Manfaat Olahraga Arung Jeram Sambil Menikmati Sungai Cisadane

Manfaat Olahraga Arung Jeram Sambil Menikmati Sungai Cisadane
info gambar utama

Arung jeram memang menjadi objek wisata andalan bagi masyarakat di wilayah Caringin, Sukabumi. Apalagi keberadaan Sungai Cisadane yang sangat cocok untuk kegiatan wisata air tersebut. Saat datang ke tempat ini, terdapat fasilitas saung untuk mengganti pakaian dan menaruh semua barang-barang pribadi sebelum melakukan olahraga ekstrem tersebut.

Olahraga itu adalah rafting atau arung jeram. Apabila Kawan mengikuti olahraga ini, Kawan akan dipandu dan diberikan pengarahan oleh salah satu instruktur dari Alamanda Rafting. Para instruktur, memberikan informasi mengenai apa yang harus dilakukan selama kegiatan tersebut, sekaligus briefing keselamatan.

Biasanya, untuk bisa menikmati rafting, para instruktur membagi kelompok ke dalam beberapa boat untuk menaklukkan arus Sungai Cisadane. Setidaknya akan ada empat jeram yang harus ditaklukkan selama menyusuri sungai tersebut. Setiap jeram mempunyai sensasi berbeda.

Budidayakan Maggot, Cara Murah Penuhi Pakan Ternak dan Kurangi Limbah Organik

Arung jeram dimulai

Ilustrasi Arung Jeram © Shutterstock.com
info gambar

Perjalanan akan dimulai. Setelah beberapa meter Kawan mengarungi Sungai Cisadane, Kawan akan disambut oleh pepohonan yang rindang di pinggir sungai. Setelah hampir 10 menit perjalanan, Kawan akan menemukan jeram pertama yang terbentuk dari susunan batu besar yang seolah menahan derasnya aliran air Sungai Cisadane.

Susunan batu tersebut membentuk celah celah sempit, terjal, dan curam sehingga sangat mengundang adrenalin seolah sebagai tanda perkenalan Sungai Cisadane. Jeram berikutnya juga sudah menunggu, semakin lama semakin curam dan menegangkan apalagi melihat batu besar yang seolah menunggu di bawah.

Kawan pasti akan merasa takut. Namun, atas perintah instruktur untuk melakukan gerakan seperti mendayung atau gerakan memiringkan badan agar perahu tetap stabil dan tidak terbalik.

Luas dan Ragam Jenis Tanaman yang Dikelola Perkebunan di Indonesia

Untuk tingkat kesulitan, di Sungai Cisadane pun bervariatif. Mulai dari grade satu hingga grade tiga. Untuk grade satu itu manuver mudah, kecenderungan flat, sedangkan grade dua dan tiga punya grade jeram yang lebih terjal.

Selama rafting, Kawan akan dibawa untuk menaklukkan derasnya sungai sejauh 7 kilometer dalam waktu kurang lebih 2 jam. Saat berada di tengah sungai jangan takut jika perut kosong. Di tengah perjalan saat mengarungi sungai, Kawan dapat menemukan sebuah warung yang berada di pinggir sungai untuk disinggahi.

Untuk keselamatan, setiap instruktur rafting sudah tersertifikasi jadi sudah dipastikan profesional. Kalaupun terjadi kecelakaan, pihak instruktur sudah menyiapkan asuransi mulai dari kecelakan ringan hingga kecelakaan fatal.

Manfaat olahraga arung jeram

Ilustrasi Sungai © Shutterstock.com
info gambar

Selain memacu adrenalin kegiatan rafting atau arung jeram juga memiliki berbagai manfaat. Dilansir dari sehatq, mengikuti kegiatan arung jeram dapat menjaga sistem kardiovaskuler. Dalam hal ini, arung jeram termasuk aktivitas berat yang membutuhkan daya tahan dan stamina yang setara dengan latihan kardio. Olahraga kardio sendiri diketahui sangat baik bagi kesehatan sistem kardiovaskuler.

Tak hanya itu, arung jeram juga bisa meningkatkan kekuatan otot dari gerakan mendayung dan koordinasi tubuh yang Kawan lakukan. Hal itu melatih otot punggung, lengan, bahu, dan dada. Tantangan arus yang deras dan kecepatan juga turut melatih dan meningkatkan kekuatan otot.

4 Jenama Sepeda Lokal yang Kualitasnya Mampu Bersaing dengan Produk Internasional

Yang pasti, mengikuti arung jeram akan melepaskan stres yang Kawan alami. Mengapa tidak? Melihat alam terbuka, suara air mengalir, dan udara yang segar membuat pikiran Kawan lebih rileks. Jika dalam suatu tim, arung jeram juga bisa meningkatkan solidaritas dan kepercayaan diri karena telah mencoba dan berhasil mengarungi derasnya sungai.

Jika Kawan berminat untuk mencoba rafting di Sungai Cisadane, berikut paket harga yang ditawarkan sekitar Rp175.000 sampai Rp280.000 sudah termasuk kudapan, transportasi ke tempat rafting, dan asuransi jiwa. Menarik, bukan?*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini