7 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Lezat dan Menggugah Selera

7 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Lezat dan Menggugah Selera
info gambar utama

Makanan khas Kalimantan Timur adalah salah satu variasi kuliner khas Nusantara yang tak boleh dilewatkan. Kalimantan Timur sebagai daerah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan tentu menyimpan banyak kuliner khas yang menggugah selera. Kuliner di Kalimantan Timur pun sangat beragam, mulai dari olahan ikan hingga sayur.

Cita rasa dari makanan khas Kalimantan Timur ini sangat khas dengan rasa pedas yang otentik. Melansir dari laman Kaltimtoday, artikel ini akan membahas tentang makanan khas Kalimantan Timur yang lezat dan menggugah selera. Pastikan Anda simak artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan informasi yang utuh.

1. Sate Payau

Merah Putih
info gambar

Makanan khas Kalimantan Timur pertama yang perlu Anda coba adalah sate payau. Berbeda dengan sate pada umumnya yang berasal dari daging sapi dan kambing, sate payau justru menggunakan daging dari hewan buruan yaitu rusa. Sate ini sangat khas karena memiliki rasa manis dan gurih dan juga teksturnya yang lembut.

2. Roba Ruan

Selanjutnya, makanan ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda, akan tetapi roba ruan merupakan makanan khas Kalimantan Timur yang populer. Roba ruan merupakan makanan sejenis abon yang dibuat dengan menggunakan olahan ikan gabus. Roba ruan biasanya disantap dicampur dengan nasi hangat sebagai lauk. Orang-orang Kalimantan Timur biasa menyantapnya sebagai menu buka puasa.

3. Nasi Bekepor

Nasi bekepor adalah nasi khas Kalimantan Timur yang merupakan warisan dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Nasi bekepor adalah nasi liwet yang dipadukan dengan minyak sayur aneka bumbu rempah khas dan ikan asin. Nasi bekepor biasanya disantap dengan menggunakan ikan asin, kemangi, cabai, dan jeruk nipis. Nasi bekepor biasanya juga bisa dihidangkan bersama dengan daging masak bumi hangus atau sayuran gangan asam khas Kutai.

4. Daging Masak Bumi Hangus

Makanan khas Kalimantan Timur yang wajib Anda coba selanjutnya adalah daging masak bumi hangus. Daging masak bumi hangus adalah makanan khas yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kecap. Daging dimasak dengan durasi waktu yang cukup lama sampai berwarna kehitaman. Daging masak bumi hangus juga merupakan makanan yang kental dengan rempah yang khas dari Kalimantan Timur.

5. Sayur Gangan Asam Kutai

Cookandrecipe
info gambar

Selanjutnya, ini adalah makanan khas Kalimantan Timur yang termasuk dalam kategori sayur-sayuran. Sayur gangan asam Kutai merupakan sejenis sayur yang terbuat dari bahan kepala ikan gabus. Di dalam sayur gangan asam kutai ini terdapat potongan kangkung, talas, dan jantung pisang. Makanan ini sangat cocok dimakan dengan nasi panas sebagai menu utama.

6. Sambal Raja

Makanan khas Kalimantan Timur yang perlu Anda coba selanjutnya adalah sambal raja. Sambal raja adalah makanan pendamping makanan utama yang khas dan memiliki rasa unik. Seperti namanya, sambal raja ini dulunya merupakan hidangan yang hanya dinikmati oleh para raja. Di dalam sambal raja, terdapat kacang panjang, terong ungu, irisan bawang merah dan lain sebagainya.

7. Sambal Gami Udang

Berasal dari daerah Bontang, sambal gami ini khas dengan makanan orang pesisir. Sambal gami udang merupakan sambal yang terbuat dari bumbu dan cabai yang diulek dan digoreng. Sambal gami biasanya dipadukan dengan beberapa ikan laut dan udang. Sambal gami biasanya digunakan untuk pelengkap nasi sebagai menu utamanya.

Demikian adalah 7 makanan khas Kalimantan Timur yang wajib untuk Anda coba. Ada beberapa makanan lain yang juga khas dari Kalimantan Timur, Anda bisa mencobanya satu persatu. Jangan pernah melewatkan kuliner khas daerah jika Anda berkunjung ke Kalimantan Timur.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini