Ini Perguruan Tinggi Indonesia Terpopuler di Media Sosial. Kampusmu Urutan Berapa?

Ini Perguruan Tinggi Indonesia Terpopuler di Media Sosial. Kampusmu Urutan Berapa?
info gambar utama

Kawan GNFI, kita sering mendengar bahwa perguruan tinggi di Indonesia kerap mendapat pengakuan akademis dari masyarakat dunia. Baik itu melalui survei yang dilakukan oleh lembaga khusus maupun dari pakar akademisi.

Tentunya ini berita baik dan membanggakan bagi kita masyarakat Indonesia, khususnya para mahasiswa/mahasiswi.

Nah, kali ini GNFI mencoba lebih mengerucut soal pembahasan perguruan tinggi yang populer pada area media sosial, mulai dari platform facebook, twitter, instagram, hingga youtube.

Pembahasan ini mengacu pada adopsi media sosial sebagai salah satu corong alternatif komunikasi dengan masyarakat.

Selain amat bermanfaat sebagai media promosi, media sosial tentunya juga berguna sebagai sarana komunikasi dan literasi, terlebih apalagi di masa pandemi Covid-19 aktivitas perkuliahan tidak lagi dilakukan lewat tatap muka langsung.

Saat ini, banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memaksimalkan fungsi media sosial, baik untuk tujuan kegiatan belajar mengajar, penerimaan mahasiswa baru, maupun kehumasan.

Meski begitu, bukan berarti adopsi media sosial baru mereka lakukan sekarang. Sebagian besar memang sudah lama memanfaatkan media sosial untuk tujuan-tujuan tersebut.

Salah satu lembaga riset yang melakukan pantauan untuk melihat seberapa jauh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia memanfaatkan media sosial adalah Lifepal.

Hasilnya, di dapat data perguruan tinggi dengan aktivitas media sosial terbaik pada rentang waktu Juni 2020. Yang artinya, data tersebut tentunya bisa berubah-rubah pada rentang hari/bulan/maupun tahun.

Riset dilakukan dengan mencari informasi seberapa banyak followers (pengikut), like (penyuka), dan subscriber (pelanggan) akun resmi media sosial dari masing-masing perguruan tinggi. Kemudian, dibuat daftar untuk memperlihatkan peringkat berdasarkan jumlah follower maupun subscriber-nya.

Berikut hasilnya.

Perguruan tinggi dengan like Facebook terbanyak

Perguruan tinggi terpopuler di facebook

Dari data di atas, Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama sebagai perguruan tinggi negeri dengan jumlah like Facebook terbanyak pada Juni 2020, totalnya mencapai 428,1 ribu likes pengguna Facebook.

Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan UGM di akun Facebooknya adalah memposting berita-berita terbaru yang terpampang di situs resmi UGM.

Saban harinya, UGM secara rutin memposting tiga atau empat konten berupa artikel. konten-konten tersebut tidak hanya sebatas update kegiatan terbaru UGM, melainkan berisikan edukasi dan ragam tip menarik.

Lalu di tempat kedua ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 242,1 ribu, Universitas Terbuka (UT) dengan 211,2 ribudi tempat ketiga, Universitas Padjajaran (Unpad) di peringkat empat dengan 183 ribu, dan Universitas Indonesia (174,6 ribu) yang menutup posisi lima besar.

Sementara di posisi 6-10 besar, daftarnya adalah:

  • Universitas Diponegoro/Undip (114,6 ribu),
  • Institut Pertanian Bogor/IPB (98 ribu),
  • Universitas Sebelas Maret (97,6 ribu),
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (79,6 ribu), dan
  • Universitas Airlangga/Unair (78,9 ribu).

Catatan lain datang dari perguruan tinggi swasta yang sukses mendapat like terbanyak di halaman Facebook adalah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali, dengan jumlah 280,6 ribu di akhir Juni 2020.

STIKOM Bali secara umum berbeda cara dengan UGM dalam memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan konten di situs resmi ke media sosial. STIKOM Bali melakukan mirroring yang berasal dari akun instagram mereka. Hal itu menyebabkan seluruh postingan di instagram muncul di facebook.

Lain itu, akun fan page STIKOM Bali juga memanfaatkan fitur facebook chat bot atau robot pembalas pesan. Lewat chat bot itu, pengunjung dapat mengajukan pertanyaan seputar lokasi kampus, biaya kuliah, dan info lain seputar perguruan tinggi tersebut.

Chat bot lantas akan mengarahkan penanya untuk menghubungi nomor resmi kantor perguruan tinggi, dan akun official LINE mereka.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Universitas Mercubuana Jakarta dengan jumlah 150,1 ribu, Universitas Trisakti di angka 100,1 ribu, dan Universitas Bina Nusantara (Binus) di 96,2 ribu, dan lima besar kamus terpopuler di facebook ditutup oleh Prasetiya Mulia Business School (54,9 ribu).

Sementara untuk posisi 6-10 dari kampus swasta terpopuler di facebook adalah:

  • Universitas Muhammadiyah Malang (47,5 ribu),
  • Universitas Paramadina (47,1 ribu),
  • STT Terpadu Nurul Fiqri (47 ribu),
  • Universitas Pelita Harapan/UPH (40,5 ribu), dan
  • Universitas Surabaya (39,2 ribu).

Perguruan tinggi dengan follower Twitter terbanyak

Kampus Indonesia paling populer di twitter

Untuk media sosial twitter, UI menduduki posisi pertama dalam ranking dengan follower terbanyak. Jumlah follower kampus negeri ternama ini mencapai 1,2 juta di akhir Juni 2020.

UI memang sangat aktif dalam memanfaatkan media sosial yang satu ini, dengan selalu aktif melakukan re-post konten mereka yang ada di instagram. Seluruh postingan yang ada di twitter UI adalah informasi teranyar dari kampus tersebut.

Posisi kedua ada UGM dengan jumlah follower sekira 1 juta, lalu ada Unpad dengan follower 969,4 ribu, ITB 869 ribu, dan Universitas Terbuka (UT) dengani 774,7 ribu.

Sedangkan dari posisi 6-10 kampus negeri terpopuler di twitter adalah:

  • IPB (726,5 ribu),
  • Universitas Negeri Jakarta/UNJ (619,6 ribu),
  • Universitas Brawijaya/Unbraw (173,7 ribu),
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (143,6 ribu), dan
  • Universitas Sebelas Maret (69,5 ribu).

Untuk kategori perguruan tinggi swasta, kampus Binus menempati posisi pertama dengan jumlah follower twitter sebesar 243,4 ribu.

Akun twitter kampus ini memang cukup aktif memposting berita-berita di media massa, atau konten di laman resminya. Sayangnya, akun media sosial ini tampaknya sudah tidak dikelola lagi secara rutin sejak akhir Maret 2020.

Alhasil, beberapa postingan yang kerap muncul di akun ini adalah postingan berasal dari Sumall, sebuah situs analisis aktivitas media sosial.

Sementara itu di peringkat kedua ada President University dengan jumlah follower mencapai 226,5 ribu, disusul Universitas Paramadina dengan175,5 ribu, lalu ada Universitas Nasional dengan 174,7 ribu, dan penutup lima besarnya adalah Universitas Trisakti dengan 162,5 ribu follower.

Sementara untuk posisi 6-10 dari kampus swasta terpopuler di twitter adalah:

  • Universitas Kristen Indonesia/UKI (151,4 ribu),
  • Universitas Atma Jaya (143,9 ribu),
  • UPH (143,3 ribu),
  • Universitas Pancasila/Upancas (128,4 ribu), dan
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (25 ribu).

Perguruan tinggi dengan follower Instagram terbanyak

Perguruan tinggi terpopuler di instagram

Laman instagram juga menjadi salah satu cara perguruan tinggi berinteraksi di media sosial, dan lagi-lagi UGM yang masuk dalam ranking tertinggi dengan follower yang mencapai 571 ribu di akhir Juni 2020.

Jika kawan GNFI mengunjungi akun instagram UGM, maka kampus ini sering mempromosikan melalui koneten UGM Update yang berisikan informasi live streaming dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus tersebut.

Live tersebut ternyata tidak hanya berlangsung di instagram saja, melainkan di platform lain seperti youtube, facebook, dan twitter.

Lalu di tempat kedua ada UI dengan jumlah follower yang mencapai 544 ribu, diikuti oleh STAN dengan 397 ribu, ITB di 213 ribu, dan Unbraw dengani 206 ribu yang menutup lima terbesar.

Lalu untuk peringkat 6-10 kampus negeri dengan follower instagram terbanyak adalah:

  • Unpad (178 ribu),
  • IPB (157 ribu),
  • Unair (127 ribu),
  • Universitas Sebelas Maret (122 ribu), dan
  • Universitas Negeri Malang (106 ribu).

Sementara untuk kategori perguruan tinggi swasta, Universitas Gunadarma (Gundar) menduduki peringkat pertama dengan jumlah follower yang mencapai 181 ribu.

Lain dengan UGM, Gundar justru jarang mempromosikan kegiatan live streaming di sosial media. Postingan-postingan di akun instagram Gundar lebih banyak soal pengumuman seputar kegiatan perkuliahan dan penerimaan mahasiswa baru.

Gunadarma juga tercatat cukup sering memposting surat-surat edaran resmi dari pihak kampus. Sebut saja seperti pengumuman jadwal kuliah, wisuda, dan surat edaran rektor lainnya.

Tentunya hal ini dapat memperluas jangkauan informasi mereka kepada para mahasiswa dan civitas akademika lain.

Kemudian di posisi dua ada Telkom University dengan jumlah follower 83 ribu, diikuti Universitas Muhammadiyah Malang dengan follower 62 ribu, lalu Universitas Islam Indonesia (UII) dengan follower 57,1 ribu, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (46,5 ribu).

Urutan ke 6-10 kampus swasta paling populer di instagram adalah:

  • Universitas Pertamina (40 ribu),
  • Binus (36,7 ribu)
  • Universitas Mercubuana Jakarta (36 ribu),
  • Universitas Islam Riau (30,1 ribu), dan
  • Universitas Ahmad Dahlan (27,6 ribu).

Perguruan tinggi dengan subscriber YouTube terbanyak

Kampus Indonesia paling populer di youtube

Kategori terakhir adalah perguruan tinggi negeri yang paling moncer di kanal youtube. Dan, perguruan tinggi negeri dengan subscriber youtube terbanyak adalah STAN yang mencatatkan 76,2 ribu subscriber.

STAN memiliki konten-konten menarik yang tampil di akun youtubenya. Pertama tentu saja adalah kanal event atau liputan kegiatan di STAN. Lalu, ada pula kuliah umum yang berisikan rekaman kuliah umum atau seminar di kampus mereka.

Uniknya, STAN memiliki kanal bernama PIJAR (Pintar Belajar Manajemen Keuangan). STAN juga mengunggah materi rekaman webinar yang sudah mereka selenggarakan bersama para pakar.

Kemudian di posisi kedua ada ITB dengan 74 ribu subscriber, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan 43,8 ribu, UT dengan total 43,3 ribu, dan Unpad dengan 29,4 ribu subscriber.

Sementara untuk posisi 6-10 kampus negeri dengan subscriber youtube terbanyak adalah:

  • UI (25,2 ribu),
  • UGM (24,9 ribu),
  • Unair (22,3 ribu),
  • IPB (19,1 ribu), dan
  • Universitas Negeri Yogyakarta (18,5 ribu).

Untuk kategori perguruan tinggi swasta, jagoan dengan jumlah subscriber youtube tertinggi dicapai oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan catatan 21 ribu.

Menukil sejarahnya, akun youtube kampus tersebut dulunya bernama UM Official, namun saat ini berganti nama jadi PMB UM Surabaya.

Universitas Muhammadiyah Surabaya kerap mengunggah konten-konten berupa kuliah umum, tutorial kuliah online, kegiatan mahasiswa, dan video-video pendek lainnya.

Meski demikian, penonton dari video-video yang ada di youtube mereka umumnya ditonton oleh ratusan orang saja. Bahkan beberapa video hanya ditonton puluhan orang.

Peringkat selanjutnya ada Universitas Ahmad Dahlan dengan 15 ribu subscriber, dan Universitas Muhammadiyah Malang dengan 11 ribu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan 9,1 ribu, serta Universitas Islam Indonesia (8,6 ribu).

Untuk posisi 6-10 kampus swasta dengan subscriber youtube terbanyak adalah:

  • Telkom University (8,1 ribu),
  • Gundar (7,2 ribu),
  • Universitas Muhammadiyah Purwokerto (5,9 ribu),
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta (5,4 ribu), dan
  • Universitas Islam Sultan Agung Semarang (4,7 ribu).

Dari data di atas, bisa dikatakan bahwa jumlah audiens (follower, subscriber, like) di media sosial perguruan tinggi negeri (PTN) memang jauh lebih besar ketimbang perguruan tinggi swasta (PTS).

Hal itu terkait dengan informasi penerimaan mahasiswa baru PTN yang palig banyak dicari oleh lulusan SMU. Boleh dibilang, hingga saat ini masuk PTN masih menjadi favorit banyak orang dan orangtua siswa lulusan SMU.

Baca juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini