Madakaripura, Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa yang Dijuluki Air Terjun Abadi

Madakaripura, Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa yang Dijuluki Air Terjun Abadi
info gambar utama

Keindahan dan keanekaragaman alam milik Indonesia tak ada habisnya untuk dikagumi dan dijelajahi. Keanekaragaman tersebut pula yang membuat Indonesia memiliki beragam wisata alam yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya air terjun. Air terjun bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia, terutama di dataran tinggi. Selain sebagai tempat untuk berwisata, air terjun juga terkadang menyimpan beragam mitos dan misteri yang menambah daya tarik tersendiri. Air Terjun Madakaripura salah satunya.

Air Terjun Madakaripura ini terletak di Dusun Branggah, Desa Negorejo Kecamatan Lumbang di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya bisa dibilang cukup dekat dengan Gunung Bromo yang memakan waktu perjalanan kurang lebih satu jam. Air terjun ini berada di ujung lembah yang sempit berbentuk ceruk dengan tebing curang di sekelilingnya dan berada di kaki bukit Pegunungan Tengger.

Air terjun ini diberi nama Madakaripura yang artinya "gajah yang sedang meninggal di kala sembahyang". Madakaripura sendiri diambil dari tiga nama, 'mada' yang berarti gajah, 'kari' yang memiliki arti peninggalan dan pura yang berarti sembahyang atau semedi. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, dulunya Patih tersohor dari Kerajaan Majapahit, Gajah Mada, menghabiskan sisa hidupnya dengan bersemedi di air terjun dengan ketingguan 200 meter ini.

Menyimpan mitos dan dipercaya sebagai tempat bertapa Gajah Mada

Patung Gajah Mada di kawasan air terjun © kompas.com
info gambar

Menurut informasi warga sekitar, dulunya Gajah Mada menjadikan air terjun ini sebagai tempat pelarian. Ia melarikan diri ke air terjun tersebut setelah jabatannya dilepas karena membunuh ratusan orang dari Kerajaan Sunda Galuh. Akhirnya Gajah Mada bertapa dan merenungi perbuatannya di Air Terjun Madakaripura ini hingga akhir hayatnya.

Di kawasan Air Terjun Madakaripura ini pula terdapat patung Gajah Mada yang menyambut langsung pengunjung saat baru tiba di area sekitar tempat parkir. Selain sebagai tempat bertapa Gajah Mada, air terjun ini juga memiliki beberapa mitos lainnya yang beredar.

Air terjun Madakaripura ini sering dijuluki sebagai "air terjun abadi" karena debit atau volume air di air terjun ini statis, tidak berkurang meski musim kemarau datang menghampiri. Selain air di kawasan air terjun yang stabil, konon katanya setiap wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini harus pulang sebelum jam 2 siang.

Mengapa begitu? Jawabannya karena masyarakat setempat percaya jika masih ada pengunjung di atas pukul 2 siang maka akan terjadi hujan secara tiba-tiba. Hal ini lantas membuat debit air naik dan berpotensi membahayakan pengunjung yang berada di sekitar air terjun.

Air terjun tertinggi di Pulau Jawa

Air Terjun Madakaripura © getlost.id
info gambar

Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Ponot di Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki luas sekitar 25 meter dan dengan bentuk yang melingkar dikelilingi tebing yang dihiasi lumut. Air dari air terjun ini adalah juga dipercaya bisa membuat wajah awet muda.

Sebelum tiba di Air Terjun Madakaripura, para pengunjung akan disambut oleh empat air terjun lainnya yang tak kalah indah dari Air Terjun Madakaripura. Di antara air terjun tersebut bisa ditemukan sebuah rongga yang konon katanya menjadi tempat Gajah Mada bertapa dulu.

Untuk sampai di Air Terjun Mandakaripuran dibutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit dengan berjalan kaki dari area parkir. Air terjun ini bisa diakses melalui Malang maupun langsung dari Probolinggo. Selain air terjun indah yang jernih berwarna hijau hingga kebiruan, pemandangan di sekitarnya pun tak kalah mencuri perhatian. Tebing tinggi yang mengelilingi air terjun, dan semak hingga pohon yang cukup rimbun pun menambah hawa segar kawasan air terjun ini.

Namun perlu diperhatikan, jika ingin mengunjungi air terjun ini sebaiknya tidak dilakukan saat musim hujan karena kawasan ini akan sering ditutup dan cukup rawan mengalami banjir bandang. Selain dekat dengan kawasan Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura ini dekat dengan beberapa destinasi wisata lainnya yang tak kalah menawan untuk dikunjungi.

Objek wisata lain di sekitar Air Terjun Mandakaripura

Berikut beberapa tempat wisata lainnya di daerah Probolinggo yang tak jauh dari Air Terjun Madakaripura, yakni;

  1. Puncak B29

Berjarak 16 kilometer dari Air Terjun Madakaripura , wisatawan bisa melihat pemandangan yang yang indah dari Puncak B29 yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Pemandangan seperti Kaldera Gunung Bromo, Gunung Batok dan puncak Gunung Mahameru bisa dilihat dari atas sini.

  1. Pantai Bentar Probolinggo

Setelah bukit dan gunung tak ada salahnya berkunjung ke pantai. Pantai yang terletak di Kecamatan Gending di Kabupaten Probolinggo ini tak hanya menyajikan pantai yang indah tetapi juga area bermain dan wisata satwa.

  1. Gili Ketapang

Gili Ketapang memiliki pesona bawah laut yang menawan. Wisatawan bisa menyelam sekaligus melihat keindahan terumbu karang yang ada di dalamnya. Gili Ketapang terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

---

Sumber: Nativeindonesia.com | Kelloggsnyc.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini