Indonesia Ingin Bangun Kereta Cepat Jakarta-Surabaya di Masa Depan, Ini Rencana Rutenya

Indonesia Ingin Bangun Kereta Cepat Jakarta-Surabaya di Masa Depan, Ini Rencana Rutenya
info gambar utama

Indonesia tampak berhasrat terus memperluas jaringan kereta cepat. Di masa depan, pemerintah ingin kereta cepat bisa menjangkau Surabaya dari Jakarta.

Keinginan tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Ia menjelaskan jika kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya adalah rencana jangka panjang yang upaya mewujudkannya perlu dilakukan secara bertahap.

“Seperti halnya pembangunan angkutan massal lainnya seperti MRT, yang pembangunannya dilakukan secara jangka panjang dan bertahap. Begitu juga kereta cepat tentu membutuhkan jangka waktu panjang,” ujar Budi seperti dilansir Antara.

Sebagai rencana jangka panjang, pemerintah melihat bahwa pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya membutuhkan persiapan yang melibatkan berbagai pihak. Tidak hanya lembaga pemerintah sendiri, pihak swasta pun perlu hadir untuk bekerja sama.

Ada sekian banyak aspek yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah pendanaan. Maka dari itu, nantinya harus ada mekanisme pendanaan proyek yang melibatkan perusahaan BUMN atau swasta baik itu dari dalam maupun luar negeri. Ini menjadi krusial terutama mengingat kemampuan APBN juga terbatas.

“Di tengah keterbatasan kemampuan APBN, kami harus mencari alternatif melalui pendanaan kreatif, sehingga tidak mengganggu APBN yang diprioritaskan untuk kebutuhan yang lebih mendasar,” lanjut Budi.

Kereta Cepat dan Harta Karun Indonesia

Rencana Rute

Untuk saat ini, pemerintah belum mulai fokus menggarap kereta cepat Jakarta-Surabaya. Sebab, pemerintah masih harus menuntaskan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2023 mendatang.

Seperti diketahui, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah masuk ke tahap pembangunan sejak Januari 2016 lalu. Itu adalah Proyek Strategis Nasional pemerintah seperti tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016.

Kereta cepat Jakarta-Surabaya saat ini memang baru sebatas rencana awal. Namun, pemerintah sudah punya gambaran mengenai rute yang akan dilalui.

Nantinya kereta cepat Jakarta-Surabaya diproyeksikan akan mengambil rute Jakarta - Karawang - Bandung - Kertajati - Purwokerto - Yogyakarta - Solo - Madiun - Surabaya. Dengan kereta cepat, diperkirakan waktu tempuh antara Jakarta dan Surabaya hanya sekitar empat jam.

Sebagai perbandingan, perjalanan antara Jakarta dan Surabaya saat ini paling cepat bisa ditempuh dalam waktu lebih dari delapan jam. Waktu tempuh bisa lebih panjang menjadi 13 hingga 14 jam apabila penumpang menggunakan kereta kelas ekonomi.

Kehadiran kereta cepat Jakarta-Surabaya diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang dilalui. Selain itu, kereta juga akan dikoneksikan dengan sarana transportasi lainnya, seperti Bandara Kertajati di Majalengka.

Teknologi Terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini