Malaysia Pun Beri Apresiasi ke Film 27 Steps of May

Malaysia Pun Beri Apresiasi ke Film 27 Steps of May
info gambar utama
  • Film 27 Steps of May raih penghargaan bergengsi di Malaysia.
  • Penghargaan diraih berkat pesan film yang inspirasional dan berkat akting Lukman Sardi.
  • Prestasi ini menambah daftar penghargaan yang sudah diraih film 27 Steps of May.

Film 27 Steps of May garapan sutradara Ravi Bharwani pada 20 Juli lalu meraih penghargaan di ajang The 3rd Malaysia Golden Global Awards (MGGA) 2019, Malaysia International Film Festival, di Istana Budaya, Kuala Lumpur.

27 Steps of May meraih penghargaan “New Hope Award” dan Lukman Sardi yang berperan sebagai Bapak May mendapat penghargaan Best Actor.

“New Hope Award adalah penghargaan yang dianugerahkan kepada film yang memiliki pesan kuat dan inspirasional. Sebuah film yang memberikan harapan bagi penonton film dan generasi filmmaker berikutnya,” ungkap pendiri dari Malaysia International Film Festival, Joanne Goh Chairwoman.

Festival yang didirikan pada tahun 2016 oleh sekelompok ahli film dari Asia ini mengambil “Humanity” sebagai temanya tahun ini, sebuah tema yang mewakili wajah dan kisah ‘Harapan’ dan ‘Keputusasaan’. Tema ini sangat penting dan berpengaruh pada pilihan film MIFFest tahun ini.

BACA JUGA: Akses Lebih Luas untuk Optimasi Film Indonesia

Kemudian Rayya Makarim saat menerima penghargaan mewakili 27 Steps of May mengatakan, “Butuh perjalanan panjang untuk mewujudkan film ini. Perjalanan yang berat, tema yang sulit, dan terkadang membuat tidak nyaman. Tapi kami merasa tema ini sangat penting untuk diangkat.”

Rayya juga mengungkapkan ia bersama timnya sedang berupaya meloloskan RUU PKS (Penghapusan Kekerasan Sosial), untuk menghapus kekerasan seksual terhadap perempuan.

“Mari kita hentikan. Mari kita hentikan sekarang,” pungkasnya.

Perwakilan film 27 Step of May | Foto: Dok. 27 Steps of May
info gambar

Lukman Sardi sebagai pemenang Best Actor juga menyatakan kemenangan ini bukan kemenangannya oribadu, tapi kemenangan bagi pesan yang disampaikan film ini.

“Kemenangan bagi perempuan yang mengalami trauma yang suaranya tersampaikan lewat film ini. Saya sangat senang film ini diapresiasi dengan baik oleh publik yang lebih luas lagi,” ujar Lukman Sardi.

BACA JUGA: Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di OSCAR 2020

Penghargaan ini membuat daftar Raihan awards film 27 Steps of May bertambah. Sebelumnya, film ini meraih film terbaik (Golden Hanoman Award) kategori film panjang Asia terbaik di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada November 2018 lalu.

Selanjutnya pada ajang Film Festival Tempo 2018 film ini juga mendapatkan dua penghargaan yaitu Rayya Makarim sebagai Penulis Skenario Pilihan Tempo dan Raihaanun sebagai Aktris Pilihan Tempo. Raihaanun juga sempat menyabet piala aktris terbaik dalam ajang ASEAN International Film Festival & Award 2019 (AIFFA) di Kuching, Sarawak, Malaysia.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini