Pantai dan Terumbu Karang Jadi Daya Tarik Unggulan Desa Pemuteran di Bali

Pantai dan Terumbu Karang Jadi Daya Tarik Unggulan Desa Pemuteran di Bali
info gambar utama

Namanya mungkin belum seterkenal Desa Penglipuran atau Tenganan Pegringsingan, tetapi Desa Wisata Pemuteran juga tak kalah menarik untuk jadi salah satu destinasi liburan di Bali. Pemuteran berada di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Lokasi desa wisata ini berada di tepi pantai dan berjarak sekitar 15 kilometer dari kawasan Taman Nasional Bali Barat atau 134 kilometer dari Bandara International Ngurah Rai. Memang terbilang jauh dari pusat keramaian Bali, tetapi tak perlu khawatir untuk mengunjungi desa tersebut karena fasilitasnya pun sudah memadai, termasuk ada tempat makan dan penginapan.

Desa Pemuteran memiliki daya tarik berupa panorama alam yang indah. Bila datang pada musim hujan, Anda bisa melihat suasana pegunungan yang hijau dan asri. Namun, suasana pedesaan pada musim kemarau yang serba tandus pun tak kalah cantik. Kegiatan berwisata yang bisa dilakukan di desa ini sangat beragam, mulai dari jalan-jalan, menikmati pemandangan pegunungan, trekking, bermain di pantai, hingga menyelam.

Desa Pemuteran merupakan destinasi wisata yang cocok untuk wisawatan yang ingin merasakan suasana liburan di pantai dan gunung. Pun, bisa jadi alternatif untuk liburan dengan tenang dan jauh dari keramaian di Bali.

Kegiatan Ekowisata di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Aktivitas wisata di Desa Pemuteran

Untuk yang suka jalan-jalan, bisa mengunjungi Bukit Kursi Pemuteran yang asri. Tak sulit mendaki ke puncaknya karena sudah disediakan anak tangga dengan pagar penjaga. Dari atas bukit, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan Pantai Pemuteran dan Pura Bukit Kursi yang terletak di puncak bukit.

Dari atas bukit, Anda bisa kembali turun dan menikmati suasana Pantai Pemuteran yang tenang dan sepi, serasa di pantai pribadi. Di pantai, wisawatan bisa bersantai, berjemur, bermain voli pantai, atau berenang.

Selain itu juga bisa mengunjungi kawasan penangkaran penyu di Reef Seen Diver’s Resort untuk mengetahui berbagai informasi menarik soal penyu. Penangkaran yang dikelola oleh masyarakat lokal dan Kelompok Pelestari Penyu Pemuteran Hijau juga mengajak wisatawan untuk ikut serta dalam kegiatan pelepasan penyu ke laut. Ini tentu akan jadi pengalaman tak terlupakan.

Setelah puas berjalan-jalan, jangan lupa mencicipi berbagai kuliner tradisional Bali yang langsung dimasak oleh masyarakat lokal. Beberapa menu makanan Bali yang wajib dicoba antara lain nasi campur, sate lilit, dan ayam betutu.

Desa Pemuteran juga memiliki acara tahunan yang bernama Pemuteran Bay Festival. Gelaran yang sudah diadakan sejak tahun 2015 ini menampilkan berbagai kesenian dan kebudayaan lokal sekaligus menjadi ajang pelestarian lingkungan. Selama festival berlangsung, akan ada berbagai kegiatan mulai dari lomba seni dan budaya, pameran produk kerajinan lokal, dan parade pantai.

Daftar Hotel Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2022 Versi CNN

Terumbu karang, daya tarik unggulan di Desa Pemuteran

Pantai Pemuteran merupakan salah satu area yang paling diminati wisatawan. Bagaimana tidak, selain karena pemandangan pantainya begitu memanjakan mata, di dalamnya menyimpan berbagai struktur terumbu karang yang unik dan sudah mendapatkan banyak penghargaan skala nasional bahkan internasional.

Desa Pemuteran merupakan salah satu desa wisata berkelanjutan karena berhasil merehabilitasi terumbu karang di wilayah perairannya. Di perairan Pemuteran, terdapat sekitar 140 biorock yang ditenggelamkan untuk merehabilitasi terumbu karang. Desa ini bahkan disebut sebagai pelopor pendiri pecalang atau petugas keamanan tradisional untuk mengamankan lautnya.

Untuk menjelajahi bawah lautnya, wisatawan dapat melakukan snorkeling atau selam permukaan di Taman Laut Menjangan. Kondisi perairannya begitu biru jernih sehingga kehidupan bawah lautnya sungguh jelas dan penuh warna. Selain snorkeling, tentunya Anda juga bisa diving untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luar biasa.

Totalnya ada 30 spot snorkeling dan diving di perairan Pemuteran dan berisi sekitar 80 persen jenis terumbu karang yang ada di dunia. Pesona keajaiban alam bawah lautnya memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Salah satu spot menyelam yang unik disebut Temple Garden. Spot satu ini terkenal memiliki aura misterius tetapi begitu menakjubkan karena di dasar laut terdapat banyak arca-arca yang berdiri kokoh.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini