Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Inilah 5 Universitas Terbaik di Jogja

Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Inilah 5 Universitas Terbaik di Jogja
info gambar utama

Mencari universitas terbaik di Jogja bisa menjadi hal yang dipikirkan oleh para siswa yang akan lulus SMA. Maklum saja, memutuskan akan melanjutkan pendidikan ke mana memang sepatutnya menjadi hal penting.

Selama ini, tidak sedikit yang mempertimbangkan untuk berkuliah di Jogja. Ini tidak mengherankan mengingat Yogyakarta memang dikenal sebagai kota pelajar.

Ya, Jogja adalah kota pelajar di samping citra lain yang melekat padanya. Jogja memang identik dengan kota wisata dan budaya. Namun, banyaknya universitas dan kampus seantero Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta membuat julukan kota pelajar melekat pada Jogja.

Banyak universitas di Jogja yang bisa dijadikan pilihan sebagai tempat kuliah. Namun, universitas mana yang dipilih?

Untuk memilih universitas terbaik di Jogja, sudah sepatutnya para pelajar mengulik seberapa bagus kualitasnya. Saking banyaknya pilihan, mengulik kualitas setiap universitas bisa dibilang adalah keharusan agar tidak salah pilih.

GNFI merangkum daftar 5 universitas terbaik di Jogja. Daftar ini disusun berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank.

Setelah membaca artikel ini, jangan lupa tentukan matang-matang universitas tujuanmu untuk melanjutkan studi, ya!

Pertama di Indonesia. Selamat Datang, Universitas Siber Muhammadiyah

1. Universitas Gadjah Mada

Siapa tidak tahu kampus satu ini. Universitas Gadjah Mada alias UGM adalah salah satu universitas paling legendaris di Indonesia.

UGM yang didirikan pada 1949 adalah kampus pertama yang dibangun oleh Indonesia setelah merdeka. Oleh karena itu, UGM jelas adalah kampus yang penuh sejarah.

Soal kualitas, UGM juga tidak perlu diragukan lagi. UGM dikenal sebagai salah satu dari 3 kampus terbaik di Indonesia selain Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Maka dari itu, tidak mengherankan apabila UniRank menempatkan UGM di urutan kedua kampus terbaik di Indonesia.

Hanya saja, perlu diingat bahwa ngetopnya UGM berarti persaingan masuknya pun sulit. Dari tahun ke tahun, jumlah pendaftar di UGM selalu banyak sementara daya tampungnya jauh lebih kecil.

Ada banyak jalur yang bisa ditempuh untuk masuk UGM, yakni melalui seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), serta Ujian Mandiri UGM plus Jalur Prestasi.

Khusus pendaftar program pascasarjana, jalur masuk yang tersedia hanya satu dengan persyaratan yang berbeda dan bersifat khusus dibandingkan pendaftaran program vokasi dan sarjana.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta adalah universitas negeri yang bertetangga dengan UGM. Ya, UNY dan UGM letaknya memang bersebelahan.

UNY berusia cukup tua. Tercatat, UNY telah berdiri sejak tahun 1964 dan sebelumnya dikenal sebagai Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta.

UNY dikenal sebagai kampus dengan program studi keguruannya yang berkualitas. Jika Kawan GNFI berminat menjadi guru, maka kuliah di UNY akan jadi keputusan yang sangat bagus.

Selain jurusan keguruannya, UNY juga dikenal dengan studi keolahragaannya yang apik. Universitas ini punya Fakultas Ilmu Keolahragaan yang pembelajarannya didukung dengan fasilitas mumpuni.

Sarana olahraga di UNY memang tidak main-main. UNY punya beragam sarana olahraga mulai dari kolam renang hingga stadion. Karena kualitasnya, stadion UNY bahkan pernah dijadikan lokasi latihan bagi Timnas Indonesia.

Kendati tidak seketat UGM, seleksi masuk UNY juga tidak mudah. Sebagai universitas negeri terkemuka di Indonesia, keberadaan UNY selalu menarik perhatian banyak calon mahasiswa untuk mendaftar.

Banyak jalur yang dibuka UNY untuk menyaring mahasiswa baru. Laman resminya bahkan mencatat ada 15 pilihan jalur masuk mulai dari jenjang sarjana hingga doktoral.

UniRank sendiri menempatkan UNY di peringkat 16 kampus terbaik di Indonesia.

3. Universitas Islam Indonesia

UII adalah universitas yang termasuk tua. Sejarah mencatat UII lebih dulu berdiri ketimbang UGM. Kampus ini bahkan lebih dulu ada sebelum negara Indonesia terbentuk.

Cikal bakal UII berawal dari Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan pada 8 Juli 1945 di Jakarta. Pada 1946, STI dibuka di Yogyakarta yang disusul dengan ditetapkannya University Islam Indonesia pada tahun berikutnya.

UII jelas adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. UniRank menempatkan UII di peringkat ke-21 nasional.

UII termasuk salah satu universitas yang membuka banyak pilihan jalur masuk. Ada tujuh jalur yang tersedia, mulai dari Seleksi Berbasis Rapor hingga Penelusuran Pemimpin Muda.

Perlu diperhatikan bawa seleksi untuk jurusan kedokteran di UII dilaksanakan secara khusus. Berbeda dengan jurusan lain, UII mewajibkan pendaftar di jurusan kedokteran untuk menjalani tes tahap dua untuk bisa diterima sebagai mahasiswa.

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga masuk sebagai kampus terbaik ketiga di Jogja. UniRank menempatkan kampus Islam satu ini di posisi ke-25 kampus terbaik di Indonesia.

Sesuai namanya, UIN Sunan Kalijaga punya adanya berbagai program studi di bidang Agama Islam. Banyak jurusan yang menjadi ciri khas universitas Islam seperti Sejarah dan Kebudayaan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, dan Manajemen Dakwah.

Tertarik kuliah di UIN Sunan Kalijaga? Ada beberapa jalur masuk yang bisa ditempuh. Untuk jenjang sarjana, calon mahasiswa punya pilihan untuk masuk melalui SNMPTN, UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), SBMPTN, SPAN–PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), UM – PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), dan jalur mandiri.

Untuk jenjang pascasarjana, calon mahasiswa bisa mendaftar melalui jalur CBT Test From Home, Portofolio, Non Tes. Perlu diingat, pendaftar jenjang Doktoral jalurnya hanya melalui pilihan Reguler atau Kerjasama.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Siapa tidak mengenal Muhammadiyah? Ormas Islam besar ini banyak berkiprah di bidang sosial masyarakat, tak terkecuali di ranah pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah satu dari sekian banyak kampus yang dimiliki Muhammadiyah. Ormas tersebut mendirikan UMY pada tahun 1981.

Universitas ini adalah salah satu kampus swasta top di Jogja. Itulah mengapa UniRank menempatkan UMY di peringkat 28.

Ada tujuh jalur masuk yang dibuka bagi calon mahasiswa yang berminat kuliahdi UMY. Jalur tersebut di antaranya melalui jalur prestasi dan UTBK.

Banyak pula beasiswa yang tersedia di UMY. Beberapa di antaranya Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM), Beasiswa Hafizh Muhammadiyah, serta Beasiswa Prestasi Unggulan (BPU). Bagi Kawan GNFI yang berprestasi, tawaran beasiswa ini tentu sayang untuk dilewatkan.

UMY dikenal utamanya karena fakultas kedokterannya yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

Cerita di Balik Keberhasilan Siswi Madrasah yang Diterima 6 Universitas Top Dunia



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini