Bukan Jakarta, Perihal Internet Paling Cepat Bekasi Juaranya

Bukan Jakarta, Perihal Internet Paling Cepat Bekasi Juaranya
info gambar utama

Internet menjadi infrastruktur utama yang berperan sangat penting di masa kini. Menyokong hampir semua aktivitas digital di berbagai bidang mulai dari ekonomi, pendidikan, dan sebagainya, tak heran jika internet kerap dijadikan tolak ukur dalam mengetahui kemajuan sarana komunikasi suatu wilayah.

Belakangan, muncul kabar yang cukup menyita perhatian mengenai kota di Indonesia yang memiliki koneksi internet paling cepat.

Awalnya mungkin banyak yang mengira jika predikat tersebut akan dimiliki oleh Jakarta. Namun ternyata, jawabannya justru berbeda.

Bukan Jakarta, kota yang terbukti memiliki koneksi atau kecepatan internet paling tinggi di tanah air adalah Bekasi. Seberapa cepat dan berdasarkan apa pengukurannya?

Pola Konsumsi Internet Berubah Saat Ramadan, Operator Tanah Air Lakukan Penyesuaian

Daftar 150 kota teratas dunia

Kecepatan internet Indonesia | Tangkapan layar Speedtest Global Index.
info gambar

Mengutip nextcity.org, setidaknya terdapat sekitar 10.000 kota besar yang ada dari berbagai negara, bahkan lebih. Namun perihal fasilitas berupa internet tercepat, pihak yang biasanya melakukan pemeringkatan adalah Speedtest Global Index.

Di tahun ini, mereka kembali melakukan riset dan pemeringkatan negara serta kota dengan internet tercepat di dunia. Di mana posisi Indonesia?

Berdasarkan negara dan koneksi internet di perangkat ponsel (mobile), Indonesia memang masih jauh dari kata unggul yakni berada di peringkat ke-110 dari 139 negara. Di mana kemampuan unduh berada di kisaran 16,65 Mbps dan unggah di kisaran 10,62 Mbps.

Sementara itu untuk jaringan fixed broadband, Indonesia berada di peringkat ke-121 dengan kecepatan unduh di angka 22,36 Mbps, dan kecepatan unggah di angka 10,65 Mbps.

Dari segi wilayah yang lebih spesifik yakni kota, baru Bekasi menjadi kota paling unggul di Indonesia dan berada di peringkat ke-134 dunia untuk koneksi internet di perangkat ponsel. Kecepatan unduhnya berada di angka 16,47 Mbps dan kecepatan unggah berada di kisaran 11,64 Mbps.

Di lain sisi, pada jaringan fixed broadband Bekasi berada di peringkat 136 dunia dengan kecepatan unduh di angka 27,04 Mbps, dan kecepatan unggah di angka 11,61 Mbps.

Sebenarnya Jakarta tidak jauh berbeda dari Bekasi. Dalam hal pemeringkatan dunia posisi Jakarta tepat mengekor di belakang Bekasi, kecuali untuk kategori internet di perangkat ponsel yang terpisah oleh kota Misrata, Libya.

Seberapa Rendah Latensi Internet untuk Game Online di Indonesia?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini