Indonesia Negara dengan Alam Terindah di Dunia, Ungguli Swiss Hingga Islandia

Indonesia Negara dengan Alam Terindah di Dunia, Ungguli Swiss Hingga Islandia
info gambar utama

Seluruh masyarakat Indonesia tentu setuju bila kita hidup di negara dengan alam yang amat indah. Dari pantai, laut, gunung, sungai, danau, hingga hutan, semua memiliki pesonanya masing-masing. Ditambah lagi dengan banyaknya pulau yang tersebar membuat keindahan alam yang ada begitu khas dan punya keunikan. Tak heran tempat wisata alam di negeri ini sangat banyak pilihan dan tak usai dibahas.

Tak hanya diakui oleh masyarakatnya saja, keindahan Indonesia juga diakui dunia. Bukan satu dua kali Indonesia mendapatkan penghargaan atau menjadi rekomendasi unggulan untuk wisata alam. Setelah menobatkan Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali, sebagai Pantai Terindah di Dunia tahun lalu, media asal Inggris Money.co.uk, kembali menyebut nama Indonesia dalam daftar negara dengan alam terindah di dunia.

Pada awal Februari 2022, Money.co.uk merilis pernyataan mengenai negara-negara terindah dengan pemandangan alami yang dihitung per 100 ribu kilometer persegi, seperti gunung, gunung berapi, dan terumbu karang. Setiap negara diberikan skor sebagai penanda keindahannya dan Indonesia menerima skor tertinggi dan berhasil mengungguli total 50 negara, termasuk Swedia, Swiss, Rusia, Islandia, Haiti, Bolivia, Yunani, Grenada, Costa Rica, Jepang, Italia, dan Norwegia.

Kampung Tobati, Desa Wisata di Jayapura dengan Keunikan Hutan Perempuan

Negara terindah di dunia

 Pesona bawah laut Indonesia | @Ethan Daniels Shutterstock
info gambar

Situs Money.co.uk memberikan skor kecantikan alami dengan nilai 7,77/10 untuk Indonesia. Per 100 ribu kilometer persegi, Indonesia memiliki keindahan yang luar biasa. Negara ini juga punya lebih dari 17 ribu pulau dan 50 ribu kilometer garis pantai.

Adapun destinasi wisata populer di Indonesia dengan keindahan alam menakjubkan antara lain Bali, hutan tropis di Sumatra, cagar alam orangutan di Kalimantan, dan sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo.

Penulis sekaligus Personal Finance Editor Sal Haqqi mengatakan bahwa di lepas pantai Indonesia, Anda bisa menemukan terumbu karang yang indah dan penuh dengan kehidupan, yang sebagian besar bisa dijelajahi. Ia juga menambahkan bahwa Bali merupakan destinasi wisata paling populer di kalangan wisatawan.

Setelah Indonesia, ada Selandia Baru di peringkat nomor dua dengan skor 7,27/10. Negara ini dijelaskan sebagai rumah bagi perbukitan, puncak gunung termasuk Pegunungan Alpen, dan sejumlah gunung berapi aktif. Selandia Baru juga memiliki jumlah glester yang lebih tinggi, dengan lebih dari 5.000 per 100.000 kilometer persegi dan garis pantai yang panjangnya lebih dari 15.000 kilometer persegi.

Dengan bentang alam yang beragam, Selandia Baru juga populer untuk dijelajahi wisatawan. Apalagi, negara tersebut juga banyak disorot dalam film dan acara TV.

Di posisi ketiga ada Kolombia dengan skor 7,16/10 dengan keindahan berupa garis pantai yang panjang di Pantai Karibia. Bentang alamnya juga bervariasi, dari Pegunungan Andes hingga hutan hujan Amazon dan merupakan rumah bagi 500 ribu kilometer persegi hutan tropis.

Pada peringkat nomor empat sampai sepuluh, ada Tanzania (6,98), Meksiko (6,96), Kenya (6,7), India (6,54), Prancis (6,51), Papua Nugini (6,39), dan Komoro (6,22).

Pulau Tikus dan Enggano, Surganya Wisata Bahari di Bengkulu

Destinasi wisata alam terindah dan terpopuler di Indonesia

Membahas soal destinasi wisata di Indonesia tak akan ada habisnya. Membentang dari Sumatra hingga ke Papua, ada begitu banyak tempat-tempat dengan pemandangan indah.

Di Pulau Jawa, ada Candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia yang menawarkan pengalaman wisata dengan makna religius sekaligus keindahan alam di sekitarnya. Kemudian ada pula Dataran Tinggi Dieng yang terkenal dengan julukan Negeri di Atas Awan serta Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo terkenal berkat pemandangan alam yang luar biasa, terutama di area kaldera saat matahari terbit. Pelancong juga bisa mendaki ke Gunung Semeru yang merupakan puncak tertinggi di Jawa.

Beralih ke Nusa Tenggara Timur untuk menyaksikan satwa komodo secara langsung. Komodo merupakan jenis kadal raksasa yang unik dan hanya ditemukan di Indonesia. Pulau Komodo juga dikelilingi pulau-pulau eksotis seperti Padar dan Rinca yang menyajikan pemandangan berupa perbukitan dan kawasan pantai, salah satunya Pantai Pink yang begitu memesona.

Ada pula Raja Ampat di Papua yang merupakan surga bawah laut dan merupakan rumah bagi lebih dari 530 spesies karang, 700 spesies moluska, dan 1.300 jenis ikan. Terlepas dari spesies biota laut yang beragam, pulau ini memiliki pemandangan menakjubkan, murni, dan eksotis mengingat tempatnya terpencil. Di sana, wisatawan dapat menyelam, mengamati burung, dan bertualang.

Selanjutnya, perjalanan wisata ke Indonesia kurang lengkap tanpa bertualang di alam liar Kalimantan. Wisatawan wajib menjelajahi Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan untuk menyusuri sungai dan melihat kehidupan orangutan dan berbagai primata, burung, dan reptil. Selain itu, bisa juga trekking di hutan untuk melihat satwa-satwa populer seperti macan dahan, kukang, dan beruang madu.

Kemudian ada Tana Toraja di Sulawesi Selatan yang identik dengan kebudayaannya. Di sana, wisatawan dapat melihat arsitektur unik Tongkonan dan berbagai bentuk penghormatan terhadap kematian, yang dapat dilihat dalam bentuk upacara pemakaman hingga kuburan di tebing.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini