Sabda Alam, Animasi Karya Siswa SMK Asal Kudus dengan Kualitas Kelas Dunia

Sabda Alam, Animasi Karya Siswa SMK Asal Kudus dengan Kualitas Kelas Dunia
info gambar utama

Karya luar biasa dari industri kreatif kembali dihasilkan oleh segelintir kalangan anak bangsa, jika sebelumnya berbagai karya seperti film, lagu anak, hingga animasi telah berhasil digarap oleh sejumlah pihak yang sudah memiliki jam terbang panjang diikuti dengan pengalaman mumpuni di masing-masing bidangnya, kali ini karya tak kalah mengagumkan justru lahir dari tangan kreatif para pelajar di tingkat sekolah kejuruan.

Adalah Sekolah Menengah Kejuruan Raden Umar Said, atau lebih singkat dikenal dengan nama SMK RUS asal Kudus, yang menjadi tempat di mana karya mengagumkan tersebut digarap oleh jajaran siswa-siswi jurusan Animasi, dan proses pembuatannya dilakukan di bawah payung RUS Animation Studio.

Pada September lalu, para pelajar SMK RUS Kudus memang diketahui merilis sebuah video animasi yang di saat bersamaan juga menjadi video musik dari sebuah lagu berjudul sama yang dipopulerkan oleh mendiang Chrisye, yaitu Sabda Alam.

Bangga! Inilah 6 Animasi Karya Anak Bangsa Indonesia yang Mendunia

Angkat kisah perburuan satwa alam

Lewat video berdurasi 6 menit 14 detik tersebut, para kreator animasi yang terlibat mengangkat kisah mengenai keindahan alam yang awalnya berjalan dengan sempurna disertai kehidupan berbagai satwa liar berupa burung-burung cantik yang terbang bebas.

Dibuka dengan animasi sempurna berupa penggambaran berbagai jenis satwa burung mulai dari Kakaktua Jambul Kuning, Jalak Bali, Rangkong Gading, hingga Ekek Geling, konflik mulai muncul ketika gambaran dari wujud nyata ancaman liar berupa perburuan dilakukan oleh sekelompok manusia.

Visual yang selanjutnya ditampilkan merupakan gambaran dari kondisi sebenarnya yang selama ini banyak terjadi, pemburuan liar yang menuntun kepada fenomena jual beli satwa di pasar burung, di mana burung-burung tersebut terkurung dalam sangkar, dimasukkan ke dalam botol, hingga dibunuh hanya untuk dimanfaatkan bagian paruhnya.

Lewat lagu Sabda Alam yang terus mengiringi di sepanjang durasi video, berbagai pihak yang terlibat sebagai pengisi suara seperti Once, Eva Celia, Fadly Padi, Mytha Lestari, Mario Ginanjar, dan Leisha Ramadhania secara sempurna menggambarkan keresahan yang dirasakan para satwa tersebut andai saja mereka dapat berbicara, dan pada akhirnya divisualisasikan lewat lagu Sabda Alam.

Untuk dapat selaras dengan setiap pergerakan animasi yang dihasilkan oleh para siswa SMK RUS Kudus, Tohpati diketahui menjadi sosok yang mengaransemen musik tersebut.

Ingin Berkarir Menjadi Animator? Ini Deretan Studio Animasi Ternama di Indonesia

Pembuatan panjang yang akhirnya menuai banyak pujian

Sabda Alam
info gambar

Mengutip Radio Suara Kudus, terungkap bahwa nyatanya memang dibutuhkan proses dan waktu yang panjang dalam pembuatan video musik animasi Sabda Alam. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Rico Ardiansyah, selaku Head Studio Animasi SMK RUS.

Untuk proses riset sendiri dikabarkan sudah berjalan sejak awal tahun 2019, kemudian dilanjut dengan memasuki tahap produksi pada pertengahan tahun yang sama. Ditargetkan rampung dalam waktu sembilan bulan dan akan rilis di kisaran bulan Maret 2020, namun hal tersebut harus tertunda karena pandemi yang terjadi dan menyebabkan penutupan seluruh sekolah di Indonesia secara fisik.

Proses pembuatan yang dicicil oleh para siswa dari rumah dengan hanya mengandalkan peralatan atau gadget masing-masing juga disebut sebagai salah satu kesulitan yang dihadapi.

“Untuk pembuatan film ini kami membutuhkan 95 siswa dari jurusan Animasi. Saking lamanya dalam pembuatan film ini, sejumlah siswa yang kemarin ikut terlibat dalam tim ini malah sudah lulus,” ungkap Rico.

Saking totalitas, Rico mengungkap bahwa tim yang terlibat juga melakukan riset langsung ke salah satu tempat penangkaran burung hasil selundupan yang berada di Jawa Barat.

Membuahkan hasil, berbagai proses panjang yang dilalui tersebut akhirnya mendapatkan banyak apresiasi dan pengakuan dari berbagai kalangan, mulai dari pihak Kementerian, pekerja seni, hingga aktivis lingkungan sendiri.

Dalam video Reaction Mashup yang juga diunggah lewat kanal YouTube RUS Animation Studio, Dian Sastro yang dewasa ini juga kerap dikenal sebagai pekerja seni dan aktivis sosial bahkan dibuat terharu dengan jalan cerita memprihatinkan yang dikemas sempurna dalam video animasi tersebut.

“Terima kasih sudah membuat video animasi ini, bagus sekali, ini sama sekali gak ada bedanya sama film-film animasi yang dibuat oleh perusahaan besar seperti Pixar aku rasa,” tutur Dian.

Hal senada juga disampaikan oleh jurnalis dan pembawa acara ternama Najwa Shihab yang mengungkapkan rasa kagumnya pada kesempatan yang sama.

“Betul-betul gak nyangka ini dibikin anak SMK, membanggakan luar biasa, serasa nonton Disney-Pixar…” ujar wanita yang akrab disapa Mba Nana tersebut.

Murid SMK Ini Ciptakan Film Animasi Dengan Kualitas Sekelas Disney

Mengenal RUS Animation Studio

Fasilitas RUS Animation Studio
info gambar

Bicara mengenai tempat animasi Sabda Alam dibuat, seperti yang telah disebutkan bahwa karya kreatif tersebut digarap dari tangan para siswa siswi animasi yang proses pengerjaannya dilakukan di RUS Animation Studio.

Bukan tanpa alasan jika Sabda Alam dipandang sebagai animasi dengan kualitas kelas dunia, mengingat keberadaan studio animasinya sendiri ternyata memiliki fasilitas dengan sejumlah peralatan mumpuni yang membuatnya juga menjadi studio animasi bertaraf internasional.

RUS Animation merupakan studio animasi terbesar di Jawa Tengah yang didukung oleh tim riset dan pengembangan yang mengkhususkan diri dalam mengembangkan alat dan teknologi untuk memfasilitasi proses produksi animasi.

Studio ini dikenal terampil dalam menggarap proyek di seluruh alur animasi mulai dari Pra-produksi seperti penulisan cerita, konsep, animatik, aset 3D. Selain itu ada juga ke bagian produksi animasinya sendiri seperti pencahayaan, VFX (visual effect), rendering, dan pengomposisian).

Tidak berhenti sampai di situ, fasilitas dan berbagai penunjang yang semakin menegaskan bahwa studio ini benar-benar bertaraf internasional juga dilengkapi dengan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan pasca produksi seperti editing,music scoring, color grading, pengembangan gim 3D, layanan pengembangan augmented dan virtual reality (AR/VR), serta fotogrametri 3D.

Sabda Alam sendiri bukanlah proyek pertama, sebelumnya studio animasi yang menjadi sarana praktik secara langsung bagi para siswa-siswi SMK RUS Kudus ini juga telah menghasilkan karya tak kalah memukau seperti Pasoa & Sang Pemberani, Gema Alam Raya, dan Unstring Your Heart.

"Unstring Your Heart", Film Animasi Pelajar Kudus yang Memikat di Festival Internasional

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini