Temu Usaha untuk Tingkatkan Daya Saing dan Kualitas UKM

Temu Usaha untuk Tingkatkan Daya Saing dan Kualitas UKM
info gambar utama

Usaha Kecil dan Menengah di negara berkembang, seperti di Indonesia, sering kali dikaitkan dengan berbagai problem ekonomi dan sosial dalam negeri seperti tingginya tingkat kemiskinan, besarnya jumlah pengangguran, ketimpangan distribusi pendapatan, proses pembangunan yang tidak merata antara daerah perkotaan dan perdesaan, serta masalah urbanisasi.

Perkembangan UKM diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap upaya-upaya penanggulangan masalah-masalah tersebut di atas.

Keberadaan UKM memiliki peranan yang penting sebagai penopang perekonomian. Penggerak utama perekonomian di Indonesia selama ini pada dasarnya adalah sektor UKM.

Untuk mewujudkan daya saing dan kualitas produk UKM tersebut, Universitas Darul 'Ulum Jombang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang menggelar Temu Usaha yang bertajuk Peningkatan Mutu Produk Menuju Akselerasi Ekspor Produk Unggulan Kabupaten Jombang.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab pada hari Minggu (8/12) di Aula Universitas Darul 'Ulum Jombang tersebut menghadirkan para pelaku UKM di Kabupaten Jombang.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, saya mengucapkan terima kasih kepada para pelaku usaha yang hadir pada hari ini. Semoga kegiatan yang digagas oleh Universitas Darul 'Ulum bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang bermanfaat bagi peningkatan kualitas produk unggulan Kabupaten Jombang di tengah persaingan yang makin hari makin kompetitif ini. Tak lupa juga saya berterima kasih kepada PT. Angkasa Pura Logistik yang nantinya akan memberi pemaparan terkait strategi-strategi untuk mendorong peningkatan daya saing dan kualitas produk UKM kita," ungkap Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab.

Temu usaha tersebut pun menghadirkan beberapa narasumber antara lain Dr. Agus Raikhani, M.MT selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama Universitas Darul 'Ulum Jombang; Dr. Junaidi, S.E., M.Si dari LPPM Undar dan Ahmad Zaki dari PT. Angkasa Pura 1 Surabaya (International Cargo Service Manager).

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini