Buah Ini Punya Sensasi Dingin Alami Saat Dimakan, Pernah Coba?

Buah Ini Punya Sensasi Dingin Alami Saat Dimakan, Pernah Coba?
info gambar utama

Selama ini jika ingin menikmati buah-buahan yang segar, salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan mendinginkannya lebih dulu. Tapi, rupanya ada satu jenis buah yang sudah memiliki sensasi dingin alami begitu langsung dimakan, yakni buah salju.

Iya, tanpa perlu dimasukkan dalam kulkas, diolah menjadi es, atau dibuat sedemikian rupa, buah salju sudah memiliki sensasi dingin saat dimakan langsung. Benarkah demikian?

Bukan berasal dari Indonesia, buah salju yang memiliki nama latin/ilmiah Inga edulis sebenarnya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Walau jarang dan sulit dijumpai, tapi di Indonesia buah ini biasanya ada di Bali, tepatnya wilayah Pasar Bedugul.

Buah salju dikenal juga sebagai ice cream bean. Kalau dilihat dari wujud fisik, buah ini sering dianggap sama dengan buah kapas, padahal keduanya jelas berbeda.

Dari segi bentuk, buah salju punya wujud seperti kacang polong yakni berusuk memanjang. Bagian luar kulitnya ketika sudah bisa dikonsumsi berwarna cokelat kekuningan. Sedangkan saat dibuka, daging buahnya berwarna putih dan memang sekilas nampak punya wujud layaknya kapas.

Saat dinikmati, buah salju punya cita rasa manis seperti es krim vanilla, dan tak lupa akan ada sensasi dingin yang terasa saat dinikmati.

Belantara Hutan Kalimantan sebagai Surga Buah Durian yang Beragam

Kaya manfaat

Membahas lebih detail soal karakteristrik tanaman atau pohonnya, tinggi pohon buah salju disebut bisa mencapai 30 meter, dan diameter 60 sentimeter. Pohon ini memiliki batang berwarna abu-abu pucat, dengan daun berbentuk berseling dan menyirip merata.

Pohon ini dapat tumbuh dengan mudah di beberapa negara Amerika Selatan dan Tengah seperti Bolivia, Brasil, dan Kolombia. Lain itu kerap ditemukan juga di Ekuador, Peru, Suriname, dan Venezuela. Tapi, di Indonesia juga ada beberapa wilayah yang membudidayakan tanaman dari buah unik ini.

Bukan hanya memiliki keunikan berupa sensasi dingin, rupanya buah salju juga memiliki ragam khasiat untuk kesehatan. Mengutip salah satu sumber, disebutkan bahwa di Kolombia, buah salju diandalkan dalam pengobatan tradisional.

Lebih tepatnya, rebusan daun dan kulit kayu dari pohon buah salju dianggap bisa meredakan diare. Lain itu, bagian buah ini juga dimanfaatkan sebagai bahan lotion yang dipercaya dapat meredakan rematik sendi.

Bukan hanya itu, rebusan bagian pohon lain yakni akarnya dipercaya efektif untuk mengobati disentri, terutama bila dicampur dengan kulit buah delima. Itu baru manfaat dari pohon buah salju dari batang kulit, daun, dan akar, bagaimana dengan daging buahnya secara langung?

Karena kaya akan vitamin A, mengonsumsi buah ini diyakini bisa memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan mata. Lain itu karena kandungan dan serat dan proteinnya yang tinggi, buah salju juga disebut ampuh dalam menyeimbangkan gula darah.

Penasaran ingin mencicipi buah salju yang memiliki sensasi dingin alami? Bisa coba cari buah ini jika berkunjung ke pasar Bedugul di Bali.

Kisah Buah Kelapa yang Dijadikan Mahar Perkawinan hingga Status Sosial

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini