Pesona 3 Pantai di Bali yang Masuk Daftar Pantai Terbaik di Asia Versi TripAdvisor

Pesona 3 Pantai di Bali yang Masuk Daftar Pantai Terbaik di Asia Versi TripAdvisor
info gambar utama

Meski memiliki beragam objek wisata, pantai di Bali memang selalu menarik untuk dikunjungi. Rasanya, kurang afdal bila ke Bali tapi belum menikmati momen menyenangkan di pantainya. Begitu sulit mengesampingkan pesona pantai-pantai di Pulau Dewata dengan ciri khasnya masing-masing.

Tahun 2021 ini, ada tiga pantai di Bali yang masuk dalam daftar 25 pantai terbaik di Asia pada 2021 dalam kategori Travelers' Choice versi TripAdvisor. Di antaranya ada Pantai Kelingking di posisi ke-4, Pantai Nusa Dua di posisi ke-21, dan Pantai Sanur menempati posisi ke-22.

Berikut pesona ketiga pantai di Bali yang bisa dijadikan referensi tujuan wisata saat ke Pulau Dewata:

Pantai Kelingking

Bagi yang masih asing dengan nama Pantai Kelingking, lokasinya berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Untuk sampai ke pantai, pengunjung harus menyeberang dengan kapal, bisa dari Pelabuhan Padang Bai, Pantai Sanur, atau Pelabuhan Kusamba Klungkung, dengan waktu tempuh sekitar 30-40 menit.

Pantai Kelingking merupakan salah satu pantai yang banyak mendapatkan perhatian dari turis lokal dan mancanegara karena memiliki pemandangan yang luar biasa. Kawasan pantainya berpasir putih bersih, warna laut kebiruan, ombaknya termasuk besar, dan bila dilihat dari atas tebing, panorama samudera luas begitu memesona.

Sebelumnya, wisatawan hanya bisa menikmati lokasi ini dari atas tebing. Namun, kini ada akses tangga untuk turun sampai ke pantai. Untuk sampai ke bawah, Anda harus melewati ratusan anak tangga yang cukup terjal. Butuh stamina yang tak main-main bila ingin sampai ke bawah, tetapi tentunya semua lelah akan terbayar tuntas saat bisa menikmati pantai ini.

Pesona Pantai Kelingking memang tak bisa diragukan. Tahun 2019, pantai ini masuk dalam daftar pantai terbaik pada posisi ke-19 di dunia versi TripAdvisor Travelers’ Choice Awards.

Pantai Nusa dua

Kawasan Nusa dua yang berada di Bukit Peninsula ini dikenal sebagai tempat wisata mewah di Bali. Dari hotel bintang lima hingga acara-acara besar yang mendatangkan tamu dari berbagai negara biasa digelar.

Untuk pantainya sendiri, termasuk yang bersih di Bali. Anda bisa menikmati pasir putih membentang sepanjang garis pantai, air laut yang tenang, pun perairannya yang dangkal sehingga cocok untuk berenang bersama anak-anak.

Di kawasan ini sebenarnya ada beberapa pantai, meskipun lebih dikenal dengan nama Pantai Nusa Dua, yakni Pantai Samuh, Pantai Mengiat, Pantai Geger, dan Pantai Sawangan.

Pantai Sanur

Menempati posisi ke-22 dalam Travelers' Choice versi TripAdvisor, Pantai Sanur adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati momen matahari terbit di Bali. Berlokasi di sebelah timur Denpasar, Pantai Sanur memiliki karakter ombak yang cukup tenang dan cocok untuk berenang atau menyelam.

Di pantai ini, Anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas olahraga air seperti bermain kano, seawalker, snorkeling, hingga scuba diving. Bila hanya ingin bersantai, tentunya Anda pun bisa menikmati momen di Pantai Sanur dengan bermain pasir, jalan-jalan keliling pantai, atau bersepeda.

25 pantai terbaik di Asia versi TripAdvisor

Travelers' Choice versi TripAdvisor secara garis besar memberikan penghargaan untuk pantai terbaik berdasarkan kualitas, kuantitas, ulasan, hingga peringkat yang diberikan pengguna TripAdvisor.

Penilaian juga dilihat dari banyaknya penggunya yang menggunakan fitur “menyimpan” destinasi pantai tersebut. Kemudian, data-data ini dikumpulkan sepanjang tahun 2020, mulai dari 1 Januari hingga 31 Desember.

Berikut daftar lengkap 25 pantai terbaik di Asia versi TripAdvisor:

  1. Pantai Agonda, Goa, India
  2. Pantai Cavelossim, Cavelossim, India
  3. Pantai Ngapali, Ngapali, Myanmar
  4. Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali, Indonesia
  5. Pantai Radhanagar, Pulau Havelock, Kepulauan Andaman dan Nicobar
  6. Pantai Yonaha Maehama, Miyakojima, Jepang
  7. Pantai Cox's Bazar, Cox's Bazar, Bangladesh
  8. Pantai Bentota, Bentota, Sri Lanka
  9. Pantai Khlong Muang, Nong Thale, Thailand
  10. Pantai Coconut, Khuk Khak, Thailand
  11. Pantai Haeundae, Busan, Korea Selatan
  12. White Beach, Boracay, Malaysia
  13. Pantai Varca, Varca, India
  14. Pantai Varkala, Varkala Town, India
  15. Long Beach, Ko Phi Phi Don, Provinsi Krabi, Thailand
  16. Pantai Kata Noi, Karon, Thailand
  17. Pantai Nai Harn, Nai Harn, Thailand
  18. Pantai Nacpan, El Nido, Filipina
  19. Pantai Mirissa, Mirissa, Sri Lanka
  20. Pantai Hikkaduwa, Hikkaduwa, Sri Lanka
  21. Pantai Nusa Dua, Bali, Indonesia
  22. Pantai Sanur, Bali, Indonesia
  23. Pantai Cenang, Pantai Cenang, Malaysia
  24. Pantai An Bang, Hoi An, Vietnam
  25. Pantai My Khe, Da Nang, Vietnam

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini