Pantai Kelingking Unggul dalam Daftar 20 Pantai Terindah di Dunia

Pantai Kelingking Unggul dalam Daftar 20 Pantai Terindah di Dunia
info gambar utama

Keindahan pantai-pantai di Bali memang selalu punya tempat sendiri di hati para wisatawan. Dari turis domestik hingga mancanegara pun mengakui bahwa pesona Bali tak terelakkan. Baru-baru ini, media asal Inggris, Money.co.uk menobatkan Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali, pada posisi pertama dalam daftar 20 Pantai Terindah di Dunia.

Metode yang digunakan Money.co.uk adalah analisis terhadap 26 juta unggahan Instagram dengan tagar yang terkait dengan pantai populer di dunia. Mereka menghitung berapa banyak foto yang dibagian per meter panjang pantai. Pantai-pantai dengan unggahan Instagram per meter terbanyak inilah yang kemudian dinobatkan sebagai pantai terindah di dunia.

Pantai Kelingking menempati peringkat pertama dengan jumlah foto sebanyak 338.193 foto. Setiap meter pantai, ada 4.227 foto yang diambil. Salah satu daya tarik pantai ini adalah tebingnya yang berbentuk seperti T-Rex bila dilihat dari atas.

Beragam Alasan Mengapa Bali Selalu Menarik Perhatian Wisatawan

Pesona Pantai Kelingking

Pantai Kelingking | @Komang Kamartina from Pixabay
info gambar

Lokasi Pantai Kelingking berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Kelingking Cliff Point, tebing dengan ketinggian sekitar 200 meter menjadi salah satu daya tarik di pantai ini. Bentuk tebing yang memanjang dan menjorok ke laut ini menurut masyarakat setempat mirip jari kelingking.

Di sana, pengunjung dapat menyaksikan bentangan samudera biru dengan formasi tebing kapur yang unik. Sebelumnya, wisatawan hanya bisa mengagumi kawasan ini dari atas tebing. Namun, kini sudah dibuka tangga untuk turun sampai ke area pantai.

Bila percaya diri dengan stamina fisik kuat, bisa menuruni ratusan anak tangga berpagar bambu yang terbilang curam dan bisa dibilang tidak cukup aman. Perjalanan turun ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar satu jam atau lebih, tergantung kecepatan Anda berjalan. Jangan lupa, setelah puas bermain di pantai, Anda harus kembali mendaki tangga yang sama untuk pulang.

Meskipun perjuangannya berat, tentu semua akan terbayar ketika Anda berhasil sampai di pantai. Hamparan pasir putih yang bersih dan landai akan Anda temukan di bawah sana. Namun, karena gelombang ombak cukup besar, kegiatan berenang tidak disarankan.

Jika merasa fisik kurang kuat, banyak juga wisatawan yang memilih untuk menikmati panorama Pantai Kelingking dari atas tebing. Tak perlu memaksakan diri karena pemandangan dari atas pun tak akan mengecewakan.

Berkunjung ke Pantai Kelingking pada sore hari bisa jadi waktu yang tepat. Sebab, Anda bisa menyaksikan momen senja yang indah hingga waktu terbenamnya matahari.

Pesona 3 Pantai di Bali yang Masuk Daftar Pantai Terbaik di Asia Versi TripAdvisor

Untuk mencapai Pantai Kelingking, sebenarnya cara paling mudah adalah menggunakan jasa agen yang menyediakan paket wisata keliling Nusa Penida.

Namun, bila ingin pergi secara mandiri, bisa menempuh perjalanan dari Pelabuhan Padang Bai, Pantai Kusamba, atau Pelabuhan di Pantai Sanur. Dari sana, Anda harus menyeberang dengan kapal hingga ke Nusa Penida. Sesampainya di Nusa Penida, bisa melanjutkan perjalanan ke pantai dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Jika kurang terbiasa berkendara di medan yang sulit, maka akan lebih baik jika menyewa mobil dengan supir dibanding pergi sendiri menggunakan sepeda motor.

Dari Pantai Kelingking, masih banyak destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi dan lokasinya berdekatan. Antara lain ada Peluang Cliff, Broken Beach, Angel Billabong, dan Crystal Bay Beach.

Menikmati Pesona Ombak di Pantai Balangan, Bali

20 Pantai terindah di dunia

Selain Pantai Kelingking, ada 19 destinasi lain yang masuk dalam daftar 20 Pantai Terindah di Dunia versi Money.co.uk. Bahkan, ada satu pantai lain di Bali yang masuk ke dalam penghargaan ini, yaitu Pantai Blue Point di posisi ke-10.

Berikut daftar lengkap 20 Pantai Terindah di Dunia versi Money.co.uk.

  1. Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali
  2. Pantai Bondi, Sydney, Australia
  3. Pantai Railay, Krabi, Thailand
  4. Pantai Tropea, Calabria, Italia
  5. Pantai Navagio, Zakynthos, Yunani
  6. Hanauma Bay, Hawaii, Amerika Serikat
  7. Pantai Tenby North, Pembrokeshire, Wales
  8. Praia do Camilo, Lagos, Portugal
  9. Pantai Boulders, Cape Town, Afrika Selatan
  10. Pantai Blue Point, Ungasan, Bali
  11. Cala Saona, Formentera, Spanyol
  12. Pantai Margate, Kent, Inggris
  13. Cala Goloritze, Baunei, Italia
  14. Pantai Freedom, Phuket, Thailand
  15. Cala Gat, Cala Ratjada, Spanyol
  16. Kitsilano Beach, Vancouver, Kanada
  17. Pantai Lanikai, Hawaii, Amerika Serikat
  18. Pantai Bal Harbour, Miami, Florida
  19. Durdle Door, Dorset, Inggris
  20. Pantai Sitges, Barcelona, Spanyol

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini