200 Peternak Digandeng Supplier Daging sebagai Mitra Produksi Selama Pandemi COVID-19

200 Peternak Digandeng Supplier Daging sebagai Mitra Produksi Selama Pandemi COVID-19
info gambar utama

Sudah lebih dari satu tahun lamanya pandemi COVID-19 menerjang Indonesia. Akibatnya, berbagai sektor industri di Indonesia bahkan dunia pun terkena dampaknya. Salah satunya di sektor peternakan. Seperti yang Kawan tahu, sektor peternakan memiliki peran yang cukup vital dalam perekonomian Indonesia.

Melansir dari kontan, kebutuhan daging sapi di Indonesia sendiri terus meningkat. Pada 2021, kebutuhan daging sapi diperkirakan mencapai hampir 700.000 ton atau setara dengan 3,6 juta ekor sapi. Namun, produksi daging sapi dalam negeri hanya sebanyak 400.000 ton sapi per tahun. Tingginya permintaan kebutuhan daging membuat Indonesia memiliki ketergantungan terhadap impor daging sapi hampir 50 persen dari permintaan.

Mengatasi tingginya permintaan tersebut, dibutuhkan peningkatan produksi untuk kebutuhan daging nasional. Maka dari itu, para supplier daging yang membutuhkan daging sebagai bahan produksi mereka pun mulai menggandeng para peternak agar saling menguntungkan. Salah satunya adalah Lemooin, perusahaan yang bergerak di bidang penggemukan sapi, jual-beli sapi, pemotongan sapi, dan penjualan daging sapi dan olahan sejak 2017.

Sebuah healthy meat brand di Indonesia itu berhasil menggandeng peternak lokal sebagai mitra selama pandemi COVID-19. Tersebar di tiga pulau, yaitu Pulau Jawa, Kalimantan, dan Bali, total ada 200 peternak terbagi atas peternak kecil dan sedang disesuaikan dengan jumlah sapi yang para peternak miliki. Untuk peternak kecil, sapi yang mereka miliki 1 hingga 10 ekor, sedangkan peternak sedang memiliki 10 hingga 30 ekor.

Melihat Kehidupan Masyarakat Desa Agraris di Lembang Nonongan Toraja Utara

Seperti yang disebutkan di atas, kebutuhan daging yang tinggi menjadi penyebab adanya pertumbuhan mitra. Untuk Lemooin sendiri, peningkatan mitra hampir mencapai 700 persen.

"Dari hasil penjualan tersebut, kami mendapatkan laba bersih sebesar 20 persen. Profit ini tentunya tak hanya milik perusahaan, tetapi untuk mitra karena demand mereka juga ikut naik. Saya berharap tren ini bisa konsisten hingga tahun depan. Apalagi di tahun 2022 kami siap ekspansi ke seluruh Pulau Jawa, tidak sebatas Jawa Timur dan Jabodetabek saja. Kami juga menggiatkan pemasaran di Bali dan Kalimantan," ujar Chief Executive Officer Lemooin Heri Purnomo.

Supplier daging dan peternak saling bergandengan

Proses pemotongan daging oleh Lemooin | Foto: Lemooin
info gambar

Dengan semakin banyaknya peternak yang bergabung sebagai mitra, menjadi bukti bahwa banyak perusahaan supplier daging yang mendapatkan hati di masyarakat. Apalagi, para memiliki dampak sosial yang nyata, yaitu mampu mengajak peternak lokal sebagai mitra agar mereka mendapatkan fair price.

Sudah Pernah Coba? Ini Dia 5 Makanan Viral Saat Pandemi

Fair price menjadi begitu penting agar tidak timbul kesenjangan. Para supplier daging hadir tak hanya ingin membantu pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional, tetapi juga akan dikenal sebagai perusahaan yang pro peternak.

Dengan banyaknya peternak yang digandeng menjadi mitra, diharapkan masyarakat Indonesia bisa lebih melokal dengan pilihan makanannya. Produk lokal khususnya daging, kualitasnya tidak kalah dengan impor. Belum lagi dengan adanya tim quality control terbaik yang menjamin keamanan daging sebelum dikonsumsi oleh customer.

Melihat tingginya permintaan daging yang signifikan di 2021 ini, Heri pun optimis bisa berkembang hingga menembus pasar mancanegara. Lemooin sendiri memiliki rencana untuk ekspor ke Timur Tengah, khususnya Abu Dhabi, dan USA.

Sebagai healthy meat brand yang berusaha memenuhi kebutuhan daging nasional, Lemooin memutar perekonomian daerah dengan cara merangkul peternak lokal dan mengajak mereka sebagai mitra, memberikan fair price kepada peternak, memberdayakan ibu-ibu sekitar unit usaha untuk bekerja, serta menyediakan daging lokal halal kualitas premium bagi masyarakat Indonesia.

Lewati Singapura, Kini Indonesia jadi 'The Hottest Investment Destination'

Dalam upaya mendukung edukasi peternak mitra, Lemooin memberikan pelatihan pengelolaan hewan ternak secara optimum. Tidak hanya itu, Lemooin juga berkomitmen memberikan motivasi dan komunitas sesi sharing. Program-program ini sangat berguna, utamanya dalam membangun bonding antara mitra dengan perusahaan dan optimisme peternak.

Sementara itu upaya menjaga kepercayaan antara Lemooin dengan customer dan mitra adalah dengan memberikan edukasi tentang daging sehat dan mengedepankan bisnis dengan transparan. Tim Lemooin rutin memperbaharui stok dan harga di distributor, reseller, dan marketplace, serta senantiasa memberikan jaminan produk terbaik di kelasnya.*

Referensi: Lemooin | Kontan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini