37 Karya Budaya Jawa Barat dalam Warisan Budaya Tak Benda 2022

37 Karya Budaya Jawa Barat dalam Warisan Budaya Tak Benda 2022
info gambar utama

Indonesia memiliki begitu banyak warisan budaya yang merupakan peninggalan dengan nilai-nilai penting terkair sejarah, ilmu pengetahuian, teknologi, dan kesenian. Dari sekian banyak kebudayaan di Indonesia, ada satu kategori yang disebut Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) atau oleh UNESCO disebut sebagai intangible cultural heritage.

Maksud dari budaya tak benda adalah bersifat tak dapat dipegang seperti konsep dan teknologi dan sifatnya dapat berlalu atau hilang seiring dengan perkembangan zaman. Ada beberapa bidang yang termasuk dalam kategori WBTB yaitu tradisi dan ekspresi lisan, seni pertunjukkan, adat istiadat masyarakat, kemahiran tradisional, pengetahuan dan kebiasaan mengenai alam semesta.

Untuk lebih spesifiknya, karya budaya yang masuk WBTB antara lain bahasa, naskah kuno, pantun, cerita rakyat, permainan tradisional, seni musik, seni tari, teater, upacara adat, teknologi tradisional, kerajinan, kuliner, pakaian adat, senjata, hingga arsitektur tradisional.

Mengutip Katadata.co.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencatat sejumlah 1.238 karya buda yang ditetapkan sebagai WBTB nasional. Rinciannya ada 444 karya budaya pada 2013-2016, 150 pada tahun 2017, 225 tahun 2018, 267 tahun 2019, dan 153 karya budaya pada sepanjang tahun 2020.

Daftar tersebut akan terus bertambah dan memperkaya warisan budaya tak benda dari Indonesia. Seperti misalnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan daftar WBTB tahun 2022 ini sebanyak 37 karya budaya. Apa saja karya budaya yang baru ditetapkan?

10 Seni Pertunjukkan Jawa Barat dalam Warisan Budaya Tak Benda

37 Karya budaya Jawa Barat dalam WBTB 2022

Pada Rabu (2/2/2022), Pemprov Jawa Barat mengumumkan penetapan daftar WBTB tahun 2022 dalam pertemuan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat bersama Tim WBTB Jawa Barat.

Menurut penjelasan Plt Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, tahun ini terdapat 37 WBTB yang ditetaplan dan menjadi langkah penting dalam memajukan kebudayaan asli dari Jawa Barat.

“Ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk melindungi kebudayaan yang ada di nasional, tentunya berlaku juga di Jawa Barat. Ini juga salah satu upaya kita dalam pemajuan kebudayaan serta usaha meningkatkan ketahanan budaya yang ada di Jawa Barat,” ujar Benny.

Ia mengutarakan harapannya agar WBTB tersebut bisa memberikan dampak positif, baik dalam hal pengembangan budaya, juga peningkatan perekonomian masyarakat. Benny menjelaskan tentang empat poin yang dilakukan terkait penetapan WBTB yaitu perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan.

Apa saja karya budaya yang ditetapkan sebagai WBTB Jawa Barat tahun 2022? Berikut daftarnya:
1. Adzan Pitu (Cirebon)
2. Bangreng (Sumedang)
3. Batik Garutan (Garut)
4. Batik Sukapura (Tasikmalaya)
5. Bebentengan (Jawa Barat)
6. Bedog Cikeruh (Sumedang)
7. Berokan Dermayu (Indramayu)
8. Bubur Suro (Cirebon)
9. Calung Renteng (Jawa Barat Priangan)
10. Celempung (Jawa Barat)
11. Cigawiran (Garut)
12. Cikeruhan (Sumedang)
13. Degung (Jawa Barat)
14. Dodol Ketan Kasepuhan Banten Kidul (Sukabumi)
15. Doger (Subang)
16. Empal Gentong (Cirebon)
17. Galendo (Ciamis)
18. Genjring Ronyok Tepak Lima (Ciamis)
19. Goong Renteng (Jawa Barat)
20. Grebeg Syawal (Cirebon)
21. Hajat Laut (Pangandaran)
22. Jamasan (Cirebon)
23. Kacapi Suling (Jawa Barat Priangan)
24. Kendang Sunda (Jawa Barat)
25. Ketuk Tilu (Jawa Barat Priangan)
26. Kiliningan (Jawa Barat Priangan)
27. Longser (Jawa Barat Priangan)
28. Merlawu Situs Kabuyutan Gandoang (Ciamis)
29. Moci (Sukabumi)
30. Ngunjal Kasepuhan Banten Kidul (Sukabumi)
31. Maca Babad (Cirebon)
32. Ronggeng Amen (Ciamis)
33. Sawen Kampung Banceuy (Subang)
34. Surak Ibra (Garut)
35. Tari Bedaya Rimbe (Cirebon)
36. Upacara Pamitan (Bandung Barat)
37. Upacara Serepan Patalekan (Bandung Barat)

Daftar tersebut akan menambah kekayaan warisan budaya dari Jawa Barat. Sebelumnya tahun 2021 sudah ada 22 karya budaya yang ditetapkan dan mendapatkan sertifikat WBTB dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Adapun karya budaya Jawa Barat dalam WBTB tahun lalu yaitu angklung bungko, gong si bolong, bangkong reang, gantangan, toleat, rengkong, badeng, angklung dogdog lojor, batik dermayon, payung geulis, arsitektur kampung pulo, tari cepet, merlawu, nyuguh, rasi, jpeng, palakiah palean raga, upacara hajat arwah, angklung gubrag, karinding, carita pantun Nyai Sumur Bandung, dan bordir Tasikmalaya.

Tempe, Super Food Asal Indonesia yang Didaftarkan Sebagai Warisan Budaya UNESCO

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini