Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan Biodegradable dan Compostable

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan Biodegradable dan Compostable
info gambar utama

Menjadi permasalahan serius, di lain sisi sebenarnya keberadaan sampah dapat bermanfaat dan memiliki nilai tersendiri jika dikelola dengan baik. Pengelolaannya sendiri bergantung pada jenis sampah yang ada, yakni dengan cara biodegradable dan compostable.

Kedua cara pengelolaan tersebut bergantung pada dua jenis sampah yang selama ini diketahui, yaitu sampah organik dan sampah non-organik

Bukan hanya itu, bentuk pemanfaatan dari hasil pengelolaan kedua sampah yang dimaksud dan prosesnya juga berbeda. Lalu apa sebenarnya makna dan perbedaan dari biodegradable dan compostable yang perlu diketahui?

Mengenali 7 Jenis dan Simbol Plastik yang Ada di Sekitar Kita

Tentang biodegradable dan compostable

Ilustrasi bahan sampah biodegradable dan compostable | wisely/Shutterstock
info gambar

Menurut penjelasan di laman Ocean Watch Org, biodegradable memiliki definisi dari terurainya sampah secara umum, namun dalam pemahaman dalam kurun waktu lebih cepat. Dalam prosesnya, sampah jenis ini terurai dan terdegradasi dengan bantuan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan ganggang.

Saat ini cukup mulai banyak bermunculan produk atau kemasan dengan label ‘biodegradable’. Deretan produk atau kemasan tersebut biasanya dapat terurai dengan waktu lebih cepat, yakni dalam kisaran waktu 3-6 bulan

Jikapun yang terdegradasi dalam waktu lama, biasanya barang atau sampah yang dimaksud bisa dimanfaatkan menjadi barang lain.

Sementara itu compostable secara spesifik merupakan proses degradasi atau terurainya jenis sampah organik, menjadi unsur alami yang dapat bermanfaat untuk lingkungan, atau lebih tepatnya tanah.

Dalam prosesnya, sampah organik membutuhkan campur tangan manusia untuk bisa melalui proses compostable. Durasi atau waktu dalam prosesnya pun terbilang lebih cepat, yakni berkisar antara 180 hari.

Masih menurut sumber yang sama, kedua proses biodegradable dan compostable juga dibedakan berdasarkan jenis sampah yang dikelola.

Sampah yang bisa dikelola dengan proses biodegradable umumnya berbahan terbuat Poly Butylene Adipate-Co-Terephthalate (PBAT), Poly Butylene Succinate (PBS), Polylactic Acid (PLA), serta Polycaprolactone (PCL), yang kerap terlihat di berbagai barang.

Contoh paling sederhananya adalah kemasan makanan dalam bentuk kertas, atau kantong plastik yang dibuat dari serat singkong.

Sementara itu, sampah yang dikelola dengan secara compostable terdiri dari bahan atau sampah organik seperti sisa sampah dapur rumah tangga, dan sejenisnya.

Pertama di Asia, Indonesia Punya Pabrik Bata dari Sampah Plastik di NTB

Mengapa penting memahami perbedaan keduanya?

biodegradable dan compostable memiliki perbedaan manfaat yang diperoleh. Compostable lebih mudah terurai menjadi unsur alami tanah. Proses biologis dalam pengomposan menghasilkan senyawa anorganik, karbondioksidan, air, dan biomassa.

Deretan senyawa tersebut baik untuk tanah, tumbuhan, dan lingkungan. Apalagi, prosesnya juga tidak meninggalkan residu.

Berbeda dengan biodegradable, yang dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lama, dan pada kebanyakan jenisnya justru terurai menjadi mikroplastik, dan berbahaya bagi lingkungan. Yang di mana dalam sejumlah penelitian, mikroplastik tetap diidentifikasi sebagai komponen beracun bagi lingkungan.

Memang dalam proses pengelolaan, biodegradable lebih mudah dibandingkan compostable. Lantaran dalam prosesnya tak memerlukan lingkungan khusus, melainkan hanya memerlukan suhu, waktu, serta tingkat kelembaban yang tepat.

Berkat Air Liur Cacing, Benarkah Masalah Sampah Plastik di Bumi Bisa Teratasi?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini