Mengapa Valentino Rossi Sangat Menyukai Indonesia?

Mengapa Valentino Rossi Sangat Menyukai Indonesia?
info gambar utama

Kawan GNFI, jika berbicara soal MotoGP tentunya tak ada yang tak mengenal Valentino Rossi. Legenda hidup olahraga motorsport yang kini menjadi pembalap tertua di ajang MotoGP 2020.

Menurut majalah olahraga terbitan Amerika, Sports Ilustrated, Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di dunia.

Putra dari mantan pembalap GP 250 cc, Graziano Rossi, dan Stefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya.

Totalnya, pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, yakni;

  • Kelas 125 cc tahun 1997
  • kelas 250 cc tahun 1999
  • Kelas GP 500 tahun 2001
  • Kelas MotoGP tahun 2002
  • Kelas MotoGP tahun 2003
  • Kelas MotoGP tahun 2004
  • Kelas MotoGP tahun 2005
  • Kelas MotoGP tahun 2008
  • Kelas MotoGP tahun 2009

Lain itu, Rossi juga menyukai beberapa olahraga lain, semisal trail dan rally.

Selain menjadi pebalap di kelas para raja, Rossi memiliki tim balap di kelas Moto3 dan Moto2, dengan pebalap-pebalap asuhannya di VR|46 Academy. Lain itu, ia juga yang mengasuh pebalap Indonesia, Galang Hendra, untuk bertarung di WSBK 600.

Rossi memang sudah identik dengan MotoGP, hingga jargon-jargon seperti ''No Rossi, No Party'' sering terdengar saat gelaran MotoGP dilangsungkan.

Menyukai alam Indonesia dan merasa di rumah sendiri

Bicara soal kesukaan Rossi dengan Indonesia, ternyata tak sekali dua kali The Doctor—sapaan akrabnya—datang ke Indonesia secara mandiri untuk kebutuhan wisata.

Tak dimungkiri memang jika pebalap 41 tahun ini sangat menyukai alam Indonesia. Sebut saja beberapa daerah Indonesia yang telah dikunjungi Rossi, seperti Lombok dan Labuan Bajo (Flores).

Rossi juga belajar banyak tentang bahasa Indonesia dan menjadi salah satu bahasa yang disukainya. Ia juga merasa betah jika berada di Indonesia karena kerap diperlakukan seperti di rumah sendiri.

Rossi bahkan menyebut bahwa Indonesia memiliki iklim yang ideal dan baik sebagai penutup ajang MotoGP tiap tahunnya.

Dalam wawancara dengan media Paddock-GP akhir tahun lalu, Rossi mengatakan bahwa GP Valencia bukanlah tempat yang cocok digunakan sebagai seri penutup MotoGP setiap tahunnya.

Alasan Rossi tentu berdasar. Penyelenggaraan MotoGP Valencia di bulan November sering terjadi masalah cuaca. Pada November, cuaca di wilayah Eropa baginya kurang bagus untuk penyelenggaraan balapan.

''Bagiku, datang ke Valencia pada pertengahan November untuk GP bukan ide yang bagus,'' ungkapnya.

Rossi pun merujuk beberapa negara yang ideal sebagai seri penutup setelah balapan Malaysian GP, salah satunya adalah Indonesia karena dinilainya memiliki cuaca ideal dan lebih hangat.

Rossi menggangap hingga saat ini animo ketertarikan masyarakat di Indonesia cukup tinggi. Dengan ditambah penyelengaraan MotoGP yang rencananya digelar pada Oktober 2021 akan membuat potensi pasar juga meningkat.

Indonesia jadi negara penggemar MotoGP terbanyak di Dunia

Selain ideal sebagai negara penutup ajang MotoGP, Indonesia juga dikenal sebagai penyumbang terbesar jumlah penonton MotoGP di dunia.

Bahkan pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez mengaku bahwa ia lebih terkenal di Indonesia ketimbang di negara asalnya.

Ada banyak pembalap yang berkunjung ke Indonesia untuk urusan promosi pabrikan dan sponsor mereka, kebanyakan merasa kaget dan terharu atas keramahan penggemar di Indonesia.

Semua pembalap yang datang ke Indonesia merasa heran dengan dukungan para penggemar yang boleh dibilang fanatik. Rossi pun merasakan hal yang sama, bahkan dirinya mereka merasa seperti arti dunia papan atas jika sudah berada di Indonesia.

Lantas, kota-kota mana saja sebagai penyumbang penggemar MotoGP di Dunia. Berikut data yang disarikan dari Google Trend.

1. Makassar
Kota Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi.

2. Medan
Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, serta kota terbesar di Sumatera.

3. Bologna
Bologna adalah ibu kota Regione Emilia-Romagna yang terletak di bagian tengah Italia. Penduduknya berjumlah 367.000 jiwa

4. Surabaya
Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia, sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

5. Florence
Florence atau Firenze adalah ibu kota provinsi Firenze, regione Toscana, Italia Tengah. Dibelah oleh Sungai Arno, di kaki perbukitan Apennine, kota ini berpopulasi 400.000 jiwa.

6. Milan
Milan adalah kota utama di sebelah utara Italia, dan terletak di hamparan Lombardia, wilayah paling maju di Italia.

7. Palembang
Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.

8. Jakarta
Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa.

9. Turin
Torino adalah sebuah kota perindustrian, termasuk pusat bisnis dan kebudayaan di bagian barat laut Italia, ibu kota region Piemonte dan terletak pada tepi barat Sungai Po.

10. Bandung
Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut.

Rossi juga magnet industri fesyen di Indonesia

Sosok Rossi juga menjadi inspirasi bagi para pelaku ekonomi di Indonesia, khususnya dalam bidang apparel, fesyen, dan helm.

Jaket motor, kaos, sweater, dan helm dengan kelir khas Rossi, tentunya tak terhitung yang digunakan oleh penggemar Rossi di negeri ini.

Mereka mengenakannya tak hanya saat nonton balapan, tapi juga dalam kesehariannya. Sepertinya, berapa pun harga yang dibanderol, jika sudah menyangkut apparel khas Valentino Rossi, maka berbondong orang membelinya.

Atas euforia yang semakin tinggi itulah kemudian divisi khusus merchandise orisinal VR|46 sudah ada di Indonesia yang bisa di dapatkan melalui kepanjangan tangan Yamaha Indonesia.

Singkatnya, jika kawan GNFI ingin mendapatkan merchandise asli Valentino Rossi, bisa mengunjungi gerai-gerai motor Yamaha yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dan bagi kawan GNFI penggemar Rossi, tentunya tak ada yang lupa dengan video ini.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini