Rekomendasi 8 Oleh-oleh Jambi: Buah Tangan Khas dari Bumi Melayu

Rekomendasi 8 Oleh-oleh Jambi: Buah Tangan Khas dari Bumi Melayu
info gambar utama

Walaupun bukan daerah tujuan wisata populer, Jambi tetap layak dikunjungi karena menyimpan beberapa tempat wisata menarik, seperti Jembatan Gentala Arasy Jambi, Bukit Khayangan, dan Danau Sipin. Oleh-oleh di sana pun berlimpah, sehingga wisatawan punya banyak pilihan buah tangan yang bisa dibawa pulang.

Setidaknya ada 8 rekomendasi buah tangan khas Jambi yang bisa dibawa, yaitu:

1. Dodol Nanas

dodol nanas jambi

Nanas adalah komoditas utama di Jambi. Buah ini sering dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi berbagai olahan, salah satunya dodol nanas. Dodol ini memiliki tekstur yang lembut saat digigit, serta memiliki aroma dan rasa nanas yang cukup kuat. Oleh-oleh ini bisa ditemukan di Desa Tangkil atau di beberapa toko oleh-oleh di Jambi.

2. Dodol Kentang

dodol kentang jambi

Selain dodol nanas, Jambi juga punya dodol unik berbahan dasar kentang. Dodol ini dibuat dari kentang granola yang biasa ditemukan di daerah Kerinci, Jambi. Cita rasa dodol kentang khas Jambi cenderung gurih, tidak lengket, lembut, dan tidak terlalu kenyal. Buah tangan ini bisa ditemukan di minimarket di Kerinci dan daerah-daerah lainnya di Jambi, serta bisa dibawa pulang dengan harga terjangkau.

3. Bolu Kojo Jambi

bolu kojo

Buah tangan ini sebetulnya juga bisa ditemukan di Palembang. Bedanya, bolu kojo Jambi dihidangkan tanpa lapisan alias polos. Kue ini juga sering disebut kue kamboja karena tampilannya yang mirip bunga kamboja. Kue dengan ciri khas warna hijau ini punya tekstur yang lembut dengan cita rasa manis, serta aroma pandan yang kuat.

4. Duku Kumpeh

duku kumpeh
info gambar

Jika ingin membawa buah tangan berbentuk buah-buahan, duku kumpeh bisa dijadikan pilihan. Sesuai namanya, buah duku ini berasal dari Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi. Berbeda dari duku kebanyakan, duku ini punya ukuran yang lebih besar dan tidak berbiji.

5. Pempek Jambi

pempek jambi
info gambar

Pempek tidak hanya bisa ditemukan di Palembang, tetapi juga di Jambi. Walaupun secara bentuk mirip, pempek Jambi punya perbedaan dari segi bahan cukonya. Tidak seperti pempek Palembang, cuko pada pempek Jambi tidak memakai menggunakan asam jawa.

Salah satu tempat yang cocok untuk membeli pempek Jambi adalah Pempek Asiong. Berbagai pilihan pempek tersedia di tempat ini. Adapula otak-otak yang tidak kalah lezat. Tempat ini bisa dikunjungi di Jalan Orang Kayo Hitam No. 17-18, Talang Banjar, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi 36123.

6. Gelamai Perentak

oleh oleh jambi
info gambar

Ini adalah salah satu camilan unik khas Jambi. Gelamai Perentak terbuat dari beras ketan, gula pasir, dan kelapa, serta dibungkus kotak anyaman umbai. Penggunaan bungkus tersebut membuat camilan ini begitu unik dan sayang untuk tidak dibawa pulang.

Gelamai Perentak punya tekstur yang lembut dan aroma khas. Makanan ini aman dikonsumsi. Oleh-oleh ini bisa ditemukan di Kabupaten Merangin atau toko oleh-oleh di seluruh wilayah Jambi.

7. Batik Jambi

batik jambi
info gambar

Jika ingin membeli oleh-oleh selain makanan, batik Jambi bisa jadi pilihan. Batik ini punya ciri khas berupa motifnya yang terinspirasi dari hewan atau tanaman lokal di sekitar Jambi. Kupu-kupu, cendawan, kaca piring, dan kapak lepas adalah beberapa contoh motif batik khas Jambi. Buah tangan ini bisa ditemukan di sejumlah toko souvenir yang ada di Jambi.

8. Gelang Sebelik Sumpah

gelang sebelik sumpah

Ini adalah buah tangan non makanan lainnya yang bisa dibawa pulang. Gelang ini merupakan gelang khas Suku Anak Dalam, dimana gelang ini dipercaya sebagai jimat yang melindungi pemakainya dari sumpah buruk.

Sesuai namanya, gelang ini dibuat dari biji sebelik sumpah yang berjumlah dua belas buah. Selain dijadikan gelang, buah tangan ini juga bisa dikenakan sebagai kalung.

Baca juga: Bisa untuk Oleh-Oleh! 15 Jajanan Semarang yang Pantas untuk Buah Tangan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini