7 Makanan Khas Kalimantan Barat dari Singkawang hingga Pontianak

7 Makanan Khas Kalimantan Barat dari Singkawang hingga Pontianak
info gambar utama

Makanan khas Kalimantan Barat (Kalbar) tak kalah populer dan tak kalah lezat dengan makanan khas daerah lain di Indonesia. Bahkan kuliner khas Kalbar terdiri dari akulturasi budaya Tiongkok, Dayak, dan Melayu yang mewarnai cita rasa dan jenis masakan daerah Kalbar yang kaya dan beragam.

Berikut ini rekomendasi 7 makanan khas Pontianak, Singkawang, dan kota-kota lain yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke provinsi Kalbar:

1. Mie Tiaw Asu (Pontianak)

makanan khas kalimantan barat
info gambar

Makanan china yang bernama mie tiaw asu ini banyak dijumpai di Singkawang dan Pontianak. Asu berarti paman dalam bahasa Mandarin. Setidaknya ada dua versi mie taw khas Kalbar yakni versi kuah dan versi goreng.

Menu ini menggunakan mi putih berbentuk pipih dari tepung beras dan mirip seperti mie kwetiau tetapi lebih kecil. Cara memasaknya yaitu dengan ditumis dan dicampur dengan bahan lain seperti tauge, sapi, sawi, telur, ayam, bakso, dan bumbu khas China. Rasanya gurih dan agak manis dengan campuran kecap sekaligus menajdikan warna mi tiaw kecokelatan.

2. Bubur Gunting (Singkawang)

makanan khas singkawang Kalbar
info gambar

Bubur Gunting makanan khas Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Terbuat dari potongan cakwe yang direndam dengan kuah kacang hijau yang dimasak kental. Bubur Gunting memiliki cita rasa manis dengan tekstur kacang hijau lembut seperti bubur. Umumnya warga Tionghoa menggunakan resep warisan turun-temurun dalam membuat cakwe yang menjadi ciri khas bubur gunting. Menikmati bubur gunting saat berkunjung ke Singkawang tampaknya bisa menjadi pilihan!

3. Chai Kwe (Choi Pan) Khas Pontianak

makanan khas kalimantan barat
info gambar

Selanjutnya adalah chai kwe. Makanan ini merupakan makanan khas Pontianak yang berasal dari Tionghoa. Chai kwe berasal dari bahasa Tiochiu yang artinya kue yang berisi sayuran. Makanan ini juga memiliki nama lain dalam bahasa Hakka yakni choi pan yang juga dikenal di daerah Bangka Belitung. Choi pan juga memiliki arti kue isi sayuran. Sekilas chai kwe atau choi pan bentuknya mirip dengan pastel akan tetapi berwarna putih. Jika pastel dibuat dengan cara digoreng, cara membuat chai kwe adalah dengan dikukus. Isian dari makanan ini adalah daun talas, bengkuang, kucai, daun bawang, dan ebi.

4. Asam Pedas Tempoyak (Ketapang)

makanan khas kalbar
info gambar

Asam pedas tempoyak adalah jenis makanan yang akan mudah Anda temui di Ketapang. Bahan dasar tempoyak adalah dari buah durian Kalbar yang difermentasi. Hasil fermentasi durian tersebut lantas dicampur dengan ikan air tawar dan kemudian dimasak. Ikan yang dipakai untuk memasak ini biasanya adalah ikan patin atau ikan angsam. Kedua ikan itu memiliki daging yang tebal dan lembut.

5. Pengkang

makanan khas kalbar
info gambar

Makanan khas Kalimantan Barat yang unik dan patut untuk dicoba adalah pengkang. Makanan ini terbuat dari beras ketan diberikan tambahan ebi atau abon. Bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibungkus. Adapun proses memasaknya dijepit dengan menggunakan bambu dan dibakar dengan bara api. Makanan unik ini biasa disajikan dengan sambal kerang untuk mendapatkan rasa yang maksimal.

6. Sotong Pangkong

makanan khas kalbar
info gambar

Sotong adalah makanan yang terbuat dari cumi yang sudah cukup dikenal. Namun, di Kalimantan Barat ada sotong pangkong, yaitu cumi yang digeprek hingga menjadi gepeng. Cara membuatnya yaitu dengan memanggang cumi sampai matang. Setelah matang kemudian cumi dipukul sampai gepeng. Selanjutnya dijemur sampai kering. Cara menikmati makanan ini adalah mencampurnya dengan saus asam pedas atau saus kacang.

7. Kerupuk Basah

makanan khas kalimantan barat
info gambar

Makanan ini adalah makanan khas Kalimantan Barat, khususnya Kota Putussibau. Bentuknya mirip pempek palembang yaitu lonjong dan memanjang. Panjangnya berkisar 15 sampai 25 cm. Diameternya biasanya berkisar antara 2 sampai 3 meter. Makanan ini lebih nikmat bila disantap dengan menggunakan sambal khas Pontianak.

Baca juga: 7 Makanan Khas Kalimantan Tengah yang Kaya Rasa dan Wajib untuk Dicoba

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini