Selain Taka Bonerate, Ini 5 Destinasi Wisata Alam Favorit Kepulauan Selayar

Selain Taka Bonerate, Ini 5 Destinasi Wisata Alam Favorit Kepulauan Selayar
info gambar utama

Kepulauan Selayar adalah pulau yang selalu identik dengan Taka Bonerate, yakni gugusan terumbu karang (atol) terbesar ke 3 di dunia.

Namun ternyata selain Taka Bonerate, Selayar juga menyimpan beragam destinasi wisata alam lain yang tak kalah menggoda.

Tanpa berpanjang lebar, 5 destinasi wisata favorit Selayar berikut ini yang kami telah rangkum dapat menjadi alternatif kunjungan saat kalian mampir ke Pulau yang dijuluki dengan Tanadoang (Bumi Udang) ini.

1. Goa Abadi Balojaha

Gua Balo Jaha terletak di Desa Kahu – Kahu, Kec Bontoharu, Kepulauan Selayar. Balo dalam bahasa Selayar berarti lubang, dan jaha berarti Jawa.

Gua ini dianggap misterius karena penemuan mayat yang diduga berasal dari Pulau Jawa, sehingga menjadi alasan dinamakan Balo Jaha.

Kendati terkesan misterius, Gua Balo Jaha ternyata menyimpan pemandangan eksotis di baliknya. Mata air dan gugusan stalakmit yang ada didalam gua tersebut acapkali menahan pengunjung agar tak lekas beranjak dari tempat tersebut.

Untuk mencapai Gua ini, kalian mesti menapaki jalan ratusan meter dari Pulau Pasi, Kepulauan Selayar. Adapun Pulau Pasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan kapal kayu dari kota Benteng, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

2. Hutan Mangrove Matalalang dan Mangrove Gusung

Terdapat dua hutan mangrove di kepulauan selayar yang kini menjadi destinasi wisata. Pertama Hutan Mangrove di Matalang dan kedua di Gusung.

Hutan Mangrove Matalalang terletak sekitar 3 km arah selatan dari kota Benteng, lebih tepatnya di Kel Bontobangun.

Jika terasa kurang, kalian dapat mampir di Museum Tanadoang, sekitar 100 meter dari hutang mangrove ini. Kalian dapat melihat benda-benda peninggalan sejarah di Selayar, seperti Gong Nekara atau benda pusaka peninggalan kerajaan Selayar pada masa lampau.

Adapun Hutan Mangrove Gusung adalah kawasan hutan bakau yang membelah Pulau Pasi Gusung, sebuah pulau yang terletak sebelah barat Kota Benteng, tepatnya di Desa Bontolebang, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar.

Pulau Pasi Gusung sendiri dapat diakses dengan perahu nelayan jenis jolloro dari Benteng dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Kalian dapat menyewa perahu nelayan (Jollorok) dengan tarif 500 ribu rupiah untuk kapasitas 5-10 orang.

3. Puncak Pusera

Puncak Pusera adalah salah satu puncak tertinggi dari daratan Pulau Selayar. Wilayah ini berada di Dusun Taipadada, Desa Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai, sekitar 25 km dari Benteng, ibukota Kepulauan Selayar.

Dengan latar pantai timur Kepulauan Selayar, berpose ditempat ini dijamin menghasilkan gambar yang menakjubkan

4. Bukit Nane Pulau Polassi

Jika kalian familiar dengan objek wisata Bukit Cinta di Labuan Bajo, Flores, NTT, maka Selayar juga punya kawasan serupa yang populer dengan nama Bukit Nane.

Bukit ini terletak di Pulau Polassi yang bisa diakses dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Pelabuhan Turungan. Tatkala tiba di pulau ini, kalian akan disuguhi pemandangan laut berwarna biru kehijau-hijauan yang indah dan hamparan pasirnya yang berwarna putih.

Dari Kota Benteng, Pulau Polassi dapat diakses dengan perjalanan menggunakan kapal laut selama 2 – 3 jam. Jalur terbaik adalah bertolak dari wilayah Kecamatan Bontosikuyu dengan terlebih dahulu melakukan perjalanan darat dari kota Benteng.

Untuk kemudahan mengakses lokasi ini, salah satu tour operator di Kepulauan Selayar ( Selayar Paradise ) membuka paket perjalanan ke Pulau Polassi khususnya saat libur lebaran atau akhir tahun.

5. Air Terjun

Meski identik dengan wisata bahari, namun Kepulauan Selayar juga menawarkan objek wisata air terjun yang patut anda coba ketika berkunjung ke Bumi Tanadoang ini.

Ada beberapa air terjun yang telah menjadi destinasi wisata sepert Air Terjun Jammeng yang terdapat di pesisir Timur Kepulauan Selayar. Air terjun ini kerap pula disebut Ohe Gonggong.

Terletak di Jammeng Desa Laiyolo Baru, Kecamatan Bontosikuyu. Tempat ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Benteng dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Di sekitar Air terjun Ohe Gonggong adalah hutan dan perkampungan Jammeng dimana terdapat Home Stay yang disediakan untuk wisatawan yang bermaksud menginap untuk beberapa hari.

Selain Ohe Gonggong, juga ada Air Terjun Suttia. Lokasi ini terletak di Desa Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai. Berjarak sekitar 25 km dari Kota Benteng dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Yang terkahir, ada Air Terjun Patikore yang terletak di Desa Laiyolo baru, Kecamatan Bontosikuyu. Jaraknya sekitar 30 km sebelah selatan Benteng. Yang istimewa dari lokasi ini karena dari beberapa titik, kita dapat menyaksiskan pemandangan pantai barat Kepulauan Selayar dari ketinggian.

Nah itulah 5 destinasi wisata di Kepulauan Selayar yang dapat masuk ke dalam list liburan akhir pekan atau libur panjang akhir tahun kalian.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini