Kontribusi Astra Dukung dan Tingkatkan Pendidikan Berkualitas di Indonesia

Kontribusi Astra Dukung dan Tingkatkan Pendidikan Berkualitas di Indonesia
info gambar utama

Hari Pendidikan Nasional sejatinya selalu diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahun. Khusus di tahun ini, momentum tersebut rupanya bertepatan dengan Hari Raya umat Muslim di Indonesia, yakni Idulfitri.

Tak ingin tertinggal dan melewatkan Hari Pendidikan yang istimewa, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), akhirnya menetapkan upacara Hardiknas dan perayaannya dilakukan pada tanggal 13 Mei.

Lain itu, sejumlah instansi pendidikan seperti sekolah di berbagai penjuru wilayah juga tak mau ketinggalan menggelar upacara perayaan Hardiknas, di hari-hari setelahnya pada bulan Mei ini. Menurut Mendikbudristek Nadiem Makarim, kondisi yang terjadi di masa kini tidak menghalangi niat Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan memadai yang dimiliki.

"Kita semua telah membuktikan bahwa pandemi tidak menyurutkan semangat kita untuk meneruskan cita-cita Ki Hajar Dewantara, yaitu kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas," ujarnya, dalam pidato upacara Hardiknas 2022.

Di saat bersamaan, bentuk dukungan dalam meningkatkan kualitas pendidikan terbaik beruntungnya tidak hanya menjadi kewajiban bagi pemerintah. Ada banyak pihak yang memiliki rasa tanggung jawab sama, dan sejak lama telah ikut berperan besar sekaligus berkomitmen mengembangkan kualitas pendidikan di tanah air, salah satunya Astra.

Hari Pendidikan Internasional, Bagaimana Tingkat Pendidikan di Indonesia Saat ini?

65 tahun Astra bersama pendidikan Indonesia

Kotribusi Astra melalui anak yayasan untuk beasiswa pendidikan di Indonesia
info gambar

Tepat mencapai usia 65 tahun pada bulan Februari lalu, dalam perjalanan panjangnya Astra telah berkomitmen untuk memberikan berbagai macam bentuk kontribusi bagi pendidikan Indonesia.

Lebih detail, sepanjang perjalanan itu pula Astra diketahui telah membina sebanyak lebih dari 21.000 sekolah, yang di antaranya merupakan 3.320 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), penyerahan 276.000 paket beasiswa, dan membina 985 unit PAUD hingga akhir tahun 2021.

Ragam bentuk dukungan lain juga datang dari pembangunan fasilitas pengajaran berupa kampus baru Politeknik Astra, di Kawasan Industri Delta Silicon II Cikarang yang memiliki luas 5 hektare. Berada di bawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu, dalam waktu dekat fasilitas pendidikan yang mampu menampung lebih dari 2.000 mahasiswa vokasi tersebut juga diketahui akan segera diresmikan.

Lain itu Astra juga senantiasa berupaya membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui pendekatan teknologi mencakup perangkat hardware, software, dan brainware di berbagai tingkatan pendidikan.

Adapun berbagai upaya tersebut bisa berlangsung dengan baik lewat sejumlah yayasan lain di bawah naungan Astra, seperti Yayasan Toyota-Astra, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Karya Bakti United Tractors, Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim, serta Yayasan Astra Agro Lestari.

65 Tahun Berkarya, Astra Libatkan Masyarakat untuk Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

Perayaan Hardiknas 2022

Astra
info gambar

Tidak ingin terlewat momentum keistimewaan Hardiknas 2022, di tahun ini Astra juga ikut berpartisipasi merayakan Hardiknas secara virtual, dengan kemeriahan bernuansa Jawa dan menggelar berbagai sesi webinar yang berkualitas, yang masuk dalam rangkaian perayaan HUT Astra ke-65.

Sementara itu menurut Direktur Astra Johannes Loman, perayaan ini dilakukan untuk menyebarkan pesan ajakan kepada seluruh masyarakat luas di seluruh pelosok negeri untuk berbagi semangat positif dan optimisme, bergerak dan tumbuh bersama menuju masa depan yang lebih baik.

“Dengan berbagai kegiatan webinar terkait pendidikan dan inovasi, serta kontribusi sosial berkelanjutan yang mendukung pendidikan berkualitas di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mewujudkan tujuan pendidikan berkelanjutan dalam SDGs, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata,” ucapnya.

Adapun berbagai rangkaian acara virtual dalam perayaan Hardiknas 2022 dari Astra juga mencakup tayangan inspiratif yang terdiri dari Sustainability Webinar, InnovNation Webinar, Astra Career Meet Up, Virtual Exhibition, Kreasi Nusantara Wilayah Jawa, sampai Awarding Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2021.

Rangkaian acara tersebut akan berlangsung hingga tanggal 20 Mei 2022, dan dapat diakses melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live.

Semangat Saling Bantu Astra yang Menjangkau Desa-Desa di Pedalaman Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini