Sirkuit Mandalika Resmi Masuk Kalender MotoGP 2022, Jadi Tuan Rumah Seri Kedua

Sirkuit Mandalika Resmi Masuk Kalender MotoGP 2022, Jadi Tuan Rumah Seri Kedua
info gambar utama

Ada kabar istimewa bagi para pencinta otomotif khususnya penikmat ajang balap sepeda motor MotoGP di tanah air. Karena akhirnya, Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang akan menjadi salah satu tuan rumah dari kompetisi balap bertaraf internasional tersebut.

Seperti yang kita tahu, sejumlah ajang musiman yang sebelumnya direncanakan berlangsung pada tahun 2020/2021 terpaksa harus mengalami penundaan atau bahkan pembatalan karena pandemi, namun karena berbagai pihak sudah mengetahui celah dan dapat menyesuaikan dengan situasi, berbagai perhelatan yang dimaksud akhirnya siap untuk dilangsungkan, salah satunya seri kejuaraan MotoGP.

Hal tersebut semakin menjadi kabar baik karena sirkuit balap terbaru di Indonesia, yaitu Mandalika nyatanya terpilih menjadi salah satu lokasi yang akan dipakai oleh para pembalap kelas dunia dalam menunggangi ‘kuda besi’ mereka untuk berkompetisi menjadi yang tercepat.

Bukit Pink, Jadikan Mandalika Sebagai Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

Tuan rumah seri kedua di bulan Maret 2022

Terpilihnya Mandalika menjadi salah satu tuan rumah sudah barang tentu diumumkan secara resmi oleh pihak promotor dalam hal ini Dorna Sport, melalui rilis yang mereka publikasi dalam kalender sementara MotoGP 2022, yang artinya tanggal pelaksanaan untuk seri tertentu bisa berubah sewaktu-waktu.

Namun jika berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan, rangkaian seri MotoGP 2022 akan dimulai sejak tanggal 6 Maret hingga 6 November 2022.

Dari publikasi yang dirilis, diketahui Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi dari pelaksanaan seri kedua pada tanggal 20 Maret 2022, setelah seri pertama sekaligus pembukaan yang akan berlangsung di Qatar.

“…dari tanggal 18-20 Maret, kami akan menuju ke Sirkuit Internasional Mandalika yang baru untuk pertama kalinya.” tulis keterangan pada rilis resmi Dorna.

Sama-sama memiliki rasa antusias yang tinggi untuk membawa MotoGP ke Indonesia, Carlos Ezpeleta selaku Managing Director Dorna Sport diketahui menyampaikan ucapan terima kasihnya atas persiapan yang telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk menyambut ajang bergengsi tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas upaya mereka mewujudkan Event ini. Dukungan dari Pemerintah yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk kehadiran event MotoGP Indonesia 2022, akhirnya kami bisa balapan lagi di Indonesia pada Maret tahun depan.” ujar Carlos mengutip Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Serba-Serbi Sirkuit Mandalika, Tuan Rumah MotoGP Indonesia

Terlebih dulu menjadi lokasi tes pramusim

Kabar gembira ini nyatanya semakin melengkapi kabar serupa yang telah diterima sebelumnya, mengenai Mandalika yang juga terpilih menjadi lokasi tes pramusim MotoGP. Adapun tes pramusim yang dimaksud akan berlangsung pada tanggal 11-13 Februari 2022.

Disebutkan bahwa tes pramusim yang berlangsung lebih dulu akan meliputi shakedown test yang diikuti para test rider, para debutan, dan para pembalap reguler. Lain itu, semua pabrikan sepeda motor, teknisi tes, partner yang mendukung acara MotoGP, dan para pembalap MotoGP pun akan hadir.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication MGPA pada bulan Agustus lalu, bersamaan dengan penyampaian rasa syukur yang diberikan oleh pihaknya saat kabar terpilihnya Mandalika sebagai lokasi tes pramusim lebih dulu ditetapkan secara resmi oleh Dorna.

“…kami merasa ini sesuatu hal yang membanggakan bagi Indonesia dan sebuah kehormatan bagi kita Mandalika dijadikan sirkuit untuk bisa melakukan uji coba atau tes pramusim MotoGP 2022.” ujar Happy seperti yang diwartakan oleh Detik.com.

Sirkuit Mandalika Terpilih Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2022

Detail Sirkuit Mandalika

Detail Sirkuit Mandalika
info gambar

Untuk bisa terpilih menjadi salah satu tuan rumah MotoGP, pastinya ada persiapan secara matang yang harus dilakukan baik dari segi infrastruktur hingga fasilitas yang bahkan sudah seharusnya dirancang sejak Sirkuit Mandalika dibangun.

Terlebih dahulu bicara mengenai infrastruktur dari segi bagian utama yaitu pusat sirkuit balap, berikut detail Sirkuit Mandalika yang dilansir dari laman resmi The Mandalika GP:

  • Panjang trek 4,31 kilometer.
  • 17 tikungan.
  • Paddock area street circuit yang sanggup menaungi sebanyak 40 garasi.
  • Kapasitas grand stand seating mencapai lebih dari 50 ribu tempat duduk.
  • Non-seated area (tribune berdiri) dengan kapasitas tampung 138 ribu penonton.
  • Area tonton hospitality suites yang mampu menampung sebanyak 7.700 penonton.

Masih berdasarkan sumber yang sama, dijelaskan bahwa ketika sedang tidak ada balapan fasilitas-fasilitas tersebut termasuk sirkuitnya akan berubah fungsi menjadi jalan raya biasa. Sehingga paddock, grand stand seating, non-seated area, dan hospitality suites bersifat sementara.

Di lain sisi jika bicara mengenai fasilitas penunjang terutama dari segi akomodasi, pengelola Mandalika bersama dengan berbagai pihak yang berhubungan juga sudah mempersiapkan fasilitas terbaik.

Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu berupa pembangunan sebanyak 752 homestay di desa-desa sekitar lokasi sirkuit, guna menampung para penonton yang diperkirakan sudah dapat menyaksikan gelaran tersebut sehubungan dengan situasi pandemi yang sudah dapat disesuaikan.

Bahkan menurut laman Racing Circuits Info, ada sebanyak 11 hotel dengan sekitar 1.900 kamar yang akan menjadi pilihan penginapan di sekitar kawasan sirkuit Mandalika. Bukan hanya itu, Bandara Internasional Lombok kabarnya juga akan mendapat sejumlah pembenahan demi menyambut potensi wisata dan kunjungan yang akan dilakukan oleh berbagai penonton serta turis yang berasal baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kami akan terus berbenah diri sejak tahun pertama hingga sepuluh tahun ke depan, sehingga Mandalika Circuit ini akan menjadi sirkuit yang menghadirkan balapan kelas dunia yang membanggakan.” pungkas Happy.

Keunggulan Aspal Terbaik yang Digunakan Pada Lintasan Sirkuit Internasional Mandalika

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini