Kuliner Indonesia yang Masuk Daftar Makanan Terenak di Dunia

Kuliner Indonesia yang Masuk Daftar Makanan Terenak di Dunia
info gambar utama

Jika diminta menyebutkan nama makanan Indonesia yang paling enak, Anda mungkin akan bingung menjawabnya. Bagaimana tidak, negara kita memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Sulit rasanya kalau harus memilih satu atau dua jenis makanan saja. Sebab, memang tak bisa dimungkiri bila begitu banyak hidangan khas Indonesia yang membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

Indonesia memang dikenal memiliki beragam makanan yang lezat. Bahkan, setiap daerah memiliki makanan khas dengan citarasa berbeda. Ada beberapa jenis makanan yang sudah terkenal sampai ke negara lain, misalnya rendang, nasi goreng, dan sate.

Sebenarnya, masih banyak lho makanan Indonesia yang terkenal enak sampai ke seluruh dunia. Mau tahu apa saja? Berikut daftarnya.

Nasi kuning

Menurut TheDailyMeal pada tahun 2016, nasi kuning dari Indonesia masuk dalam daftar 20 kuliner olahan nasi terenak di dunia. Dalam daftar tersebut, nasi kuning bersaing dengan paella asal Spanyol lho.

Nasi yang dimasak dengan bumbu kunyit sehingga warnanya kuning alami ini awalnya disajikan dalam upacara adat. Warna kuningnya melambangkan emas dan keberuntungan. Kini, nasi kuning biasa jadi santapan sehari-hari, tetapi juga selalu ada dalam acara penting seperti syukuran ulang tahun, pengajian, khitanan, dan sebagainya.

Penyajian nasi kuning sebenarnya berbeda-beda. Seperti nasi putih atau nasi merah, nasi kuning pun bisa disantap dengan lauk apapun. Namun, paling umum nasi kuning disantap bersama ayam goreng, telur dadar iris, kering tempe, dan sambal.

Indomie

Meski sering dianggap sebagai makanan akhir bulan atau makanan andalan anak kos, siapa sih yang nggak menikmati makan Indomie? Salah satu merek mi instan terkenal di Indonesia ini memang sudah jadi makanan pokok di kala lapar tengah malam, buru-buru sarapan, menu sahur, dan pastinya makanan yang selalu diingat saat hujan turun.

Membahas soal Indomie, makanan ini tak hanya terkenal di Indonesia saja lho. Orang-orang di seluruh dunia juga banyak yang terpikat dengan kelezatan mi instan ini.

Pada tahun 2019, varian Indomie Barbeque Chicken mendapat peringkat nomor satu dalam daftar L.A. Times Instant Ramen Power Rankings oleh food columnist Lucas Kwan Peterson.

Kata Lucas, perpaduan antara mi, minyak bawang, kecap manis, saus cabai, bumbu kaldu ayam, dan bawang merah goreng benar-benar surgawi. Ia bahkan bilang kalau bisa dan mau makan Indomie ini setiap hari.

Ilustrasi | @RinaOkta Shutterstock

Roti gambang

Wah, ternyata ada roti jadul Indonesia yang juga disebut terenak sedunia lho. Ialah roti gambang yang masuk daftar 50 Roti Terbaik di Dunia versi CNN pada tahun 2019 lalu tepat pada momen Hari Roti Internasional. Tak main-main, roti gambang ada di posisi 19. Seluruh daftar ini dikurasi secara ketat oleh pastry chef kenamaan, Jen Rose Smith.

Roti gambang merupakan kuliner Betawi yang memiliki ciri khas roti padat, empuk, tapi tak selembut roti pada umumnya. Roti gambang juga sangat khas dengan aroma kayu manis dan rasanya tak terlalu manis karena menggunakan gula aren. Tak lupa, bagian atas roti berwarna cokelat gelap ini diberi taburan wijen.

Nama roti gambang konon diambil dari bentuknya yang mirip alat musik tradisional yaitu gambang kromong. Di Jakarta, ada dua toko roti jadul yang terkenal dengan roti gambangnya, yaitu Roti Lauw dan Tan Ek Tjoan.

Kue lapis legit

Selain roti gambang, ada satu lagi hidangan manis dari Indonesia yang termasuk makanan enak di dunia. Ya, kue lapis legit pernah ada di dalam daftar kue terlezat di dunia versi CNN. Lapis legit sendiri ada di peringkat empat, mengungguli black forrest dari Jerman, tiramisu khas Italia, baklava dari Turki, hingga cheese cake khas Amerika Serikat.

Lapis legit merupakan kue basah tradisional yang dibuat dari tepung terigu, gula, mentega, dan kuning telur. Tak lupa, dalam pembuatannya ditambahkan banyak rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, pala, dan adas manis.

Disebut lapis legit karena memang bentuk kuenya yang merupakan lapisan demi lapisan yang ditumpuk jadi satu. Umumnya, satu buah kue lapis legit terdiri dari 18 lapisan atau lebih. Cara membuatnya tentu dipanggang satu demi satu lapisan. Ditambah lagi, satu loyang lapis legit biasanya terbuat dari 30 kuning telur. Mengingat proses membuat yang sulit, maka tak heran harga kue ini terbilang cukup mahal.

Baca juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini