Garuda Jaya Genggam Tiket ke Piala Asia

Garuda Jaya Genggam Tiket ke Piala Asia
info gambar utama
  • Timnas U-19 Indonesia resmi lolos ke Piala Asia U-19 2020.
  • Indonesia lolos sebagai juara Grup K di babak kualifikasi.
  • Piala Asia U-19 2020 akan digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Resmi sudah. Tepat di hari pahlawan, Minggu (10/11), anak-anak asuhan Fakhri Husaini di Timnas U-19 memastikan Garuda Jaya menggenggam tiket lolos ke Piala Asia U-19 2020. Mereka melakukannya usai menahan imbang Korea Utara 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Di pertandingan terakhir Grup K tersebut, Timnas U-19 Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos langsung, sebagai pemuncak klasemen grup. Sebaliknya, Korea Utara butuh poin penuh untuk menyalip Indonesia, yang unggul di atas mereka dengan selisih 2 poin.

Indonesia sempat tertinggal lebih dulu akibat gol tendangan jarak jauh Kim Kwang-chong di menit 41. Lalu di babak kedua, Garuda Jaya sukses menyamakan kedudukan berkat eksekusi penalti Bagus Kahfi pada menit 61. Bagus sendiri yang maju sebagai eksekutor usai dirinya dilanggar pemain Korea Utara.

Dengan hasil ini, Indonesia berhak lolos sebagai pemimpin klasemen Grup K dengan raihan 7 angka. Bagas Kaffa dan kawan-kawan sebelumnya menang telak 3-1 lawan Timor Leste, dan berpesta 4 gol ke gawang Hong Kong di pertandingan kedua.

BACA JUGA: Indonesia Dipastikan Lolos ke Piala Asia U-16 2020

Lolosnya Indonesia ke Piala Asia U-19 2020 ini juga akan menjadi tolok ukur kesiapan mereka, sebelum berlaga di Piala Dunia U-20 2021. Seperti yang kita tahu, Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah ajang bergengsi sepak bola junior internasional tersebut.

Partisipasi di Piala Asia U-19 sendiri bukan yang pertama kalinya bagi Indonesia. Ini adalah keikutsertaan mereka yang ke-18, dengan prestasi terbaik menjadi juara di tahun 1961. Kala itu Indonesia menjadi juara bersama dengan Burma (sekarang bernama Myanmar) usai bermain imbang tanpa gol sampai babak tambahan.

Berikut adalah daftar tim yang lolos ke Piala Asia U-19 2020, yang bakal digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

BACA JUGA: Belajar Bahagia dari Sebiji Gol Mariana Utara

Uzbekistan (tuan rumah)

Qatar (juara Grup B)

Tajikistan (juara Grup C)

Iran (juara Grup D)

Bahrain (juara Grup E)

Arab Saudi (juara Grup F)

Malaysia (juara Grup G)

Australia (juara Grup H)

Korea Selatan (juara Grup I)

Jepang (juara Grup J)

Indonesia (juara Grup K)

Laos, Vietnam, Yaman (runner-up terbaik)

*Catatan: pertandingan kualifikasi di Grup A belum digulirkan karena situasi politik yang belum kondusif di Timur Tengah. Masih tersisa dua slot lagi yang diambil dari juara Grup A dan satu lagi runner-up terbaik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini