10 Sirkuit MotoGP 2022 dengan Lintasan Terpanjang, Mandalika Urutan Berapa?

10 Sirkuit MotoGP 2022 dengan Lintasan Terpanjang, Mandalika Urutan Berapa?
info gambar utama

Jadwal dan lintasan balap untuk MotoGP musim 2022 telah dirilis beberapa waktu lalu. Musim balap 2022 memiliki beberapa catatan menarik, termasuk masuknya Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) ke dalam kalender gelaran MotoGP musim 2022.

Tercatat ada 21 sirkuit yang dipergunakan untuk ajang MotoGP 2022. Dari 21 sirkuit tersebut, setidaknya terdapat 10 sirkuit yang memiliki lintasan terpanjang.

Selain tikungan, panjang lintasan sendiri menjadi bagian penting dalam lintasan sirkuit MotoGP. Dengan lintasan yang panjang, sedikitnya memberikan ruang bagi pembalap untuk melakukan aksi overtaking.

Sirkuit MotoGP 2022 dengan lintasan terpanjang 2022 | GoodStats
info gambar

Sirkuit Silverstone menjadi sirkuit dengan lintasan terpanjang untuk kalender MotoGP 2022. Panjang sirkuit yang berlokasi di Inggris tersebut mencapai 5,90 kilometer (km). Sirkuit ini dilengkapi 18 tikungan dengan 10 tikungan kanan dan 8 tikungan kiri, menjadikan Silverstone sebagai sirkuit yang punya tikungan terbanyak kedua setelah Sirkuit of The Americas, Austin-Texas, Amerika Serikat.

Tak hanya jadi sirkuit terpanjang, Silverstone juga merupakan sirkuit yang lebar, di mana lebar lintasannya 17 meter. Alhasil, karakter sirkuit Silverstone ini terbilang merata untuk kemampuan semua motor MotoGP.

Peringkat ke-2 diisi Sirkuit Sepang, Malaysia. Sirkuit kebanggan warga Malaysia ini memiliki panjang lintasan 5,54 km. Kemudian posisi 3 diisi Sirkuit of the Americas. Sirkuit yang digunakan berbagai macam jenis balap ini memiliki panjang lintasan mencapai 5,51 km.

Dua sirkuit yang berlokasi di Negeri Matador, Spanyol, juga masuk daftar. Sirkuit Aragan menempati peringkat ke-6 dengan panjang 5,07 km, lalu Sirkuit Catalunya di posisi ke-9 dengan 4,65 km.

Sementara itu, dari 21 sirkuit yang dipergunakan, sirkuit Mandalika menempati peringkat ke-18 dengan panjang lintasan 4,31 km dengan lebar 15 meter.

Srikuit Mandalika Resmi Masuk Kalender MotoGP 2022, Jadi Tuan Rumah Seri Kedua

Catatan Sirkuit Mandalika

Meskipun hanya menempati peringkat ke-18 untuk panjang lintasan, namun jumlah tikungan Sirkuit Mandalika menjadi salah satu yang terbanyak. Para pembalap di Sirkuit Mandalika harus menaklukan sebanyak 17 tikungan dengan 11 tikungan mengarah ke kanan, dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Selain itu, sirkuit ini memiliki dua service road, yakni service road inner yang memiliki panjang 3,8 km dan lebar 14 meter. Ada pula service road outer dengan panjang 4,32 km dan lebar 14 meter. Tak ketinggalan pit line dengan panjang 835 meter dan lebar 14 meter.

Adapun Paddock dalam sirkuit ini terdiri dari 40 garasi. Dengan luas bangunan sebesar 13.700 meter persegi (m2), masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dan panjang 18,34 meter.

Paddock ini terdiri dari tiga lantai dengan tribun VVIP dan media center di lantai dua. Kemudian di lantai tiga, paddock digunakan untuk boot dan medical center bagi para pembalap.

Sirkuit untuk MotoGP 2022 dengan kapasitas penonton terbanyak | GoodStats
info gambar

Berbicara tribun, kapasitas Grand Stand Seating Street di Sirkuit Mandalika terdiri dari 50.000 tempat duduk. Sementara untuk Non-seated area (tribun berdiri) bisa menampung hingga 145.700 orang. Kapasitas tersebut menjadi yang ke-2 terbanyak di dunia, melampaui Sirkuit Silverstone dan Sirkuit Sepang.

Yang menarik, lintasan untuk sirkuit ini telah dibangun menggunakan teknik pengaspalan modern bernama stone mastic asphalt (SMA). Dengan teknologi ini daya penetrasi aspal menjadi tinggi sehingga pembalap tidak mudah terjadi wet race atau licin karena hujan.

Menilik ke area luar, sirkuit ini dikelilingi kawasan wisata dengan suguhan pemandangan indah bagi siapapun yang melihatnya. Katakanlah seperti bentang pantai dengan pasir putih, jejeran perbukitan, serta pemandangan asri Mandalika. Area luar inilah yang menjadi keistimewaan Sirkuit Mandalika.

Selain itu, ada pula tempat wisata resmi yang direncanakan menjadi sumber pemasukan negara dari sektor wisata. Di antaranya, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Kuta Mandalika, hingga desa adat seperti Sade dan Ende.

Berbicara soal pemasukan ekonomi, dari satu gelaran ajang balap dunia di sirkuit ini ditaksir menghasilkan efek berganda hingga Rp500 miliar. Selain itu, penyerapan tenaga kerja diprediksi sebanyak 7.950 orang dan peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja kurang lebih 3.000 orang.

Selain memperbaiki citra Indonesia di mata internasional, adanya Sirkuit Mandalika juga memberikan dampak besar bagi perekonomian masyarakat, tanpa terkecuali warga lokal.

Keunggulan Aspal yang Terbaik yang Digunakan Pada Lintasan Sirkuit Mandalika

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini