Y20 Indonesia, Ajang Pemuda Memberi Gagasan dan Mengasah Jiwa Kepemimpinan untuk Negeri

Y20 Indonesia, Ajang Pemuda Memberi Gagasan dan Mengasah Jiwa Kepemimpinan untuk Negeri
info gambar utama

Indonesia menggelar Youth 20 atau Y20, forum yang menjadi wadah konsultasi resmi para perwakilan pemuda negara-negara anggota G20. Bagi pemuda Indonesia, ini juga merupakan sarana untuk berkontribusi kepada negeri lewat gagasan dan kepemimpinan.

Acara puncak Y20 Indonesia telah digelar di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli. Sebelumnya, ada pula acara pendahuluan di Palembang, Balikpapan, Lombok dan Manokwari. Di sana, perwakilan setiap negara sudah berdiskusi dan bertukar gagasan bersama pakar dengan empat isu utama yakni lapangan kerja bagi kaum muda, transformasi digital, bumi yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman.

Kini, Y20 Indonesia bersiap menggelar acara Pasca-KTT. Acara itu adalah kegiatan kepemudaan yang akan digelar di Solo, Jawa Tengah, pada 28 Oktober 2022, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Saat ini kami ingin menjangkau seluruh provinsi, Jateng kan termasuk provinsi yang besar. Kami melihat Solo adalah kebudayaan Jawa juga, di mana banyak sekali cita rasa Nusantara di sini," ujar Ketua Bersama Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar seperti dilansir Antara.

Selain karena cita rasa Nusantara yang kental. Y20 memilih Solo sebagai tempat digelarnya acara pasca-KTT karena kepala daerahnya yang merupakan tokoh pemuda sehingga cocok dengan konteks Y20 Indonesia.

Michael berharap anak muda Indonesia punya sikap berani menunjukkan jiwa kepemimpinan di daerahnya masing-masing. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya memiliki gagasan untuk diwujudkan demi negeri.

Dukung G20, Upaya Bangun SDM Unggul melalui Transformasi Pendidikan

Bertemu Kepala Daerah

Saat acara pasca-KTT berlangsung, para perwakilan pemuda dari berbagai daerah akan menyampaikan gagasannya. Di samping itu, ada pula tokoh nasional yang direncanakan hadir untuk mendengarkan gagasan tersebut.

Tokoh yang akan hadir adalah para kepala daerah yang berasal dari kalangan pemuda. Beberapa kepala daerah yang nantinya dijadwalkan hadir di antaranya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Wali Kota Bogor Bima Arya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Jadi tokoh-tokoh pemuda ini akan mendengarkan masukan dari pemuda seluruh Indonesia. Dari sanalah kami berharap momen Sumpah Pemuda ini, membayangkan Indonesia masa depan. Kami berharap acara Y20 di Solo ini jadi momen bersejarah di mana pemuda-pemuda memikirkan kembali," lanjut Michael.

"Jadi kami menanamkan ke pemuda Indonesia, jangan hanya puas jadi pemimpin di daerahnya saja. Itu awal yang baik, tapi juga berpikirlah untuk jadi pemimpin nasional dan global karena ini sudah dilakukan oleh Pak Jokowi, Indonesia berhasil melaksanakan Presidensi G20," pungkasnya.

Nikmatnya Kopi Indonesia Hadir di KTT G20 dengan Sebuah Misi di Baliknya




Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini