Valentino Rossi Tak Sabar Ingin Jajal Sirkuit Mandalika

Valentino Rossi Tak Sabar Ingin Jajal Sirkuit Mandalika
info gambar utama

Kawan GNFI pencinta olahraga balap MotoGP, resmi sudah diumumkan bahwa pebalap gaek Valentino Rossi akan berlaga di MotoGP tahun depan.

Dan, satu hal yang membuat The Doctor--julukan Valentino Rossi--cukup antusias untuk menjalani musim balap 2021 adalah tak sabar untuk menjajal sirkuit MotoGP di Mandalika (IndonesianGP) yang dijadwalkan bakal berlangsung Oktober 2021.

Sirkuit yang berlokasi di pinggir pantai Pulau Lombok, NTB, itu sudah dipastikan menjadi salah satu tuan rumah dalam rangkaian MotoGP musim depan. Pihak penyelenggara MotoGP (Dorna Sport) juga telah memasukkan MotoGP Indonesia dalam kalender musim 2021 yang berlangsung setelah MotoGP Thailand dan sebelum MotoGP Argentina. Bahkan jadwal penjualan tiket pun telah terlampir di laman resmi MotoGP.

Dalam sebuah sesi konferensi pers yang digelar tim Monster Energy Yamaha, Sabtu (26/9/2020), di Sirkuit Cataluna, Barcelona, Valentino Rossi mengaku antusias karena kagum dengan euforia MotoGP di Indonesia.

Pembalap veteran asal Italia itu bercerita bahwa dirinya pernah membalap di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada 1997. Kala itu, Velentino Rossi yang tampil di kelas 125 cc, berhasil menjuarai balapan.

''Saya pernah balapan di Indonesia, di Sentul seingat saya. Waktu itu saya tampil dengan motor 125 cc dan menjadi juara. Saya pikir pada 1997,'' ceritanya dalam video yang diunggah akun Instagram resmi MotoGP.

''Saya pernah ke Indonesia dalam banyak kesempatan setelah itu. Karena kami punya beberapa agenda bersama Yamaha. Dan itu sangat mengagumkan. Orang Indonesia juga memiliki antusiasme yang tinggi terhadap MotoGP,'' sambungnya.

Terkait Sirkuit Mandalika, Valentino Rossi menyatakan kesiapannya untuk berlaga di seri MotoGP Indonesia. Ia menilai, proyek Sirkuit MotoGP Mandalika merupakah sebuah proyek baru yang akan sangat menyenangkan.

''Jadi saya akan sangat senang berada di sana (Mandalika), ya itu akan menyenangkan," tandasnya lagi.

Valentino Rossi juga mengaku terus mengikuti perkembangan pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, bahkan ia menyebut sirkuit itu adalah sirkuit yang sangat indah dan menarik.

''Saya sudah melihat beberapa gambar (Sirkuit Mandalika), dekat dengan laut. Itu adalah proyek yang baru. Trek menarik jadi saya berharap bisa datang ke sana,'' kata pemilik tim Sky Racing VR|46 di Moto2 dan Moto3 itu.

Tentunya, Velentino Rossi bakal bertarung di Sirkuit Mandalika dengan seragam tim dan motor baru. Pasalnya, ia baru saja menandatangani kepindahannya dari tim Monster Energy Yamaha ke tim satelit, Petronas Yamaha SRT. Rossi bakal membela tim asal Malaysia itu mulai musim 2021.

Hal itu diklarifikasi pada penandatanganan nota kesepakatan antara tim Petronas Yamaha SRT (Sepang Interntional Circuit Team), Yamaha Racing Team, dan The Doctor akhir pekan lalu.

Rossi sangat menyukai Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum jika Valentino Rossi memang sangat menyukai Indonesia, dan tak hanya sekali dua kali The Doctor datang ke Indonesia secara mandiri untuk kebutuhan wisata.

Tak dimungkiri memang jika pebalap 41 tahun ini sangat menyukai alam Indonesia. Sebut saja beberapa daerah Indonesia yang telah dikunjungi Velentino Rossi, seperti Lombok dan Labuan Bajo (Flores).

Valentino Rossi juga belajar banyak tentang bahasa Indonesia dan menjadi salah satu bahasa yang disukainya. Ia juga merasa betah jika berada di Indonesia karena kerap diperlakukan seperti di rumah sendiri.

Ia bahkan menyebut bahwa Indonesia memiliki iklim yang ideal dan baik sebagai penutup ajang MotoGP tiap tahunnya.

Dalam wawancara dengan media Paddock-GP akhir tahun lalu, Rossi mengatakan bahwa GP Valencia bukanlah tempat yang cocok digunakan sebagai seri penutup musim MotoGP.

Alasan Valentino Rossi tentu berdasar. Penyelenggaraan MotoGP Valencia di bulan November sering terjadi masalah cuaca. Pada November, cuaca di wilayah Eropa baginya kurang bagus untuk penyelenggaraan balapan.

Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika

Saat ini, pembangunan Sirkuit Mandalika masih terus berjalan intens meski di tengah pandemi Covid-19. Tahapannya sudah masuk dalan proses pengaspalan, tepatnya uji coba lapisan sub-grade.

Menukil KompasTV, lapisan sub-grade adalah lapisan pengerasan berbutir alias pondasi sebelum tiga lapisan di atasnya.Uji coba ini bertujuan untuk menentukan parameter dalam pelaksanaan pengerjaan lapisan sub-grade.

Pembangunan Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan itu diperkirakan akan selesai pada pertengahan tahun depan. Tetunya jika tak ada masalah, kawan.

Secara umum, ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika akan digelar pada 10 tahun ke depan, yang dimulai pada 2021. Dorna Sports selaku promotor MotoGP telah memperpanjang kontrak, dari 5 tahun penyelenggaraan menjadi 10 tahun penyelenggaraan.

Hal itu tentu saja terkait dengan euforia penggemar MotoGP di Indonesia yang dinilai Dorna sebagai penggemar fanatik MotoGP terbesar di dunia, lain itu Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, menilai Sirkuit Mandalika adalah sirkuit MotoGP terindah di dunia.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini