10 Jajanan Jadul Tahun 90an yang Ngangenin

10 Jajanan Jadul Tahun 90an yang Ngangenin
info gambar utama

Jajanan masa kecil memanglah sangat dirindukan terutama bagi kamu generasi 90 sampai 2000 an. Selain harganya yang masih sangat murah, rasanya pun unik, dan memiliki kenangan tersendiri pada kampung halaman dan masa kecil. Dan tenyata beberapa jajanan jadul ini bisa kita buat sendiri lho dirumah!

Nah, untuk mengenang nostalgia masa kecil yang indah bersama jajanan jadul ini, Kawan GNFI telah merangkum beberapa jajanan yang ikut hadir di kisah kecil kamu. Dan berikut adalah 10 jajanan jadul yang turut hadir di masa kecil kamu anak 90an.

1. Rambut Nenek

Rambut Nenek, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil

Makanan satu ini bukan asli terbuat dari rambut nenek-nenek, hanya saja bentuknya yang menyerupai rambut dengan warnanya yang pucat membuatnya teringat seperti rambut nenek. Jajanan ini terbuat dari gula yang dipanaskan dan dicampur dengan tepung kemudian ditarik-tarik sampai berbentuk rambut. Rambut nenek biasa dijual dan disajikan dengan menggunakan lempengan kerupuk tipis yang renyah.

Rambut nenek juga biasanya dijajakan oleh penjual di depan sekolahan dasar. Selain itu kamu juga masih bisa mendapati jajanan ini di pasar malam, pameran, ataupun di pinggiran jalan.

2. Mie Lidi

Mie Lidi, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Mie lidi merupakan jajanan yang memiliki bentuk seperti lidi dengan ukurannya yang panjang dan tipis dengan rasa pedas dan asin. Mie lidi ini benar-benar menyerupai lidi dan tidak salah jika jajanan satu ini dinamai mie lidi. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung sagu, tepung terigu, garam, penyedap rasa, air, dan baking powder. Adonan tadi lalu diuleni dan dipipihkan kemudian dipotong tipis-tipis sampai menyerupai lidi dan digoreng kering.

Mie lidi ini biasanya dibungkus dengan menggunakan plastik dan mungkin kamu sering mengantongi mie lidi di seragam kamu karena ukurannya yang cocok di kantong. Jajanan ini biasa dijual di kantin sekolah dengan kisaran harga Rp 500 saja di tahun 90 - 2000 an.

3. Permen Gulali

Permen Gulali, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Permen gulali satu ini memiliki rasa manis dengan bentuknya bervarian dan warna yang sangat menarik perhatian terutama anak-anak. Permen gulali ini dibuat dari air gula yang dipanaskan dan diberi pewarna. Permen gulali ini biasanya dibentuk menyerupai permen berbentuk burung, bunga, love, ikan, dan berbagai bentuk yang lainnya lalu diberi susu kental manis.

Penjual permen gulali biasanya menjajakan dagangannya menggunakan bakul yang dipikul. Bakul tersebut berisi kompor kecil dengan wajan penuh dengan adonan gulali serta cetakan kayu yang digunakan untuk membentuk permen gulali. Biasanya anak-anak akan mengantre giliran sampai cetakan permen gulalinya siap dinikmati.

Baca Juga: 10 Minuman Hangat Tradisional Khas Indonesia Yang Cocok Diminum Saat Musim Hujan

4. Es Potong

Es Potong, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Es satu ini selalu diserbu oleh anak-anak di tengah teriknya panas matahari. Es potong biasanya disajikan dengan celupan coklat cair yang dibalur dengan remukan kacang. Jajanan ini biasanya dijual oleh penjual dengan gerobak yang didorong sambil membunyikan bel.

Di dalam gerobak penjual terdapat penyimpanan yang diisi dengan es batu yang sudah diremukan untuk menjaga supaya es potong tetap dingin. Es potong biasanya disajikan dalam ukuran yang panjang, namun kamu bisa request kepada penjualnya sebesar apa potongan yang kamu inginkan. Es potong ini tersedia dalam warna yang beragam seperti hijau untuk rasa melon, merah muda untuk rasa strawberry, dan coklat untuk rasa coklat. Kalau kamu dulu suka rasa apa?

5. Permen Susu Rokok

Permen Susu Rokok, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Susu ini dikemas dengan kemasan yang bentuknya benar-benar menyerupai rokok, dan tentunya jajanan ini bukan rokok sungguhan. Jajanan ini hanya dibalut dengan bungkus menyerupai rokok dengan isian susu vanilla serta biasanya dinikmati oleh anak laki-laki sambil berpose sedang merokok. Dan ternyata jajanan ini masih bisa kamu dapati di warung-warung klontong dekat sekolahan lho!

6. Mie Gemez

Mie Gemez, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Nama mie gemez merupakan singkatan dari cara menikmati jajanan mie ini yang digenggam lalu diremas. Mie ini banyak ditemui di warung-warung jajanan dengan harganya yang sangat murah meriah yaitu Rp 1.000 saja. Mie yang berlogokan anak kecil dengan kepala botak ini sangat disukai anak-anak pada era 90 - 2000an karena harganya yang murah dan gurih.

Selain namanya yang lucu, didalam satu bungkus mie gemez ini juga berhadiah komik-komik lucu yang bisa dijadikan koleksi terutama untuk komiknya yang bersambung. Untuk mengkonsumsi mie gemez biasanya disertai bumbu tabur sehingga sebelum diremas kamu harus menabur bumbu pada mienya supaya mie menjadi lebih nikmat.

7. Coklat Payung

Coklat Payung, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Coklat payung merupakan permen coklat yang bentuknya menyerupai payung yang dilipat beserta gagang payungnya. Jajanan satu ini tentunya menjadi pusat perhatian anak-anak karena bentuknya yang unik dan lucu. Coklat payung dibungkus menggunakan kertas plastik yang berwarna-warni dan biasanya dijual di warung-warung di sekitaran sekolahan.

Jika kamu merindukan rasa manis dari coklat payung, jajanan ini juga masih bisa kamu dapati di pasar tradisional dengan harga Rp 1000 saja per pcs-nya.

Baca Juga: 5 Kendaraan Tradisional Indonesia yang Mulai Ditinggalkan

8. Coklat Koin

Coklat Koin, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Masih berhubungan dengan coklat, permen satu ini merupakan permen coklat yang dibungkus dengan alumunium berwarna emas dan berbentuk menyerupai koin, jadi tidak heran jika jajanan satu ini dinamakan coklat koin. Biasanya coklat koin dijual seharga Rp 1.000 per 3 bijinya. Dengan rasanya yang manis dengan bentuknya yang menggemaskan tentu saja jajanan satu ini menarik perhatian anak-anak.

Coklat koin juga saat ini selain dijadikan jajanan di warung, juga bisa kamu dapati saar momen-momen seperti lebaran. Dan tentunya coklat koin menjadi rebutan paling pertama dan paling cepat habisnya.

9. Permen Kacamata

Permen Kacamata, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Permen kacamata adalah butiran permen coklat dengan kemasan seperti kacamata yang berwarna-warni. Butiran permen ini berbentuk kecil-kecil dengan warna yang bermacam-macam mulai dari merah, kuning, biru, hijau, oranye, dan cokelat.

Jajanan coklat manis ini sangat diincar oleh anak-anak terutama selepas pulang sekolah. Dan jika kamu merindukan jajanan masa kecil ini, kamu tidak perlu khawatir karena jajanan ini masih bisa didapati di pasar tradisional dan warung-warung sekitar sekolahan.

10. Permen Hot-Hot Pop

Permen Hot-Hot Pop, Jajanan Jadul 90an nostalgia masa kecil anak anak

Permen manis asam ini memiliki bentuk kaki yang berwarna merah dan dapat memberikan warna merah pada lidah ketika kamu memakan permen hot-hot pop. Selain itu beberapa varian permen ini juga memiliki varian warna lainnya yang biasanya kamu pamerkan kepada teman-teman kamu karena keunikan lidah kamu atau sekedar menakutinya saja.

Permen ini selain enak untuk dinikmati karena memiliki rasa asam manisnya, harganya pun murah dan dapat kamu nikmati hanya dengan harga Rp 1.000 saja di warung-warung kelontong.

Nah, itulah artikel singkat mengenai 10 jajanan nostalgia tahun 90an yang menghiasi masa kecil kamu. Lalu saat kamu kecil, yang mana favorit kamu diantara jajanan diatas ?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini