Serba-Serbi Sirkuit Mandalika, Tuan Rumah MotoGP Indonesia

Serba-Serbi Sirkuit Mandalika, Tuan Rumah MotoGP Indonesia

Proyek Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB © MotoGP

  • Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, resmi ditunjuk menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia 2021.
  • Pembangunannya akan dimulai pada Oktober 2019, dengan dana investasi yang diserap secara bertahap.
  • Mandalika dipilih karena kawasan ini terkenal dengan pesona keindahan alamnya.

Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah salah satu seri MotoGP musim 2021. Dengan kontrak kerja sama selama tiga tahun, ajang adu cepat kuda besi seantero jagat ini akan bertempat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk bersiap menyambut gelaran olahraga balap ini, Sirkuit Mandalika akan segera bersolek. Dimulai dari pembangunan badan jalan yang dimulai pada Oktober 2019, dan diperkirakan membutuhkan waktu 6-9 bulan. Dengan demikian, badan jalan diprediksi bakal rampung pada semester kedua tahun 2020.

Pembangunan akan dilakukan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia untuk tahap awal, yakni dasar jalannya saja. Selebihnya akan ditangani oleh Vinci Construction Grand Projects, perusahaan asal Prancis yang juga menangani proyek-proyek besar di Eropa seperti pembangunan jalan tol Moskow-St.Petersburg di Rusia, terowongan di Terminal 5 Bandara Heathrow Inggris, dan pembangunan terowongan bawah laut di Amsterdam, Belanda.

Usai badan jalan selesai dibangun, selanjutnya adalah melakukan uji kelayakan. Rencananya tahap ini akan dilaksanakan pada akhir tahun 2020, yang dari hasil tersebut akan diputuskan apakah Sirkuit Mandalika akan ikut race bulan Maret atau Oktober 2021. Untuk pendanaan, ada kerja sama dengan Asia Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Mengenai spesifikasi Sirkuit Mandalika, panjang lintasan bertipe jalan raya sejauh 4,32 Km dan memiliki 18 tikungan. Sirkuit ini dibangun di lahan seluas 160 hektare, dengan dana investasi bertahap. Dari total dana Rp 4,54 triliun yang dikucurkan, Rp 3,6 triliun akan habis terserap di tiga tahun pertama atau sampai 2021.

Mandalika dan potensi wisata

Terpilihnya Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP Indonesia bukan tanpa alasan. Daerah ini dipilih lantaran memiliki pesona menawan berupa panorama indah Samudra Hindia di sekitar sirkuit, adanya solar cell farm, lapangan golf, area komersil dan perkotaan.

Dengan digelarnya MotoGP seri Mandalika, diperkirakan kunjungan wisatawan akan meningkat sekitar 100-150 ribu per harinya. Sebuah kabar baik untuk Mandalika yang sejak tahun 2017 ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata, dengan 7 spot wisata alam yang mempesona.


Sumber: detikSport, Vinci Construction Projects, TEMPO, TribunBali

Pilih BanggaBangga82%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi1%
Pilih TerpukauTerpukau8%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Boso Walikan Malang dan Sejarah Panjang Para Pejuang Sebelummnya

Boso Walikan Malang dan Sejarah Panjang Para Pejuang

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.