Agenda Sport Tourism Paling Ditunggu-Tunggu di Indonesia Sepanjang 2022

Agenda Sport Tourism Paling Ditunggu-Tunggu di Indonesia Sepanjang 2022
info gambar utama

Beberapa tahun terakhir ini kita mengenal beberapa kegiatan olahraga di alam terbuka atau di tempat wisata yang semakin mengetren di kalangan masyarakat, misalnya lomba lari, bersepeda, berenang, selancar, hingga triatlon yang biasa disebut sport tourism.

Istilah sport tourism sendiri merujuk pada kegiatan olahraga yang dikombinasikan dengan mempromosikan wisata di suatu daerah, termasuk kesenian, budaya, kuliner, perhotelan, dan destinasi.

Sebenarnya ada dua tipe sport tourism, yaitu hard sport tourism dan soft sport tourism. Hard sport tourism merupakan kegiatan lomba resmi yang bersifat regular seperti Sea Games, World Cup, Asian games, dan sebagainya. Sedangkan soft sport tourism mengacu pada kegiatan olahraga yang berkaitan dengan tren atau gaya hidup di suatu negara, di mana pesertanya tak melulu atlet, tetapi juga melibatkan masyarakat.

Untuk membangkitkan sport tourism Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendapat tugas untuk membuat festival olahraga berskala nasional hingga internasional sesuai arahan Wakil Presiden H Maaruf Amin dalam rapat terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di Istana Wapres Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Menparekraf menjelaskan bahwa festival olahraga yang dirancang nanti wajib meningkatkan daya tarik wisatawan, menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapangan pekerjaan.

Menurut Sandiaga, wisata olahraga di Indonesia pertumbuhannya diperkirakan dapat mencapai Rp18,790 triliun hingga tahun 2024.

"Kami tidak ingin festival hanya untuk masyarakat sekitar tapi juga untuk wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Nanti ini akan dirancang festivalnya juga untuk menggerakkan ekonomi nasional, jadi mereka tidak hanya lari dan sepedaan tapi juga beli produk kreatif lokal," ujar Menparekraf.

Berikut daftar sport tourism di Indonesia sepanjang 2022:

Borobudur Marathon 2022

Borobudur Marathon 2022 resmi digelar pada 12-13 November 2022 mendatang. Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Borobudur Marathon diharapkan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi, wisata, dan sebagai ruang kaderisasi atlet lari jarak jauh di Jawa Tengah maupun Indonesia.

Ganjar mengungkapkan bahwa ajang ini ditargetkan akan diikuti oleh 5.000 perserta dan bisa sampai 10 ribu peserta dengan melihat kondisi terkait Covid-19. Ia juga mengatakan bahwa Borobudur Marathon menjadi ruang kaderisasi bagi para atlet lari jarak jauh, misalnya peraih medali emas bagi Indonesia di Sea Games Vietnam tahun ini merupakan juara dari Borobudur Marathon tahun 2021.

“Jadi kita berikan ruang kepada para atlet untuk bisa berlari dan berkompetisi dengan kelas internasional. Bisa jadi ajang menguji diri. Mudah-mudahan nanti yang (pelari) internasional juga akan banyak,” jelas Ganjar.

Dalam hal sport tourism, ajang maraton ini juga menjadi peluang bagi daerah wisata untuk mengembangkan potensi pariwisatanya dan didukung oleh sektor ekonomi dengan menggandeng UMKM di sekitar Borobudur.

Sport tourism kita genjot. Partisipasi masyarakat termasuk UMKM juga kita libatkan. Kita harapkan ini menjadi trigger kebangkitan kita dalam sisi ekonomi, sehingga orang akan datang, ekonomi berkembang, dan ini menjadi bagian dari healing kita,” ujarnya.

Pilihan Destinasi Wisata yang Tengah Dikembangkan untuk Sport Tourism

Audax Ultra Cycling Challenge 2022

Salah satu ajang sport tourism di Indonesia yang punya konsep unik adalah Audax Ultra Cycling Challenge 2022. Berbeda dari ajang olahraga lainnya, Audax 2022 menawarkan kegiatan bersepeda jarak jauh dengan beberapa kategori seperti 200 km, 400 km, dan 600 km tanpa bantuan dan dukungan.

Uniknya, selama mengikuti acara bersepeda, peserta boleh beristirahat, makan-minum, mengobrol dengan sesama peserta, dan menentukan kecepatan sendiri, baik itu bersepeda santai atau mengebut. Namun, panitia akan mewanti-wanti bahwa acara ini bukanlah lomba dan peserta tidak diperkenankan mendapat dukungan dari pihak lain untuk menyelesaikan rute, misalnya diikuti mobil lain.

Peserta boleh membentuk kelompok-kelompok, tetapi jika setiap peserta berkendara menurut kecepatannya sendiri, maka kelompok itu boleh ditinggalkan kapan saja. Selain itu, tidak ada peserta yang dianggap sebagai pemimpin, pun tidak diperkenankan menggunakan tanda-tanda mencolok seperti kaus, ikat lengan, dan jabatan-jabatan dalam kelompok selama acara.

Tahun ini, Audax 2022 digelar di beberapa kota dengan jadwal dan jarak berbeda seperti berikut:

  • Yogyakarta : 29 Januari -200KM dan 600KM
  • Jakarta: 26 Februari - 200KM
  • Bekasi: 26 Maret - 300KM
  • Semarang: 28 Mei - 200KM
  • Manado: 25 June - 200KM
  • Solo: 30 Juli - 200KM dan 400KM
  • Padang: 27 Agustus - 300KM
  • Jakarta: 24 September - 200KM
  • Surabaya: 29 Oktober - 200KM
  • Bandung: 19 November - 200KM
  • Yogyakarta: 21 Desember - 1.000KM
PON I, Penyelenggaraan Ajang Olahraga Nasional Bukti Tonggak Kemerdekaan

Oceanman 2022

Caption
info gambar

Oceanman 2022 merupakan ajang kompetisi berenang di laut atau perairan lepas internasional yang akan diadakan pada 1-2 Juli di Pantai Muaya, Bali.

“Oceanman ini international Championship satu-satunya yang ada di dunia, bukan hanya ajak atlet untuk olahraga tapi kami juga ajak komunitas renang untuk ramaikan Oceanman. Jadi dalam Oceanman ini ada event 2km untuk sprint, 5 km halfOceanmandan 10 km untuk Oceanman,” kata coach Felix C Sutanto selaku Founder and Head of Coach Milleniumaquatic.

Rute dalam kompetisi ini membentuk segitiga dengan jarak sisi terpendek 333,3 m, sisi menengah 666,6 m, dan sisi terluas untuk kategori Oceanman masing-masing berjarak 1,66 km. Berlangsung dua hari, acara akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti race pack collection, race expo opening, swim course open for training, welcome dinner, race briefing, dan entertainment.

Menurut Felix, Oceanman yang diadakan tahun ini diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata di Bali. Ia mengatakan bahwa Oceanman bukan hanya kompetisi renang, wisatawan juga dapat menikmati beberapa hiburan lokal menarik dalam kategori race pack collection. "Beberapa di antaranya tradisional dance performance, live music, produk bazar UMKM lokal, food and beverage, fun games, dan masih banyak hal seru lainnya," jelas Felix.

Pencapaian Olahraga Indonesia di Tahun Ke-2 Pandemi

Samosir Lake Toba Ultra

 Samosir Lake Toba Ultra | Facebook Samosir Lake Toba Ultra
info gambar

Salah satu ajang sport tourism Indonesia yang ditunggu-tunggu adalah Samosir Lake Toba Ultra. Ajang lomba lari ini akan diadakan di Destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba pada 17 September 2022 mendatang.

Lomba lari ini memiliki empat kategori yaitu 5 km, 12 km, 25 km, dan 50 km. Ribuan pelari akan diajak melintasi area Danau Toba, melewati berbagai desa wisata, dan menikmati indahnya pemandangan danau, gunung, hingga pantai di sepanjang rute.

Adapun peserta lomba lari ini termasuk atlet internasional, pelari terbaik dunia, hingga masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi dalam perlombaan di Pulau Samosir.

Belitung Triathlon 2022

Belitung Triathlon 2022 | Dok. Kemenparekraf
info gambar

Belitung Triathlon 2022 telah diadakan pada 28 Mei 2022 di kompleks Sheraton Belitung Beachfront, Tanjung Binga, Kabupaten Belitung. Seperti yang kita ketahui bahwa triatlon meliputi tiga cabang olahrga yaitu renang, balap sepeda, dan lari.

Perlombaan triatlon ini memiliki dua kategoti yaitu jarak sprint (sprint distance) jarak lintasan lomba lari sepanjang 5 km, lintasan sepeda 20 km, dan lintasan renang sejauh 750 m. Juga jarak standar (standard distance) dengan lintasan lomba lari sepanjang 10 km, mengayuh sepeda sejauh 40 km, dan berenang sejauh 1.500 m.

Masing-masing perlombaan juga akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu pria dan wanita, serta usia di atas 40 dan umum. Peserta akan berenang di kolam renang hotel di samping pantai pasir putih, bersepeda melewati Desa Wisata Tanjung Binga hingga Pantai Tanjung Kelayang.

Pemerintah Kabupaten Belitung bersama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Belitung akan kembali menggelar lomba triathlon ini pada 3 September 2022 di Lorin Hotel & Resort, Pantai Tanjung Tinggi, Belitung.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini