7 Makanan Khas Kalimantan Barat yang yang Tak Boleh Dilewatkan untuk Dicoba

7 Makanan Khas Kalimantan Barat yang yang Tak Boleh Dilewatkan untuk Dicoba
info gambar utama

Makanan khas Kalimantan Barat sejauh ini memang masih tidak terlalu populer dibandingkan dengan makanan khas daerah lain di Indonesia. Namun, siapa sangka, ternyata makanan khas Kalimantan Barat memiliki varian yang sangat kaya dan beragam.

Di Kalimantan Barat, memiliki makanan khas yang beragam. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Salah satu rekomendasi yang perlu untuk dicoba adalah bubur gunting. Melansir dari laman Kompas ini adalah 7 makanan khas Kalimantan Barat yang wajib untuk dicoba.

1. Mie Tiaw Asu

Makanan khas Kalimantan Barat pertama yang wajib untuk dicoba adalah mie tiaw asu. Makanan ini bukan terbuat dari anjing. Asu berarti paman dalam bahasa Mandarin. Makanan ini menggunakan mie berbentuk pipih dan mirip seperti mie pangsit. Cara memasaknya yaitu dengan ditumis dan dicampur dengan bahan lain seperti toge, sawi, bakso, dan lain sebagainya.

2. Bubur Gunting

Kedua, makanan khas Kalimantan Barat yang wajib dicoba adalah bubur gunting. Bubur gunting adalah makanan yang berasal dari Banjar. Nama bubur gunting berasal dari cara pembuatannya yaitu dengan cara digunting. Bahannya dari sagu dan bisa saja menggunakan tepung beras. Bubur gunting memiliki rasa gurih dari kuah santan yang dicampur dengan gula merah dan garam.

3. Chai Kwe

Selanjutnya adalah chai kwe. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari Tionghoa. Bentuknya mirip dengan pastel akan tetapi berwarna putih. Jika pastel dibuat dengan cara digoreng, cara membuat chai kwe adalah dengan dikukus. Isian dari makanan ini adalah daun talas, daun bawang, dan ebi. Untuk menyantapnya, makanan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi.

4. Asam Pedas Tempoyak

Asam pedas tempoyak adalah jenis makanan yang akan mudah Anda temui di Ketapang. Bahan dasar tempoyak adalah dari buah durian yang difermentasi. Hasil fermentasi durian tersebut lantas dicampur dengan ikan air tawar dan kemudian dimasak. Ikan yang dipakai untuk memasak ini biasanya adalah ikan patin atau ikan angsam. Kedua ikan itu memiliki daging yang tebal dan lembut.

5. Pengkang

Makanan khas Kalimantan Barat yang unik dan patut untuk dicoba adalah pengkang. Makanan ini terbuat dari beras ketan diberikan tambahan ebi atau abon. Bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibungkus. Adapun proses memasaknya dijepit dengan menggunakan bambu dan dibakar dengan bara api. Makanan unik ini biasa disajikan dengan sambal kerang untuk mendapatkan rasa yang maksimal.

6. Sotong Pangkong

Sotong adalah makanan yang terbuat dari cumi yang sudah cukup dikenal. Namun, di Kalimantan Barat ada sotong pangkong, yaitu cumi yang digeprek hingga menjadi gepeng. Cara membuatnya yaitu dengan memanggang cumi sampai matang. Setelah matang kemudian cumi dipukul sampai gepeng. Selanjutnya dijemur sampai kering. Cara menikmati makanan ini adalah mencampurnya dengan saus asam pedas atau saus kacang.

7. Kerupuk Basah

Makanan ini adalah makanan khas Kalimantan Barat, khususnya Kota Putussibau. Bentuknya mirip dengan empek-empek yaitu lonjong dan memanjang. Panjangnya berkisar 15 sampai 25 cm. Diameternya biasanya berkisar antara 2 sampai 3 meter. Makanan ini lebih nikmat bila disantap dengan menggunakan sambal khas pontianak.

Demikian adalah makanan khas Kalimantan Barat yang wajib Anda coba. Makanan di atas hanya sebagian kecil saja, dan masih banyak makanan khas Kalimantan Barat lain yang perlu Anda eksplor. Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Barat, sempatkan waktu untuk menyantap makanan-makanan di atas.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini