Kontribusi Mahasiswa Ciptakan Ruang Imajinasi dan Edukasi

Kontribusi Mahasiswa Ciptakan Ruang Imajinasi dan Edukasi
info gambar utama

Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Salah satu kelompok mahasiswa yang melaksanakan KKN ialah para mahasiswa Universitas Negeri Malang. Mereka melakukan KKN di Desa Sempalwadak, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Beragam kegiatan dibentuk guna menarik dan meningkatkan kreatifitas anak-anak, maupun orang dewasa di sana. Acara yang dilakukan antara lain meresmikan ruang imajinasi dan menggelar lomba seni dengan tema pandemi Covid-19.

Kegiatan ini digelar pada Sabtu (20/06) lalu di Pondok Kesehatan Desa Sempalwadak. Meskipun menggelar acara, tim KKN tetap menjalankan protokol kesehatan, yaitu mewajibkan para peserta yang hadir untuk mengenakan masker selama mengikuti rangkaian kegiatan.

Antusias anak-anak di ruang imajinasi | Foto: Dok. Pribadi
info gambar

Kegiatan yang meningkatkan kreatifitas ini juga merupakan sarana yang dapat menghibur anak-anak selama belajar di rumah saja. Kegiatan ini diikuti oleh 24 anak dan sebagian tim KKN.

Ruang imajinasi yang diresmikan ini berada di sudut ponkesdes Sempalwadak. Tim KKN menyediakan buku-buku bacaan dan alat untuk menggambar seperti crayon, buku gambar, kuas, cat air, dan lain-lain dengan harapan dapat meningkatkan minat baca, mengembangkan kemampuan literasi dan bakat seni masing-masing individu.

Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak desa Sempalwadak. Selain itu, para orang tua yang mendampingi mereka saat mengikuti kegiatan pun merasa senang karena anak-anaknya mendapatkan hiburan sehingga dapat mengurangi rasa bosan selama belajar di rumah saja.

Potret anak-anak ketika kegiatan berlangsung | Foto: Dok. Pribadi
info gambar

Terdapat pula tiga jenis lomba yang diadakan panitia, antara lain lomba menggambar, lomba melukis diatas kanvas, dan lomba mewarnai dengan tema Covid-19.

Lewat kegiatan ini juga, tim KKN dapat mengedukasi anak-anak tentang bagaimana cara mencuci tangan yang benar, dan juga dapat menggali imajinasi mereka. Sedangkan anak-anak yang tidak mengikuti lomba dapat mengikuti rangkaian acara lainnya, yaitu menonton film Toy Story 4 dengan didampingi tim KKN.

Keesokan harinya, Minggu (21/06) lalu, tim KKN mengadakan sosialisasi program kerja edukasi hand sanitizer alami di Lapangan Desa Sempalwadak. Kegiatan tersebut diawali dengan senam rutin tiap minggu bersama ibu-ibu PKK, Kepala Desa Sempalwadak, dan turut hadir Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN.

Setelah senam, mahasiswa KKN pun memberikan sosialisasi mengenai proker yang sudah disusun, yaitu edukasi tentang edukasi pembuatan hand sanitizer dari daun sirih dan jeruk nipis melalui buku panduan dan video tutorial yang telah dibuat tim KKN.

Satu-persatu perwakilan tiap RT dari 15 RT yang hadir pun di panggil untuk mendapatkan satu paket edukasi yang berisi buku panduan pembuatan hand sanitizer, botol spray, daun sirih, dan jeruk nipis.

Selain membagikan bahan-bahan untuk keperluan membuat hand sanitizer alami, tim KKN juga membagikan hand sanitizer untuk digunakan di fasilitas-fasilitas umum desa, seperti kantor desa dan ponkesdes.

Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan dan membantu warga desa supaya terbiasa membersihkan tangan meskipun sudah masuk kondisi new normal pandemi Covid-19.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini