5 Tim dengan Skuad Termahal di Piala AFF 2020, Indonesia Urutan Berapa?

5 Tim dengan Skuad Termahal di Piala AFF 2020, Indonesia Urutan Berapa?
info gambar utama

Piala AFF 2020 yang kini tengah berlangsung sudah memasuki babak semifinal. Adu gengsi dan tensi yang tinggi nyatanya mampu memikat perhatian pecinta sepak bola di Asia Tenggara. Meski statusnya setara laga uji coba di agenda FIFA, namun bagi negara Asia Tenggara ajang dua tahunan ini begitu prestisius.

Sejatinya Piala AFF 2020 ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang belum surut membuat federasi sepak bola Asia Tenggara, AFF, menundanya ke tahun ini.

Sejumlah pemain tim nasional (timnas) di Piala AFF 2020 tercatat memiliki market value (nilai pasar) yang cukup besar. Di ajang dua tahunan ini, ada sisi yang menarik untuk dibahas yakni "skuad termahal".

Setiap tim memiliki skuad yang terdiri dari pemain terbaik dari negara tersebut. Para pemain tersebut memiliki market value masing-masing di klub mereka. Market value seolah merepresentasikan kualitas pemain dan tim meskipun bukan satu-satunya acuan untuk menentukan kualitas tersebut.

Dilansir dari Transfermarkt.com, berikut 5 tim dengan skuad termahal di Piala AFF 2020.

Ikon-ikon Negara Peserta Piala AFF 2020

1. Thailand

Skuad paling bernilai ditempati oleh Timnas Thailand, 'The War Elepanth' diketahui memiliki skuad seharga Rp172 miliar. Besarnya angka ini tidak lepas dari banyaknya pemain Thailand yang berkarier di luar negeri, beberapa di antaranya bermain di Liga Eropa.

Sebut saja Thanawat Suengchitthawon yang bermain di Leicester City mempunyai nilai pasar Rp5 miliar lebih. Serta Kawin Thamsatchanan yang membela klub Liga Belgia, OH Leuven, mempunyai nilai pasar Rp4 miliar.

Dengan skuad yang mewah, Thailand akhirnya mampu lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status Juara Grup A dengan menyapu bersih kemenangan di fase grup.

2. Malaysia

Mantan jawara Piala AFF 2010 ini juga dihuni oleh pemain dengan nilai pasar cukup tinggi di kawasan Asia Tenggara. Jika dihitung, total skuad Timnas Malaysia mencapai Rp106 miliar.

Nama Dion Johan Cools menjadi penyumbang terbesar di mana nilai pasarnya mencapai Rp26 miliar. Hal itu juga tidak lepas karier Dion yang bermain di Eropa, memperkuat FC Midtjylland klub ternama Denmark.

Meskipun memiliki nilai skuad yang mahal, namun kiprah Malaysia di Piala AFF 2020 harus terhenti di fase grup setelah hanya finish di peringkat ke-3 grup B. Catatan tersebut seolah memberikan bukti bahwa skuad mahal tidak menjamin kualitas tim yang padu.

3. Vietnam

Selanjutnya diisi tim terkuat (secara ranking FIFA) di Asia Tenggara, yakni Timnas Vietnam. Meskipun para pemainnya hanya berakrier di liga domestik, namun nilai pasar pemain Vietnam diakumulasikan mencapai Rp79 miliar.

Tercatat ada tiga pemain yang menyandang status termahal di timnas Vietnam. Mereka adalah Nguyen Quang Hai, Nguyen Van Toan, dan Nguyen Tien Linh yang memiliki nilai pasar serupa, Rp4,8 miliar.

Sama seperti Thailand, Vietnam juga lolos ke semifinal Piala AFF 2020 meskipun hanya berstatus runner-up grup B. Dengan skuad saat ini, timnas Vietnam menjadi yang paling ditakuti dan dijagokan untuk merengkuh gelar juara Piala AFF 2020.

Runner-Up Piala AFF, Tapi Peringkat FIFA Indonesia Melesat Paling Jauh

4. Indonesia

Sebagai negara yang memiliki kiprah besar dalam sejarah perkembangan sepak bola Asia Tenggara, Inodnesia juga masuk daftar dengan menempati peringkat ke-4. Skuad Garuda yang tampil di Piala AFF 2020 memiliki nilai pasar Rp71 miliar.

Tentu banyak yang mengira, Egy Maulana Vikri (FK Senica) yang memiliki harga pasar tertinggi di skuad Timnas Indonesia. Namun, Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners) tercatat sebagai pemain termahal di skuad Timnas Indonesia dengan banderol 350 ribu euro atau sekitar Rp5,68 miliar.

Meskipun hanya menempati peringkat ke-4 sebagai tim termahal, namun anak asuhan Shin Tae-Yong berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020 dengan status jawara grup B.

5. Filipina

Terakhir ada Timnas Filipina yang menempati urutan kelima sebagai negara yang punya pemain termahal di pasar untuk Piala AFF 2020. Diketahui, 'The Azkalz' julukan mereka memiliki nilai pasar skuad sebesar Rp54 miliar.

Bienvenido Maranon dan Jefferson David Tabinas menjadi dua pemain dari skuad asuhan Scott Cooper yang memiliki nilai pasar paling mahal di Filipina, yaitu mencapai Rp6 miliar.

Sayangnya, pada ajang Piala AFF tahun ini Filipina gagal melaju ke babak semifinal setelah hanya menempati peringkat ke-3 di grup A.

Mengenal Sosok Penentu Kemenangan Indonesia VS Singapura di Piala AFF

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini