Google Meet Batasi Video Call Hanya 60 Menit untuk Pengguna Gratis

Google Meet Batasi Video Call Hanya 60 Menit untuk Pengguna Gratis
info gambar utama

Jika sebelumnya panggilan video (video call) grup via Google Meet bisa dilakukan secara gratis selama 24 jam, kini hal itu tidak bisa dilakukan lagi. Per 2 November 2022, Google Meet membatasi durasi panggilan video grup bagi pengguna gratis hanya menjadi 60 menit atau satu jam.

Google Meet telah memberi pemberitahuan terkait kebijakan barunya ini sejak akhir Oktober lalu. Dilansir dari laman resmi Google Meet, layanan video telekonferensi ini membatasi panggilan video untuk 100 peserta menjadi satu jam. Ketika panggilan video sudah mencapai 50 menit, Google Meet akan mengirim notifikasi.

Google Luncurkan Program Sertifikasi Profesional Hingga Dana Rp29 Miliar untuk UKM

Peraturan baru Google Meet ini serupa dengan kebijakan rivalnya, Zoom. Meski telah dibatasi menjadi 60 menit, pengguna masih bisa melanjutkan panggilan video grup dengan membuat sesi baru setelah sesi sebelumnya berakhir. Jika ingin menambah waktu dan fitur lainnya, pengguna gratis bisa beralih ke premium.

"Individu yang menggunakan produk Google Meet gratis akan mulai melihat batasan 60 menit yang diberlakukan di pertemuan dengan tiga atau lebih peserta (grup call) mulai 2 November 2022," ujar perwakilan Google dinukil dari Kompas.com.

Google Meet umumkan kebijakan terkait pembatasan durasi panggilan video grup/
info gambar

Apabila ditelusuri, Google Meet sejatinya sudah ingin mengeluarkan kebijakan ini sejak 2020 lalu. Google Meet sudah pernah mengumumkan terkait pembatasan durasi kepada pengguna gratis pada 1 Oktober 2020. Namun, rencana itu dicabut satu hari sebelum tenggatnya.

Indonesia jadi Negara Paling Banyak Minta Hapus Konten pada Layanan Google

Hingga Maret 2021, pengguna gratis Google Meet masih bisa mengakses fitur unlimited call tersebut. Beberapa kali setelahnya, kebijakan pembatasan durasi terus mengalami penundaan. Hingga kemudian Google Meet mengumumkan kebijakan finalnya pada Oktober 2022.

Penundaan tersebut terjadi atas pertimbatangan Google yang ingin membantu orang-orang terkoneksi dengan lebih mudah dan lebih lama. Terlebih pada saat itu pandemi COVID-19 masih belum menunjukkan tren kasus tinggi.

Internet Indonesia Bakal Makin Ngebut, Google dan Facebook Pasang Kabel Laut Antar-Benua

Sama halnya dengan Zoom, kebijakan pembatasan durasi Google Meet ini tidak berlaku untuk panggilan video one-on-one. Zoom membatasi panggilan video grup selama 40 menit dan panggilan video untuk dua orang bisa dilakukan secara gratis tanpa batasan waktu.

Sementara itu, pengguna gratis yang hendak menggunakan Google Meet dengan dua orang peserta saja masih bisa melakukan panggilan video dengan batas maksimal 24 jam. Jadi, pengguna gratis tidak perlu risau selama peserta panggilan video tidak lebih dari dua orang.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini