Wisata Bukit Khayangan Jambi: Nikmatnya Berselimut Awan di atas Sekepal Tanah dari Surga

Wisata Bukit Khayangan Jambi: Nikmatnya Berselimut Awan di atas Sekepal Tanah dari Surga
info gambar utama

Memiliki nama yang unik, Bukit Khayangan yang berada di "Kota Sejuk" Sungai Penuh, Provinsi Jambi, memiliki pesona untuk dikunjungi.

Lokasi ini kerap didatangi para traveler untuk menikmati keindahan alam dari atas ketinggian. Tentunya sembari berburu foto yang keren dan instagramable.

Bahkan, di tahun 2017 Bukit Khayangan memperoleh gelar sebagai Dataran Tinggi paling populer di Nusantara. Berdasarkan hal tersebut tak heran jika destinasi wisata ini begitu diminati pengunjung.

Daya Tarik Bukit Khayangan di Sungai Penuh

Kendati destinasi wisata di Jambi begitu beragam. Namun, lokasi ini memiliki daya tarik yang berbeda dari lainnya. Apa sajakah daya tarik destinasi wisata tersebut?

1. Wisata berbukit elok untuk berakhir pekan bersama keluarga

bukit khayangan jambi
info gambar

Bukit Khayangan disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang paling pas untuk mengisi liburan di akhir pekan. Selain panoramanya yang elok, bukit ini juga mengandung wisata edukasi. Karena turut dilengkapi dengan beragam spot unik, yang bisa dinikmati bersama keluarga tercinta. Misalnya saja, Gazebo, wahana permainan anak yang beragam, hingga kuliner di kantin saat haus dan lapar melanda.

Berbagai warung kopi di atas bukit menyediakan kawo alias kopi khas Kerinci sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Menyeruput kopi hitam panas di tengah cuaca sejuk dan dingin di atas bukit, tentu menjadi pengalaman tak terlupakan.

2. Sensasi wisata di atas awan

bukit khayangan jambi
info gambar

Daya tarik kedua dari destinasi yang telah memperoleh penghargaan ini adalah sensasi wisata di atas awan. Sisi-sisi perbukitan tertutup kabut saat pagi dan sore hari. Sehingga yang tampak hanyalan hamparan awan yang berarak-arak melingkupi seluruh jarak pandang. Seakan-akan kita berada di atas awan.

Bukit ini berada di atas ketinggian 2000 mdpl. Lokasinya pun berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat. Namun, bukit ini hanya memiliki separuh ketinggian dari Gunung Kerinci, Jambi.

Sebagaimana diketahui, Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi yang berada di Provinsi Sumatera. Artinya, lokasi Bukit Khayangan di Kota Sungai Penuh ini sangatlah strategis. Kawasan Kerinci termasuk Sungai Penuh sendiri memiliki julukan sebagai "Sekepal Tanah dari Surga" yang menggambarkan betapa cantiknya kawasan ini seakan-akan inilah pemandangan di surga.

Selain keindahan alam layaknya negeri dongeng, lokasi ini memiliki udara yang sejuk. Sangat pas bagi Anda untuk memperoleh suasana pegunungan nan asri dan tenang

3. Lokasi hunting foto-foto estetik yang Instagramable

bukit khayangan jambi
info gambar

Objek wisata ini populer dan diburu karena begitu instagramable. Di sana Anda akan memperoleh banyak sekali spot foto estetik bagi penggemar fotografi.

Sebut saja di menara atau gardu pandang lengkap dengan hiasan warna-warni, yang tinggi serta mempunyai background latar alam yang memanjakan mata.

4. Menikmati sajian alam, hutan pinus, dan Danau Kerinci dari atas bukit

bukit khayangan jambi
info gambar

Bukit Khayangan begitu mempesona. Kawasan ini memiliki aneka hamparan pepohonan tua yang berukuran raksasa dengan rimbun daun yang menyegarkan. Bukit-bukit hijau bak gugusan cantik yang diiringi deretan pohon-pohon pinus.

Bahkan dari atas bukit, Anda bisa melihat Danau Kerinci dan Gunung Kerinci yang berselimut kabut. Sementara di bagian bawah terlihat riuhnya pemukiman dan warga Sungai Penuh yang hilir-mudik beraktivitas. Memanjakan mata untuk melihatnya.

Di Manakah Lokasi Bukit Khayangan?

Destinasi wisata ini tepatnya berada di perbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat. Alamat lengkapnya yakni di Desa Renah Kayu Embum, Di kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, yakni Provinsi Jambi.

Bagaimana Rute untuk Menuju Bukit Khayangan?

bukit khayangan jambi
info gambar

Untuk sampai ke bukit ini, Anda bisa memulainya dari Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh yang jaraknya kurang lebih 8 kilometer. Dengan rentang tempuh sekitar 20 menitan saja.

Meski jalanan tergolong bagus, kontur yang berkelok tentu menantang dan rumit dilalui. Jalan tersebut pas dilalui dua kendaraan roda empat di lajur kiri-kanan yang tentu membutuhkan kehati-hatian.

Jam Operasional

Bukit ini buka hingga 24 jam, setiap hari dalam seminggu. Anda bisa bebas merencanakan liburan kapan pun tanpa terbentur jam buka lokasi ini, ya.

Fasilitas yang Tersedia

Lokasi ini menawarkan fasilitas cukup lengkap. Seperti penyediaan toko yang menjual beragam jenis buah tangan khas kota ini. Fasilitas lain yang ada di lokasi ini ialah; area parkir, gazebo, spot selfie, musholla, WC, kantin hingga toilet. Semua fasilitas dalam kondisi bagus, terawat, dan bersih

Adakah Penginapan Di sekitar Lokasi Ini?

Tak perlu cemas jika Anda datang dari luar kota, karena lokasi ini tersedia penginapan yang dekat dengan bukit ini. Terlebih, jarak dengan pusat Kota Sungai Penuh ini lumayan dekat.

Demikianlah, ulasan ringkas objek wisata Bukit Khayangan. Lokasi ini bakal lebih indah ketika dikunjungi secara langsung. Sebab, sajian keelokan alamnya yang bak khayangan memang nyata adanya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan R. Putra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel R. Putra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini