Sirkuit Mandalika Terpilih Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2022

Sirkuit Mandalika Terpilih Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2022
info gambar utama

Kabar gembira datang dari sirkuit terbaru kebanggaan masyarakat Indonesia. Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan jadi lokasi tes pramusim ajang MotoGP 2022.

Nantinya, tes pramusim MotoGP 2022 akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022. Sebelumnya, para pembalap MotoGP akan terlebih dahulu melakukan tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari. Menurut laporan dari MotoGP, tanggal tersebut merupakan jadwal sementara yang dirancang Dorna Sport selaku promotor, dan masih ada kemungkinan mengalami perubahan tergantung kondisi.

Diikuti para pembalap MotoGP

Tes pramusim ini akan meliputi shakedown test yang diikuti para test rider, para debutan, dan para pembalap reguler dari pabrikan berkonsesi. Meski hanya tes pramusim, tetapi hal tersebut bisa membuktikan bahwa Sirkuit Mandalika siap menggelar ajang MotoGP.

Chief Strategic and Communication MGPA (Mandalika Grand Prix Association), Happy Harinto, mengatakan bahwa masuknya Sirkuit Mandalika ke dalam kalender pramusim MotoGP 2022 merupakan hal positif.

"Pertama-tama kami merasa ini sesuatu hal yang membanggakan bagi Indonesia dan sebuah kehormatan bagi kita Mandalika dijadikan sirkuit untuk bisa melakukan uji coba atau tes pramusim MotoGP 2022," kata Happy kepada Detikcom.

Valentino Rossi Tak Sabar Ingin Jajal Sirkuit Mandalika

Dalam tes pramusim nanti akan digunakan sebaik mungkin oleh para tim dan pembalap untuk menguji motornya di lintasan. Sedangkan untuk penyelenggara, ajang ini dapat dijadikan momen untuk mempersiapkan diri serta melakukan pemanasan sebelum acara utama digelar.

Kata Happy, pramusim menjadi tes yang sangat penting dalam memulai musim balap, di mana semua teknologi akan tumpah ruah di Sirkuit Mandalika. Nantinya, semua pabrikan sepeda motor, teknisi tes, partner yang mendukung acara MotoGP, dan para pembalap MotoGP pun akan hadir.

Lebih lanjut, Happy mengatakan bahwa ajang ini merupakan embrio otomotif Indonesia untuk bisa tampil gagah di mata dunia. Indonesia pun harus bisa memetik manfaat dari apa yang sudah dilakukan industri otomotif dari negara lain. Dengan menjadi tuan rumah kali ajang balap kelas dunia, diharapkan masa depan otomotif Tanah Air jadi semakin cemerlang dan bisa berpengaruh baik untuk industri pariwisata.

Keunggulan Aspal Terbaik yang Digunakan Pada Lintasan Sirkuit Internasional Mandalika

Kehormatan bagi Indonesia

Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengatakan tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika ini merupakan suatu kehormatan.

Indonesia mendapatkan kesempatan untuk para pembalap MotoGP dari seluruh dunia untuk melakukan uji coba di street circuit MotoGP berstandar FIM pertama di dunia. FIM merupakan Fédération Internationale de Motocyclisme atau Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional, organisasi internasional di bidang olahraga sepeda motor.

Bambang menuturkan bahwa tes pramusim ini jadi agenda penting bagi Sirkuit Mandalika, karena para pembalap dapat menguji ketangguhan mesin motornya di sirkuit yang diklaim “super safety” ini.

"Test pramusim di MotoGP di Sirkuit Mandalika adalah kepercayaan yang luar biasa bagi Indonesia. Karena, tidak semua negara bisa dipercaya sebagai lokasi tes pramusim. Berbagai hal akan diuji oleh tim balap yang hadir. Mulai dari fisik pembalap, motor hingga perlengkapan balap lainnya," tambahnya.

Bukit Pink, Jadikan Mandalika Sebagai Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

Persiapan menyambut tes pramusim

Menyambut tes pramusim tahun depan, pembangunan sejumlah sarana infrastruktur di Sirkuit Mandalika terus dikejar. Pelatihan untuk petugas dan relawan pun masih dilakukan demi semua memenuhi standar yang ditetapkan pihak FIM.

Ada beberapa sektor lain yang tengah dipersiapkan MGPA, yaitu management traffic yang direncanakan sebaik mungkin demi kelancaran tes pramusim dan perlombaan MotoGP nantinya.

Menurut penjelasan Happy, saat ini management traffic sedang disiapkan dan bekerja sama dengan Kemenhub, Pemda, dan ITDC. Mereka juga terus memantau arus keluar-masuk barang dan imigrasi karena akan kedatangan kru dari WSBK (World Superbike) atau MotoGP ke Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini