalaya – Kertajati
  10. Bhinneka Shuttle: Bandung – Kertajati, Cirebon – Kertajati
  11. BJT: Cirebon – Kertajati

BACA JUGA: Load Factor Bandara Kertajati Naik 50%

“Operator travel juga ada yang memberikan tarif khusus. Bagi travel yang memasang tarif Rp 125.000 per penumpang dari dan ke sejumlah tujuan, didiskon menjadi Rp105.000. Selain itu, tersedia juga Damri gratis yang diberangkatkan dari Bandung menuju Kertajati dan sebaliknya,” terang VP of Corporate Communications PT. Angkasa Pura II (Persero), Yado Yarismano.

Sementara itu, Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan selain travel dan bus ke depannya di Kertajati juga tersedia inovasi layanan baru transportasi daring.

Inovasi layanan ini akan menjadi alternatif melihat demand dan traffic yang cukup tinggi untuk moda transportasi ini, di mana pergerakan penumpang perharinya diperkirakan sekitar 5.000 hingga 6.000 penumpang per harinya dari rencana 11 rute dan 40 penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Kertajati.

BACA JUGA: Kertajati Bersiap Jadi Bandara Kargo E-Commerce

"Transportasi berbasis aplikasi seperti taksi online sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Tapi, kalau layanan taksi online hanya seperti biasa saja maka tarifnya akan cukup mahal bagi penumpang untuk menuju atau dari Kertajati."

"Karena itu AP II mengusulkan dan tengah membahas hal ini dengan pihak terkait agar ada inovasi layanan transportasi online dengan konsep economy sharing, yang dapat juga diistilahkan sebagai patungan oleh sesama penumpang," jelas Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini