Bertualang ke Kawasan Pantai Hingga Hutan di Lombok Barat

Bertualang ke Kawasan Pantai Hingga Hutan di Lombok Barat
info gambar utama

Lombok jadi salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Sepanjang tahun, pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dalam negeri dan mancanegara. Tak seperti Bali yang identik dengan keramaian, objek wisata di Lombok cenderung lebih tenang.

Pulau Lombok sendiri terdiri dari satu kota yaitu Mataram dan empat kabupaten yaitu Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara. Pada setiap kota dan kabupaten memiliki berbagai objek wisata dengan pesonanya masing-masing. Kali ini, Good News From Indonesia akan memberikan rekomendasi tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi di kawasan Lombok Barat:

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi bisa dibilang sebagai objek wisata terpopuler di Lombok Barat. Lokasinya berada di Jalan Raya Senggigi, Kecamatan Batulayar. Tempatnya tak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok, waktu tempuhnya sekitar satu jam.

Meski kawasan pantainya tak terlalu luas, tetapi suasananya yang tenang dan asri. Ombak di pantai ini pun tak terlalu besar sehingga pengunjung lebih nyaman untuk bermain air. Pun bila datang dari arah Mataram, jarak ke Pantai Senggigi sekitar 30 menit saja.

Kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Senggigi antara lain berpiknik dan bersantai menikmati pemandangan lautan yang begitu memanjakan mata. Bagi yang suka menyelam dan ingin menjelajahi pemandangan bawah laut, di sana pun banyak tempat penyewaan perlengkapan snorkeling sehingga wisatawan tak perlu repot-repot membawa sendiri.

Berenang Bersama Pari Manta dan Melepas Penyu di Pulau Sangalaki

Taman Narmada

Objek wisata lain yang wajib dikunjungi saat berada di Lombok Barat adalah Taman Narmada. Taman ini dibangun sebagai miniatur Gunung Rinjani dan pada awalnya berfungsi sebagai tempat peristirahatan para raja. Namun, seiring berjalannya waktu, taman ini menjadi objek wisata untuk masyarakat umum.

Nama Narmada sendiri diambil dari kata Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang suci di India. Air merupakan unsur yang dianggap suci bagi umat Hindu karena memberikan kehidupan pada semua makhluk di dunia.

Daya tarik Taman Narmada ialah keindahan alamnya yang tertata secara apik. Pengunjung bisa melakukan trekking menjelajahi area Jabalkap yang dipenuhi rerumputan hijau dan pepohonan yang membuat kawasan ini terasa lebih teduh.

Selain pemandangan alamnya, Taman Narmada juga memiliki objek wisata edukatif seperti halaman mukedas, bale loji, bale teran, dan pura kelasa. Secara keseluruhan, Taman Narmada merupakan tempat wisata yang ramah untuk keluarga dan anak-anak. Di sana pun terdapat area taman dan kolam renang yang bisa dimanfaatkan wisatawan.

Pantai Papuma dan Wisata Alam Menarik di Kabupaten Jember

Pantai Bangko-Bangko

Bagi yang tertarik dengan olahraga selancar, bisa mengunjungi Pantai Bangko-Bangko di Jalan Putih, Batu Putih Sekotong. Karakter ombaknya yang cukup besar, gulungannya tinggi, dan tidak mudah pecah hingga ke tepian menjadikan pantai ini banyak dikunjungi untuk berselancar.

Tentunya masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini termasuk bersantai di tepi pantai, bermain bola, berenang, atau menyelam. Tak jauh dari pantai, ada Hutan Taman Wisata Alam Bangko-Bangko yang bisa dijelajahi dengan trekking menyusuri kawasan hutan untuk menyaksikan langsung kekayaan vegetasi alami di sana.

Untuk kegiatan berselancar, waktu terbaik mengunjungi Pantai Bangko-Bangko ialah pada bulan Mei-Oktober karena terjadi ombak pasang dan turun.

Gili Asahan

Lombok memang terkenal dengan beberapa Gili, seperti Gili Trawangan, Gili Air, atau Gili Meno. Bila berada di Lombok Barat, Gili Asahan menjadi salah satu yang wajib dikunjungi untuk menikmati keindahan bawah lautnya atau sekadar menikmati suasana di sekitar pantai yang tenang.

Di lokasi ini, pengunjung bisa melihat keindahan soft coral dan hard coral. Perairannya pun cenderung tenang sehingga aman untuk para penyelam pemula. Pun para penyelam professional bisa menjelajahi bawah lautnya karena Gili Asahan punya beberapa diving spot yang cukup terkenal seperti secret garden, snorkeling point, dan belongan.

Gili Asahan berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, dan berbatasan langsung dengan gili lain seperti Gili Gede, Penyu, Lontar, Poh, Rengit, Layar, Asahan, Goleng, Nanggu, Tangkong, Sudak, dan Kedis.

Hutan Lindung Sesaot

Berwisata alam ke Hutan Lindung Sesaot di Dusun Aik Nyet, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, akan memberikan pengalaman berbeda saat liburan ke Lombok Barat. Lokasinya pun cukup mudah diakses. Dari Kota Mataram, Anda tinggal berkendara sekitar 30 menit untuk sampai di kawasan hutan.

Hutan Lindung Sesaot menawarkan suasana alam yang tenang, dipenuhi pepohonan hijau serta rimbun, dan udaranya sejuk. Di sana pun terdapat sumber mata air yang berasal langsung dari Gunung Rinjani. Bagi yang sedang ingin bepergian ke tempat yang tenang untuk melepas penat dan ingin jauh dari keramaian, hutan ini bisa dijadikan alternatif.

Di dalam kawasan hutan ini terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti outbound, penyewaan pelampung, tempat pemandian, musala, rumah pohon, warung makan, dan gazebo untuk beristirahat. Bahkan, ada area untuk mendirikan tenda bagi yang ingin berkemah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini