Ini Dia Puluhan Menu Sagela, Ikan Asap Favorit Brand Gorontalo

Ini Dia Puluhan Menu Sagela, Ikan Asap Favorit Brand Gorontalo
info gambar utama

Lebih dari 25 jenis olahan ikan sagela yang merupakan ikan asap khas Gorontalo diperkenalkan kepada publik. Acara public tasting atau icip-icip produk olahan sagela dan produk pangan lainnya, dilaksanakan di Galeri Pangan Lokal Provinsi Gorontalo Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Kota Gorontalo, Sabtu (14/03/2020).

Biasanya, masyarakat Gorontalo hanya akrab dengan hasil olahan sagela seperti abon dan sambal sagela. Namun sekelompok perempuan kreatif yang berada dalam UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner di Gorontalo, mampu membuat ikan asap ini menjadi puluhan menu yang berbeda yang menggugah selera.

Adalah Komunitas Segala Sagela. Komunitas ini terbentuk 2019, diisi oleh 95% pelaku usaha perempuan kepala rumah tangga. Misinya untuk membuat sagela sebagai brand Gorontalo yang bernilai ekonomi tinggi.

Komunitas Segala Sagela merupakan binaan project NSLIC/NSELRED dari Kanada. Dewi Biahimo, District facilitator project NSLIC/NSELRED, mengatakan kegiatan ini adalah ajang promosi komunitas segala sagela sekaligus edukasi kreasi Pangan lokal.

“Ini merupakan bentuk kerjasama pengelolaan galeri pangan oleh Komunitas Segala Sagela yang dibina oleh project NSLIC/ NSELRED, kata Dewi.

Public tasting ini diikuti oleh lebih dari 30 anggota komunitas Segala Sagela binaan project NSLIC/NSELRED dari kabupaten kota di Provinsi Gorontalo.

Ikan Sagela sendiri mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh, diantaranya Asam Amino Esensial, vitamin A, Kalsium, Fosfor, Kalium, Kalori, Natrium, Ferum, Vitamin C dan lemak.

Sejumlah menu kreatif unik yang disajikan seperti spageti sagela, puding jagung sagela, lumpia sagela, peyek bayam sagela, stick jagung sagela, stick keju sagela, talam sagela, nastar sagela, kastangel sagela, Pizza sagela, dimsum sagela , Samosa sagela, dan roti Maryam sagela.

Ada juga menu kreasi lainnya seperti goroho santan sagela, rujak buah kecap sagela, miss sate terong sagela sambal kacang, sambal goreng jantung pisang sagela, panada tore abon sagela, roll cake abon sagela,cara isi sagela, bubur sagela,lemet sagela, kroket sagela, sabongi sagela , tahu isi sagela, kue jagung sagela, bunga pepaya labu sagela, dan kue talam sagela.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini