Sederet Kerja Sama Baru RI dengan Luar Negeri Berkat KTT G20

Sederet Kerja Sama Baru RI dengan Luar Negeri Berkat KTT G20
info gambar utama

Perhelatan presidensi KTT G20 membawa keuntungan bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Di sela-sela kegiatan, sejumlah kepala negara menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo untuk menjalin kerja sama bisnis.

Berbagai kesepakatan ditandatangani pada momen tersebut yang dilangsungkan di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). Berikut kerja sama baru yang berhasil dijalin oleh Pemerintah Indonesia dengan luar negeri sejauh ini.

Turki: proyek jalan tol trans Sumatra, bus listrik, dan LHK

Perusahaan Karsan asal Turki dan PT Shacmindo Perkasa (Credo Group) dari Indonesia, telah menandatangani kesepakatan kerja sama pengadaan bus listrik senilai 1,2 miliar dolar AS. Ini bertujuan untuk mencegah krisis iklim.

Kemudian, PT Hutama Karya dengan ERG asal Turki, telah meneken perjanjian kerja sama pembangunan tol Trans Sumatra senilai 3,2 miliar dolar AS. Penandatanganan itu disaksikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu di Bali.

Tak hanya itu, kedua negara ini juga menandatangani perjanjian kerja sama di bidang lingkungan dan kehutanan, sebagai komitmen melestarikan lingkungan serta mengurangi polusi udara. Naskah perjanjian ditandatangani oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya bersama Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Menteri Pertanian dan Kehutanan Turki Vahit Kirisci.

Kerja sama bidang lingkungan meliputi pengelolaan lingkungan, produksi bersih, konsumsi berkelanjutan, keanekaragaman hayati dan kawasan lindung, peningkatan kapasitas, serta sistem informasi lingkungan.

Kemudian, Corporate of Agreement (CoA) kehutanan bertujuan untuk perlindungan sumber daya alam, mengendalikan erosi, konservasi atau rehabilitasi hutan, serta memerangi deforestasi dan kebakaran hutan. Selain itu, kerja sama yang ini juga mencakup penanggulangan karhutla, pengelolaan DAS terpadu, konservasi/rehabilitasi mangrove, pengelolaan hutan berkelanjutan, SIG dan penginderaan jauh, konservasi spesies, degradasi lahan, dan lainnya.

Menilik Efek Domino Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan Bali Berkat KTT G20

Amerika Serikat: rencana investasi 700 juta dolar

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan berinvestasi sebesar 700 juta dolar AS ke Indonesia untuk pengembangan transportasi berkualitas tinggi dan infrastruktur. Rencana itu diungkapkan Biden dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Bali, Senin (14/11/2022).

“Kita telah merampungkan kemitraan baru, melalui Millennium Challenge Corporation, untuk menginvestasikan hampir 700 juta dolar AS dalam pengembangan transportasi berkualitas tinggi dan juga infrastruktur di Indonesia,” kata Biden.

Rencananya, pada puncak KTT G20 hari ini, AS akan membeberkan kemitraan baru guna mendukung transisi energi bersih Indonesia.

Jepang, Inggris, Korea Selatan: bangun MRT Jakarta

Jepang dan Inggris resmi bergabung dalam proyek angkutan massal perkotaan MRT Jakarta, setelah menandatangani nota kesepahaman di Bali, Senin (14/11/2022).

Dalam keterangan tertulis, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi memaparkan, nota kesepahaman yang diteken ada dua. Pertama, Memorandum of Cooperation (MoC) antara pemerintah Indonesia dengan Jepang terkait kelanjutan pembangunan MRT Jakarta East-West Line Phase.

Kedua, Letter of Intent (LoI) antara pemerintah Indonesia dengan Inggris terkait kerja sama pembangunan MRT Jakarta.

Sementara itu, di hari yang sama, Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) juga telah menandatangani nota kesepahaman pembangunan MRT Jakarta fase 4, lintas Fatmawati-Kampung Rambutan.

Budi menyampaikan, penandatanganan kesepakatan kali ini adalah kelanjutan dari pembicaraan dalam kegiatan 28th ASEAN Transport Minister Meeting pada 16-17 Oktober 2022 lalu di Bali

"Kedua negara (Indonesia dan Korsel) akan terus meningkatkan kerja sama tidak hanya di sektor perkeretaapian, tetapi juga di darat, laut, dan udara," kata Budi dalam keterangan tertulis.

Berkah KTT G20: Meluasnya Konektivitas 5G dan Manfaat Bagi Masyarakat Lokal

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini