8 Oleh-Oleh Khas Sragen Favorit Wisatawan: Andalan Wisata Kuliner Daerahnya!

8 Oleh-Oleh Khas Sragen Favorit Wisatawan: Andalan Wisata Kuliner Daerahnya!
info gambar utama

Oleh-oleh khas Sragen terdiri dari berbagai jenis makanan yang bisa Anda bawa pulang ketika sedang berkunjung ke Kota Sragen. Sragen adalah salah satu daerah strategis dan dekat dengan Kota Solo. Oleh karena itu, oleh-oleh khas Sragen ini menjadi penting untuk diketahui. Berikut ini adalah 8 oleh-oleh khas Sragen yang bisa menjadi pilihan:

#1 Gathot Sragen

oleh-oleh sragen
info gambar

Gathot Sragen terbuat dari olahan singkong yang sudah disimpan lama dan direndam dengan air. Sebelum dikukus, singkong yang akan dijadikan gathot tersebut dipotong terlebih dahulu. Olahan gathot memiliki berbagai varian rasa, seperti nangka, pisang, dan lain-lain. selain itu, Gathot juga mempunyai rasa original yang di campuri dengan olahan gula aren, gula pasir, dan parutan kelapa sebagai pelengkapnya.

#2 Walangan

Oleh-oleh khas Sragen kedua yang wajib Anda ketahui adalah walangan. Walangan merupakan makanan berbahan dasar singkong yang sudah diparut dan diolah dengan campuran gula merah. Parutan singkong itu kemudian dimasak dengan minyak goreng. Selain berbahan dasar singkong, walangan juga bisa dibuat dengan bahan dasar pisang. Pisang bisa membuat tekstur walagan ini menjadi lebih empuk dibandingkan dengan menggunakan singkong.

#3 Dawet Sragen

Selanjutnya, oleh-oleh khas Sragen yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Sragen adalah dawet. Dawet adalah minuman berbahan dasar olahan beras yang kemudian dicampur dengan santan dan gula merah. Dawet memiliki rasa manis dan gurih, sehingga cocok untuk disantap ketika siang hari yang terik.

#4 Wajik

Kue wajik adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar ketan. Ketan tersebut kemudian diberi tambahan gula merah dan dengan cara dikukus sampai lumer. Campuran daun pandan dan parutan kelapa semakin membuat aroma dari kue wajik menjadi lebih wangi dan khas. Kue wajik ini dapat dijumpai di kampung Cantel wetan, sragen, dan Jawa Tengah.

#5 Intip Mini Sragen

intip di sragen berbentuk bulat dan memiliki ukuran yang kecil. Makanan ini berbahan dasar dari kerak nasi yang kemudian digoreng dan ditambahkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Selanjutnya diberi sejumput garam, dan ditambahkan gula di atasnya. Selain original, intip mini juga memiliki rasa pedas.

#6 Rengginang Tiwul

Selanjutnya yang menjadi oleh-oleh khas Sragen adalah rengginang tiwul. Rengginang tiwul ini terbuat dari bahan olahan singkong yang sudah dihaluskan dan ditambahkan dengan santan. Bahan tersebut membuat rasa rengginang ini menjadi lebih renyah dan lebih gurih. Anda dapat memperoleh rengginang ini di salah satu pasar di Sragen, yaitu daerah pasar Bunder.

Baca juga: Rekomendasi 8 oleh-oleh khas Jambi dari Bumi Melayu

#7 Saci

Oleh-oleh khas sragen yang satu ini bertekstur seperti dodol yang umum dijumpai di daerah lain. Makanan ini terbuat dari tepung garut, santan, dan gula merah. Selain dicampuri gula merah, saci juga dicampur dengan kacang mede atau dengan madu murni yang bisa menghasilkan tekstur lebih legit.

#8 Ampyang

Terakhir, oleh-oleh khas Sragen adalah ampyang. Pembuatan ampyang dimulai dengan memilih kualitas kacang yang bagus. Kacang yang sudah dipilih kemudian di sangrai di atas api yang sudah diatur suhu panasnya. Setelah kacang di sangrai hingga berwarna kecoklatan, dicampuri dengan gula merah yang sudah dilarutkan. Ampyang memiliki rasa manis yang khas.

Demikian adalah oleh-oleh khas Sragen yang wajib Anda bawa pulang ketika berkunjung ke kota Sragen. Masih banyak oleh-oleh khas Sragen yang bisa dijumpai, namun 8 oleh-oleh di atas sudah cukup mewakili berbagai makanan yang ada di Sragen.

Baca juga: 20 Oleh-Oleh Khas Solo paling Hits

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini