Siap-siap, Piala Dunia Panjat Tebing 2022 Segera Dihelat di Jakarta

Siap-siap, Piala Dunia Panjat Tebing 2022 Segera Dihelat di Jakarta
info gambar utama

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2022. Ajang tersebut akan digelar di Jakarta pada bulan September ini.

Rangkaian pertandingan Piala Dunia Panjat Tebing 2022 rencananya dilaksanakan di Lot 16-17 SCBD. Ini sebagaimana dikonfirmasi oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) Yenny Wahid.

Ditentukannya SCBD sebagai lokasi petandingan sekaligus mengubah rencana penyelenggaraan. Awalnya, pertandingan Piala Dunia Panjat Tebing 2022 diproyeksikan dihelat di Kemayoran.

"Rencana kami akan undang teman-teman media untuk sosialisasi dalam waktu dekat. Panjang ceritanya, nanti atur waktu pekan ini," ujar Yenny kepada awak media seperti dilansir Antaranews.com.

FPTI juga telah mengumumkan bahwa Indonesia akan mengirim 42 atlet ke ajang ini.

Nantinya, Piala Dunia Panjat Tebing 2022 hanya mempertandingkan nomor speed dan lead. Khusus untuk nomor boulder tidak ikut dipertandingkan.

Nomor boulder sudah dipertandingkan lebih dulu secara terpisah. Natalia Grossman keluar sebagai juara sementara Miho Nonaka menjadi runner-up dan Brooke Raboutou meraih peringkat ketiga.

Melalui akun Instagram resminya, FPTI mempersilakan masyarakat untuk datang dan menyaksikan para atlet berlaga. Dengan kata lain, ajang ini bersifat terbuka untuk umum.

Dari Panjat Tebing Mereka Kini Memanjat Puncak Dunia

Prestasi Indonesia

Piala Dunia Panjat Tebing adalah ajang tahunan yang diorganisir oleh International Federation of Sport Climbing. Ajang ini dimulai sejak tahun 1989 yang mempetemukan para jago panjat tebing dari seluruh dunia.

Indonesia pernah membuat gebrakan tahun lalu di ajang ini dengan merebut gelar juara dan runner-up sekaligus di nomor speed putra. Atlet peraih juara adalah Veddriq Leonardo, sementara runner-up diraih Kiromal Katibin.

Itu merupakan kali pertama Indonesia meraih juara di Piala Dunia Panjat Tebing. Namun, itu bukan pertama kalinya Indonesia meraih prestasi bergengsi.

Jauh sebelum keduanya meraih gelar tahun lalu, nomor speed Indonesia sudah berprestasi lewat kategori putri melalui Agung Ethi Hendrawati. Tercatat, ia menjadi runner-up dalam gelaran tahun 2001 dan menempati peringkat ketiga pada 2004.

Masih di nomor speed, Aries Susanti Rahayu juga pernah meraih peringkat ketiga dalam gelaran tahun 2019.

Piala Dunia Panjat Tebing 2022, Kiromal Katibin masih menjadi atlet nomor speed yang diandalkan Indonesia. Saat ini, Kiromal Katibin memegang rekor dunia dengan catatan waktu 5,009 detik yang ditorehkannya saat berlaga dalam babak kualifikasi yang dihelat di Chamonix, Prancis, pada 8 Juli lalu.

Manfaat Olahraga Arung Jeram Sambil Menikmati Sungai Cisadane

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini