Deretan Band Cadas Indonesia yang Pernah Tampil di Pentas Internasional (Bagian II)

Deretan Band Cadas Indonesia yang Pernah Tampil di Pentas Internasional (Bagian II)
info gambar utama

Sebelumnya, dalam artikel Deretan Band Cadas Indonesia yang Pernah Tampil di Pentas Internasional (Bagian I) telah dibahas 5 band cadas Indonesia yang mampu go international dan tampil di luar negeri. Mereka berhasil membuat menghadirkan karya kepada masyakarat dunia yang mengguncang konser.

Selain 5 band yang telah dibahas sebelumnya, ada pula band cadas Indonesia lainnya yang juga punya pencapaian cemerlang dengan mampu tampil di ajang internasional.

Mereka adalah band keenam dan ketujuh dalam daftar GNFI tentang deretan band cadas Indonesia yang pernah menghentak panggung mancanegara. Siapa saja mereka? Ini dia:

6. Beside

Beside adalah band metal yang berasal dari Bandung. Pencapaian besar yang pernah ditorehkan Beside adalah manggung di ajang Wacken Open Air.

Dikutip dari Kumparan, Beside manggung di Wacken Open Air pada tahun 2017. Di sana, Beside tampil dengan membawa empat lagu. Adapun empat lagu yang dibawakan, yakni Eleven Heroes, Ambisi Arogansi, Under Hollow, dan Dead of War."

"Sebenarnya manggung di hadapan ribuan orang itu sudah biasa saat kami konser di Indonesia. Tapi ini Wacken, atmosfernya beda banget. Seluruh pencinta musik metal dari penjuru dunia datang dan sangat antusias sekali,” drumer Bseide, Achmad Rustandi alias Bebi seperti dilansir Liputan6.com.

Saat itu, Beside bukan hanya mewakili Indonesia, namun juga Asia. Beside mendapat tiket untuk tampil di Wacken Open Air lewat kompetisi musik bertajuk Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017 yang digagas DCDC Dreamworld. Beside berhasil menang kompetisi dengsn mengalahkan band lainnya. Sebagaki juara, mereka pun berhak tampil di Wacken Open Air.

Kemudian pada tahun 2008, Beside kembali mendapatan kesempatan manggung di luar negeri. Namun kali ini kesempatan itu tidak membawa mereka ke Eropa. Mereka melakoni tur Asia Tenggara di berbagai kota di tiga negara, yaitu Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

7. Down for Life

Down for Life adalah band metal yang berasal dari Solo, Jawa Tengah yang didirikan pada tahun 1999. Sejak aktif manggung mulai 2000, band ini berhasil dikenal dan mampu beraksi tidak hanya di dalam namun juga luar negeri.

Pada Agustus 2015, Down for Life berkesempatan manggung di Singapura dan Malaysia. Di Singapura, mereka beraksi di ajang Vent Box 2015: Age Of Evolution yang dihelat di Substation Art Centre. Sementara itu di Malaysia, mereka tampil di Embrace Hall, Perling. Demikian seperti diwartakan Solopos.

Kemudian pada 2018, Down for Life mendapatkan kesempatan tampil di Wacken Open Air. Mereka mendapat kesempatan itu tepat setelah Beside pada tahun sebelumnya.

"Ini seperti mimpi yang sudah lama terpendam dan menjadi kenyataan. Kami takkan menyia-nyiakan kesempatan emas ini dengan menampilkan musik dan aksi panggung kami semaksimal mungkin. Terlebih lagi, kami membawa nama Indonesia di festival tersebut," ujar personel Down for Life Adjie seperti dilansir Fimela.

Pesona Sape Alat Musik Khas Dayak



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini