Bisa untuk Oleh-Oleh! 15 Jajanan Semarang yang Pantas untuk Buah Tangan

Bisa untuk Oleh-Oleh! 15 Jajanan Semarang yang Pantas untuk Buah Tangan
info gambar utama

Semarang merupakan Ibu Kota dari Jawa Tengah banyak sekali destinasi wisata yang sangat terkenal seperti Lawang Sewu, Kota Lama Semarang, dan masih banyak lagi. Berlibur di Semarang tentu tak lengkap rasanya jika belum memborong oleh-oleh Semarang untuk orang terkasih. Bagi Anda yang sedang liburan di sini dan belum dapat ide mau beli apa untuk dijadikan buah tangan, berikut 15 rekomendasi oleh-oleh Semarang paling terkenal yang wajib Anda coba.

Rekomendasi 15 Oleh-oleh Semarang Paling Terkenal dan Khas untuk Buah Tangan

1. Bandeng Presto

oleh oleh semarang bandeng presto
info gambar

Bandeng presto merupakan salah satu oleh-oleh Semarang yang paling terkenal dan banyak dicari. Hal ini dikarenakan bandeng presto khas Semarang ini terkenal dengan dagingnya yang lembut dan tulangnya yang lunak.

Bandeng presto juga dikenal sebagai oleh-oleh khas Semarang yang cukup awet apalagi jika disimpan di dalam kulkas. Hal ini dikarenakan proses pembuatan bandeng presto dilakukan dengan cara diasapi atau menggunakan panci presto bersuhu tinggi sehingga membuat bandeng memiliki daya simpan lebih lama.

Baca juga: 8 Oleh-Oleh Khas Sragen Favorit Wisatawan: Andalan Wisata Kuliner Daerahnya!

2. Lumpia Semarang

oleh oleh semarang lumpia semarang
info gambar

Berikutnya buah tangan yang tidak kalah populer dan juga banyak dicari adalah lumpia Semarang. Lumpia khas Semarang ini terlihat sederhana namun cita rasanya sangat khas dan istimewa dengan isian yang beragam seperti rebung, daging, atau sayuran.

3. Tahu Petis Khas Semarang

oleh oleh semarang tahu petis semarang
info gambar

Masih dengan makanan bernuansa gurih, tahu petis Semarang juga termasuk salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari. Jajanan ini terbuat dari tahu pong khas Semarang yang dikenal dengan rasa gurih. Kemudian ditambahi petis dengan rasa manis, pedas, dan gurih berasal dari udang yang merupakan bahan utama petis itu sendiri.

4. Tahu Bakso Ungaran

oleh oleh semarang tahu bakso
info gambar

Jika sebelumnya ada tahu petis, maka berikutnya ada tahu bakso Ungaran. Berbeda dengan tahu bakso didaerah lain, isian tahu bakso Ungaran khas Semarang ini dibuat dengan daging sapi asli. Tidak heran rasa tahu bakso dari Ungaran ini lebih mantap dan gurih.

5. Ayam Tulang Lunak

oleh oleh semarang ayam tulang lunak
info gambar

Jika tadi ada bandeng presto yang tulangnya lunak, maka di Semarang ada juga ayam tulang lunak khas Semarang. Oleh-oleh Semarang satu ini adalah olahan ayam seperti ayam bakar, ayam panggang, atau ayam goreng, dengan tulang yang sangat lunak sehingga menimbulkan sensasi yang berbeda saat disantap.

6. Otak-otak Bandeng

otak otak bandeng oleh oleh semarang
info gambar

Tahukah Anda ternyata kota Semarang sangat terkenal dengan berbagai olahan bandengnya loh. Tidak heran otak-otak bandeng juga menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari ketika seseorang berkunjung ke Semarang.

7. Tumpi

oleh oleh semarang tumpi
info gambar

Berikutnya masih dari makanan bernuansa gurih namun sekarang dengan tekstur yang renyah yaitu Tumpi. Tumpi adalah makanan ringan yang memiliki tampilan dan bentuk yang hampir sama dengan rempeyek.

Berbeda dengan rempeyek biasanya yang terbuat dari teri atau kacang tanah, Tumpi terbuat dari biji kacang hijau. Harga Tumpi khas Semarang juga sangat terjangkau mulai dari 6 ribuan saja per bungkusnya.

8. Roti Ganjel Rel

oleh oleh semarang roti gambang
info gambar

Berpindah ke makanan bernuansa manis, selanjutnya ada roti ganjel rel juga termasuk ke dalam daftar oleh-oleh Semarang paling hits. Roti ini diberi nama ganjel rel karena teksturnya yang keras dan sedikit bantat. Selain itu warna coklat dan bentuknya yang sedikit lonjong membuat roti ini jadi lebih mirip bantalan rel. Sangat unik ya, sobat!

9. Wingko Babat

oleh oleh semarang wingko
info gambar

Selanjutnya masih dengan oleh-oleh khas Semarang yang manis dan sangat terkenal yaitu Wingko Babat. Jajanan ini terbuat dari bahan utama kelapa muda yang dicampur dengan tepung beras ketan. Rasa wingko babat sangat khas dengan perpaduan manis dan gurih dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk sahabat atau keluarga di rumah.

10. Mochi

oleh oleh semarang mochi

Berbicara tentang oleh-oleh khas Semarang yang hits tentu akan kurang jika tidak membahas mochi. Makanan manis yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal karena terbuat dari adonan tepung ketan.

Isian mochi khas Semarang juga sangat beragam mulai dari kacang halus hingga buah-buahan seperti strawberry dan jeruk. Salah satu merek mochi yang paling terkenal di daerah Semarang adalah Mochi Gemini yang selalu laris diburu para wisatawan sebelum mengakhiri liburan.

11. Brilian Super Cake

oleh oleh semarang kue briliian

Berikutnya ada Brilian Super Cake yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda saat bingung mencari oleh-oleh khas Semarang. Toko roti Brilian sangat terkenal karena menggunakan resep legendaris turun temurun sehingga memiliki cita rasa yang istimewa dan ikonik.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Dibawa Pulang saat Liburan ke Pulau Dewata

12. Kue Sarang Madu Khas Semarang

sarang madu semarang

Tahukah Anda di Semarang terdapat jajanan kue yang memiliki bentuk seperti sarang burung. Kue sarang madu adalah jajanan berbentuk lingkaran dengan bagian tengah sedikit cekung dan terdapat siraman gula merah di atasnya.

Secara umum bentuk kue sarang madu hampir mirip dengan rengginang, namun teksturnya lebih renyah dan mudah rapuh. Harga kue sarang madu khas Semarang cukup terjangkau yaitu berkisar dari 15 ribu hingga 35 ribu per buah.

13. Tomat Rasa Kurma

tomat rasa kurma

Torakur atau Tomat Rasa Kurma menjadi primadona di antara oleh-oleh Semarang khususnya selama bulan Ramadhan tahun lalu. Jajanan yang satu ini merupakan manisan yang terbuat dari tomat namun memiliki rasa dan bentuk menyerupai kurma.

Ketika memakan torakur Anda akan merasakan sensasi seperti sedang memakan buah kurma tanpa biji. Untuk harganya, Anda bisa mendapatkan tomat rasa kurma mulai dari 16 ribuan saja per bungkusnya.

14. Kopi Banaran

oleh oleh semarang
info gambar

Jika Anda seorang pencinta kopi yang sedang berkunjung ke Semarang, maka Anda wajib membawa kopi Banaran sebagai buah tangan. Oleh-oleh Semarang yang satu ini bisa Anda dapatkan di lokasi Agrowisata yang berada di kawasan PT Perkebunan Nusantara.

Kopi Banaran dari Semarang ini juga memiliki rasa yang khas dan tidak kalah istimewa dari kopi-kopi varietas lainnya. Harga kopi Banaran juga sangat terjangkau, Anda bisa mendapatkannya mulai dari 18 ribuan saja di coffee shop sekitar.

15. Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Spekkoek Waiki
info gambar

Jika dilihat dari namanya pasti Anda akan mengira kalau oleh-oleh yang satu ini makanan sejenis lontong. Nyatanya Lontong Spekkoek Waiki adalah kue lapis legit yang digulung dan memiliki bentuk lonjong mirip seperti lontong.

Lontong Spekkoek Waiki bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh makanan yang awet. Berbeda dengan lapis legit pada umumnya Lontong Spekkoek Waiki memiliki isian selai yang beragam seperti blueberry, pandan, dan coklat. Harga jajanan ini juga sangat terjangkau dan dibanderol dengan harga mulai dari 20 ribu saja per buah.

Itu dia 15 rekomendasi jajanan yang dapat Anda jadikan oleh-oleh saat kembali dari Semarang. Tentu saja oleh-oleh Semarang di atas bisa Anda pilih sesuai selera atau tak ada salahnya jika Anda mau memborong semuanya untuk orang-orang terkasih.

Baca juga: 8 Oleh-Oleh Khas Wonogiri: Praktis, Unik, dan Diminati Siapa Saja

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini