Mengenal Keunikan Kota Teh Obeng Tetangga Singapura, Batam Namanya!

Mengenal Keunikan Kota Teh Obeng Tetangga Singapura, Batam Namanya!
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Mungkin beberapa dari kita ada yang belum tau mengenai apa itu “Kota Teh Obeng”. Bahkan sebenarnya apa itu “Teh Obeng”? Mendengarnya saja mungkin belum pernah, namun jika Kepulauan Riau pasti sudah pernah mendengarnya bukan? Kepualauan Riau adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Kepulauan Riau terdiri 5 Kabupaten dan 2 kota yakni:

1. Kabupaten Bintan

2. Kabupaten Kepulauan Anambas

3. Kabupaten Natuna

4. Kabupaten Lingga

5. Kabupaten Karimun

6. Kota Tanjung Pinang, dan

7. Kota Batam

Nah, salah satu dari kota di Kepulauan Riau ini ada yang unik, yakni Kota Batam. Kota Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Batam sendiri sangat dekat dengan Negara Singapura, bahkan kita bisa melihat langsung gedung-gedung tinggi Singapura dari Batam. Berikut adalah keunikan dari Kota Batam.

Disebut sebagai Kota Teh Obeng

Teh obeng adalah minuman merakyat khas Batam. Mungkin bagi masyarakat yang berasal dari luar Batam akan kebingungan jika mendengar nama minuman ini. Perlu diketahui bahwa teh obeng bukanlah minuman yang diseduh dengan obeng ataupun diminum dengan menggunakan obeng. Tidak seekstrim namanya, teh obeng adalah panggilan atau sebutan untuk Es Teh Manis di Batam. Yup, air, gula, teh dan es batu adalah bahan dari teh obeng. Sama sekali tidak ada hubungannya dengan obeng. Namun mengapa disebut teh obeng?

Batam berada dekat dengan Singapura, orang Singapura yang mayoritas suku Tionghoa sering berkunjung ke Batam. Mereka menyebut es teh manis dengan nama Teh Apeng, yang dalam bahasa Tionghoa peng artinya es. Menurut sejarah karena bercampur dengan lidah orang Indonesia, istilahnya bergeser menjadi Openg. Namun lagi-lagi karena sulit dilafalkan, maka semakin lama semakian bergeser menjadi obeng. Jadilah masyarakat Batam menyebutnya dengan sebutan Teh Obeng, yakni berasal dari Teh Apeng.

Kota Terluas di Kepulauan Riau

Walaupun ibu kota Provinsi Kepulauan Riau adalah Kota Tanjung Pinang, namun kota yang terluas di Kepulauan Riau adalah Kota Batam. Luas wilayah Kota Batam kurang lebih mencapai 1.595 Km2.

Singapura-nya Indonesia

Kota Batam berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia, maka tidak heran ada banyak kebudayaan singapura yang ikut melekat di Kota Batam. Contohnya adalah gedung-gedung tinggi di Batam yang mengikuti gedung-gedung tinggi Singapura. Kalau rata-rata di beberapa daerah di Indonesia colokan listriknya adalah colokan kaki dua, maka berbeda dengan Kota Batam. Di Batam jarang ditemukan colokan kaki dua, melainkan lebih sering menggunakan colokan kaki tiga, hal ini mengkuti negara Singapura yang lebih cenderung menggunakan colokan kaki tiga dengan alasan lebih aman.

Banyak Tempat Wisata

Kota Batam memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk dikunjungi. Seperti Jembatan Barelang yang terdiri dari 6 buah jembatan sebagai penghubung antara Batam, Rempang dan Galang. Jembatan 1 Barelang adalah ikon Kota Batam. Batam juga memilki banyak tempat wisata pantai, seperti Pantai Mirota, Melur, Vio-Vio dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, selain wisata pantai Batam juga memilki tempat wisata darat yang indah seperti Taman Raya Batam, Mega Wisata Ocarina, Pancur Telaga Bidadari, Masjid Agung Batam, Bukit Welcome To Batam dan masih banyak lagi.

Kota Industri

Kota Batam | Foto: Tribun Batam
info gambar

Batam merupakan Kawasan Perdagangan Bebas Indonesia yang mana artinya bebas pajak barang ekspor-impor, hal ini mendorong Kota Batam sebagai kota industri. Industri di Batam didominasi oleh industri galangan kapal, industri manufacturing, industri garment dan industri plastik. Perkembangan Kota Batam sebagai kota industri juga tidak lepas dari campur tangan almarhum presiden ketiga RI, yakni BJ Habibie. Beliau adalah perancang pembangunan Batam Modern sebagai kota industri.

UMK Tinggi

Dilansir dari detik.com Upah Minimum Kerja Kota Batam adalah UMK yang tertinggi se Kepulauan Riau yakni 4,5 juta. UMK Batam sendiri pada awal bulan Desmeber 2022 telah mengalami kenaikan dari 4,1 juta menjadi 4,5 juta, penetapan itu merujuk pada Permenaker Nomor 18 Tahun 2022. Hal ini mendorong semakin banyak masyrakat luar Batam datang ke Batam untuk mencari pekerjaan ataupun untuk menetap alias merantau.

Bhineka Tunggal Ika

Suku asli penduduk Kota Batam ialah Melayu, namun begitu penduduk Kota Batam terdiri dari berbagai suku di Indonesia. Karena Kota Batam adalah kota industri dengan UMK yang tinggi ditambah letaknya yang strategis dekat dengan Singapura maka tidak heran banyak pendatang dari luar Batam yang datang merantau ke Kota Batam, hal ini membuat Batam dihuni oleh berbagai suku mulai dari Batak, Jawa, Palembang, Padang dan masih banyak lagi. Namun begitu, masyarakat Batam hidup damai dalam kebhinekaan layaknya Indonesia.

Referensi:Kompas.comTribunnews Batam

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

D
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini