Karateka Indonesia Berjaya, 11 Medali Diraih dari Kejuaraan Karate Asia 2021

Karateka Indonesia Berjaya, 11 Medali Diraih dari Kejuaraan Karate Asia 2021
info gambar utama

Perolehan koleksi medali yang dimiliki Indonesia di tahun 2021 kembali bertambah, kali ini prestasi datang dari cabang olahraga seni bela diri karate lewat Kejuaraan Karate Asia atau Asian Karate Championships 2021.

Berlangsung di Almaty, Kazakhstan yang acara puncaknya terselenggara pada tanggal 20-22 Desember kemarin, tim karate Indonesia yang berada di bawah naungan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) berhasil membawa pulang sebanyak 11 medali yang terdiri dari dua medali emas, lima medali perak, dan empat medali perunggu.

Mengutip rilis dari PB FORKI yang dimuat oleh Antara, disebutkan bahwa medali tersebut merupakan total dari masing-masing turnamen dari tiap kategori berbeda yakni level senior, junior, dan U-21.

Pada saat bertolak ke Kazakhtan, diketahui total kontingen Indonesia yang berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut melibatkan sebanyak 49 orang termasuk jajaran ofisial, di mana 38 kontingen di dalamnya terdiri dari 28 karateka senior dan 10 karateka junior.

Selain perolehan medali, peningkatan apa yang diraih dari pencapaian tim karate Indonesia lewat kejuaraan ini?

Atlet Karate Indonesia Raih 3 Medali di Ceko

Raih peringkat ke-8 klasemen Asia

Karateka
info gambar

Sekilas informasi, Asian Karate Championships sendiri merupakan ajang kejuaraan karate tahunan di kawasan Asia yang berada di bawah naungan Asian Karate Federation (AKF), dan telah berlangsung sejak tahun 1992 dan 1993.

Mengapa memiliki awal mula dua tahun yang berbeda? Karena pada dasarnya Asian Karate Championships sendiri terdiri dari Asian Senior Karate Championships yang sudah dimulai sejak tahun 1992, dan Asian Cadet, Junior & U-21 Karate Championships yang baru dimulai satu tahun setelahnya.

Sempat memiliki rentan waktu penyelenggaraan yang berbeda, namun sejak tahun 2017 keduanya sama-sama digelar setiap satu tahun sekali, sebelum pada akhirnya harus absen di tahun 2020 akibat datangnya pandemi.

Baru kembali terlaksana di tahun 2021, pelaksanaan kedua kejuaraan karate tersebut akhirnya dilangsungkan secara bersamaan di Kazakhstan, Asia Tengah.

Bicara soal pencapaian yang dimiliki pada penyelenggaraan di tahun 2021 ini, disebutkan bahwa tim Indonesia mengalami prestasi yang meningkat dibanding keikutsertaan sebelumnya yakni di tahun 2019.

Pada tahun 2019, Indonesia tercatat hanya berhasil meraih tiga medali perak dan sembilan medali perunggu tanpa perolehan medali emas. Namun di tahun 2021 ini, perolehan tersebut meningkat seperti yang telah disebutkan di atas, dan berhasil membuat tim karate tanah air menduduki peringkat ke-delapan klasemen akhir.

Borong 37 Medali, Indonesia Raih Posisi ke-4 Klasemen Asian Youth Para Games 2021

Daftar peraih medali, modal untuk menghadapi SEA Games 2022

Tim karateka Indonesia
info gambar

Bicara soal target, lagi-lagi partisipasi Indonesia dalam kejuaraan olahraga bertaraf internasional kali ini berhasil melampaui target yang telah ditetapkan, di mana pada awalnya disebut hanya menyasar satu perolehan medali emas.

“Kami sangat bersyukur dengan prestasi yang telah diraih karateka Indonesia di AKF Championship kali ini. Bahkan, prestasi ini bisa dibilang mengalami peningkatan dan jauh lebih baik dibanding sebelumnya,” ujar Harmen Saputra, yang berperan sebagai Manajer tim Indonesia pada Asian Cadet, Junior & U21 Karate Championship 2021.

Lebih detail, berikut daftar jajaran nama karateka beserta perolehan medali pada masing-masing kategori yang diikuti:

Medali emas:

  1. Muhammad Akio Zaiko – Kadet Kata Putra
  2. Hazel Ramadhan – Junior Kata Putra

Medali perak:

  1. Almahyra Tiara Sandi – Kadet Kumete Putri +54kg
  2. Andhika Holio Pratama Beckham – Junior Kumite Putra -68kg
  3. Krista Putri Aprilia – Senior Kata Putri
  4. Ahmad Zigi Zaresta Yuda – Senior Kata Putra
  5. Beregu Senior Kata Putri

Medali perunggu:

  1. Nadlima Layla – Kadet Kata Putri
  2. Cok Istri Agung Sanistyarani – Senior Kumite Putri -55kg
  3. Ari Saputra – Senior Kumite Male -55kg
  4. Beregu Senior Kata Putra

Melihat pencapaian ini, pihak PB FORKI mengakui bahwa prestasi yang diraih oleh para karateka (atlet karate) akan dijadikan sebagai bekal sekaligus pertimbangan untuk membentuk squad karate yang akan mewakili Indonesia di dua kejuaraan olahraga selanjutnya, yakni SEA Games 2022 yang rencananya akan berlangsung di Hanoi, Vietnam, dan Asian Games di Hangzhou, China.

Bukan hanya dari turnamen kali ini, persiapan squad karateka SEA Games juga akan mempertimbangkan catatan prestasi dari sejumlah kejuaraan lainnya baik yang terselenggara secara nasional maupun internasional.

Hal tersebut ditegaskan oleh Darly Siregar, selaku Kepala Delegasi Tim Karate Indonesia untuk Kejuaraan Karate Asia 2021.

“Kami akan mengevaluasi dari hasil-hasil kejuaraan, termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, PB FORKI akan melihat perkembangan prestasi atlet melalui ajang-ajang tersebut, juga Kejuaraan Nasional,” pungkasnya.

Klasemen Akhir Perolehan Medali PON XX Papua 2021

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini